Tradisi Perayaan Tahun Baru Di Dunia

oleh Alfry
08:00 AM on Jan 2, 2015

Perayaan tahun baru adalah salah satu perayaan yang paling meriah dan banyak ditunggu-tunggu banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Jika melihat perayaan tahun baru di berbagai negara dapat dilihat berbagai kesamaan cara perayaan.

Namun, di beberapa negara pergantian tahun dirayakan secara berbeda. Dalam menyambut pergantian tahun, warga di berbagai negara mempunyai tradisi unik masing-masing. Berikut ini adalah tradisi unik dari berbagai negara dalam merayakan tahun baru :

Baca Juga
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak
7 Fakta Universitas Brawijaya Malang yang Bikin Maba Super Bangga Jadi Mahasiswanya

Tradisi Perayaan Tahun Baru Di Dunia
Tradisi Perayaan Tahun Baru Di Dunia

Indonesia

Di Indonesia, datangnya tahun baru disambut dengan berkumpul pada malam pergantian tahun. Tepat pada detik pergantian tahun baru, orang-orang akan menyalakan kembang api sambil bersama-sama meniup terompet dengan keras.

Rusia

Tradisi di Rusia adalah dengan menuliskan keinginan pada selembar kertas, dibakar, dan dicampurkan dalam sampanye. Campuran sampanye dan abu ini diminum tepat sebelum tahun berganti. Harapannya, apa yang ditulis akan menjadi kenyataan.

Filipina

Tradisi merayakan tahun baru di Filipina adalah dengan membuka semua pintu dan jendela rumah pada malam tahun baru untuk membuang energi negatif dan membiarkan energi positif masuk.

Peru

Tradisi di Peru dinamakan Takanuy. Baik perempuan maupun laki-laki melakukan adu tinju beramai-ramai. Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuannya adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun ini.

Afrika Selatan

Tradisi unik di Afrika Selatan adalah membuang perabotan rumah dari jendela. Namun, hal ini semakin jarang dilakukan karena membutuhkan biaya yang mahal dan meningkatnya kecelakaan pejalan kaki karena tertimpa perabotan yang dilempar.

Spanyol

Di Spanyol, tradisi merayakan tahun barunya dengan memakan 12 anggur sesaat sebelum tahun berganti. Hal tersebut dipercaya akan mendatangkan keberuntungan dalam 12 bulan berikutnya. Tradisi ini berkembang menjadi perlombaan memakan anggur tercepat.

Puerto Rico

Di Puerto Rico, menyambut tahun baru dilakukan dengan cara melemparkan cangkir atau ember berisi air dari jendela. Hal ini dipercaya akan mengusir roh jahat dalam rumah.

Irlandia

Di Irlandia, tradisi menyambut tahun baru dilakukan dengan cara menggedor pintu rumah dengan roti yang telah diolesi mentega. Hal ini dipercaya dapat mengundang roh-roh baik ke dalam rumah dan mengusir roh-roh jahat.

Skotlandia

Dalam merayakan tahun baru di Skotlandia, perayaan dilakukan dengan menggelar bola api Viking. Mereka percaya bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari agar musim dingin cepat berlalu.

Denmark

Warga Denmark memiliki kebiasaan merayakan datangnya tahun baru dengan memecahkan piring di depan rumah tetangga. Tradisi ini dilakukan untuk mendapatkan keberuntungan selama satu tahun ke depan.

Brasil

Salah satu tradisi Brasil adalah dengan mengenakan pakaian khas serba putih. Hal tersebut untuk mengundang keberuntungan di tahun mendatang. Kemudian, biasanya dilanjutkan dengan melemparkan bunga ke laut saat mengucapkan keinginan untuk tahun depan.

Meksiko

Di Meksiko, berbicara pada roh adalah tradisi unik yang biasa dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru untuk mendapatkan pesan atau petunjuk masa depan.

Ekuador

Di Ekuador, warga juga merayakan tahun baru dengan api. Namun, bukan bola yang mereka bakar tetapi orang-orangan sawah yang biasanya terbuat dari kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu. Mereka percaya dengan membakar orang-orangan sawah, maka semua hal buruk selama satu tahun terakhir akan terbakar habis dan juga dapat menghilangkan nasib sial, sehingga tahun yang baru bisa membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA