in

Seperti Inilah Bagaimana Perayaan Kurban di Berbagai Negara, Beda Banget dengan Indonesia

Idul adha pakistan [image source]

Selayaknya Idul fitri, hari raya kurban juga merupakan momen yang paling dinantikan oleh masyarakat muslim Indonesia. Ya, pada hari besar itu, para muslim diwajibkan saling berbagi dengan melakukan kurban terutama mereka yang mampu. Yang berkorban mendapatkan pahala, yang kurang mampu pun dapat merasakan daging yang di bagikan. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau perayaannya tidak kalah meriah dengan hari besar lainnya.

Ternyata tidak hanya Indonesia loh yang merayakan hari besar kurban, banyak negara lain yang juga melakukannya. Tapi kira-kira, sama tidak ya dengan yang ada di Indonesia ini? Penasaran? Oke, mari kita simak ulasan yang ada di bawah ini.

Idul Adha Rusia dirayakan meriah di sebagian daerah

idul adha Rusia [image source]
Rupanya tidak semua orang Rusia bisa merayakan hari raya kurban seperti yang ada di Indonesia. Meskipun di sana agama islam juga mulai berkembang, namun idul Adha bukanlah merupakan hari libur nasional. Hanya sebagian daerah di Rusia ini yang bisa merayakan Idul Adha. Semisal Republik Tatarstan, Bashkortostan, Chechnya, Dagestan, Karachayevo-Cherkessia, Adygeya, Kabardino-Balkaria, Ingushetia, dan Krimea, pada tempat-tempat tersebut idul Adha dinyatakan sebagai hari libur. Saat malam hari raya tiba, masyarakat daerah tersebut saling berduka cita membakar kembang api menyambut idul Adha.

Hari raya kurban unik yang ada di China

Idul adha Cina [image source]
Ada yang berbeda di negara tirai bambu ini, pasalnya dalam merayakan kurban, masyarakat di sana mencampurkan budaya Islam dan setempat. Ya, rupanya pada saat malam idul adha tiba, masyarakat China menyiapkan Hio untuk dibawa ke tempat sholat ied. Kemudian Hio tersebut dibakar di sana. Selain itu, tradisi unik lainnya di China dalam merayakan Idul adha ini adalah bahwa hanya jamaah pria yang diperbolehkan sholat Ied di masjid, sedangkan para wanitanya tidak mempunyai keharusan melaksanakannya.

Idul Adha megah yang ada di Arab Saudi

Idul adha Saudi [image source]
Saat hari raya kurban tiba, rupanya di Arab Saudi sudah masuk dalam puncaknya ibadah haji. Oleh sebab itu di sana ramainya bukan main. Namun ternyata meskipun dengan keadaan seperti itu, perayaan idul adha Arab Saudi bisa dibilang paling meriah. Soalnya pada saat itu, akan dilakukan penyembelihan  binatang kurban secara besar-besaran. Bukan hanya untuk warga negara Arab sendiri, tapi juga untuk negara-negara miskin yang membutuhkan.

Liburan panjang yang ada di Pakistan siap menanti

Idul adha pakistan [image source]
Sedangkan yang ada di Pakistan, liburan yang ada di sana biasanya lebih lama ketimbang negara lain. Jika libur idul adha umumnya berkisar 3 hari, maka di negara yang satu ini bisa mencapai 4 hari. Serupa dengan penyelenggaraan ibadah kurban yang lain, umumnya pada saat Idul adha kegiatan lebih berpusat pada masjid- masjid setempat. Baru setelah sholat Eid selesai dikerjakan, maka proses penyembelihan bisa dimulai. Saat menyembelih hewan ini pun, dilakukan pengawasan ketat agar tidak terjadi kesalahan.

Idul Adha Amerika Serikat yang jarang diketahui

Idul Adha Amerika [image source]
Ternyata di Amerika Serikat, idul adha juga menjadi momen yang lumayan dinantikan. Ya, ternyata di negeri paman Sam itu diberikan jatah libur selama 1-3 hari bagi mereka yang merayakan hari raya kurban. Pada saat itu, kegiatan lebih berfokus di areal masjid dari pagi hingga malam menjelang. Berbeda dengan negara yang lain, karena di sana muslim merupakan minoritas, sehingga kegiatan penyembelihan sangat jarang ditemui, namun hal itu diganti dengan acara makan bersama dan saling mengakrabkan diri.

Memang sih agak beda dengan Indonesia namun memang begitulah bagaimana cara mereka juga ikut merayakan hari raya kurban. Ya, kembali lagi, budaya yang berbeda lah yang membuat hal itu bisa terjadi. Namun demikian, semangat dalam memeriahkan kurban patut diacungi jempol.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Bikin Nyesek! Tak Diizinkan Pakai Ambulans, Mayat Ini Akhirnya Ditandu dengan Bambu dan Kain Sarung

Inilah 4 Bukti Serangan Korea Utara ke Jepang Bisa Saja Jadi Sebuah Boomerang