Seperti Inilah Bagaimana Perayaan Kurban di Berbagai Negara, Beda Banget dengan Indonesia

Berbeda budaya, beda pula cara orang negara lain merayakan kurbannya

oleh Arief Dian
08:00 AM on Aug 30, 2017

Selayaknya Idul fitri, hari raya kurban juga merupakan momen yang paling dinantikan oleh masyarakat muslim Indonesia. Ya, pada hari besar itu, para muslim diwajibkan saling berbagi dengan melakukan kurban terutama mereka yang mampu. Yang berkorban mendapatkan pahala, yang kurang mampu pun dapat merasakan daging yang di bagikan. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau perayaannya tidak kalah meriah dengan hari besar lainnya.

Ternyata tidak hanya Indonesia loh yang merayakan hari besar kurban, banyak negara lain yang juga melakukannya. Tapi kira-kira, sama tidak ya dengan yang ada di Indonesia ini? Penasaran? Oke, mari kita simak ulasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Idul Adha Rusia dirayakan meriah di sebagian daerah

idul adha Rusia [image source]
Rupanya tidak semua orang Rusia bisa merayakan hari raya kurban seperti yang ada di Indonesia. Meskipun di sana agama islam juga mulai berkembang, namun idul Adha bukanlah merupakan hari libur nasional. Hanya sebagian daerah di Rusia ini yang bisa merayakan Idul Adha. Semisal Republik Tatarstan, Bashkortostan, Chechnya, Dagestan, Karachayevo-Cherkessia, Adygeya, Kabardino-Balkaria, Ingushetia, dan Krimea, pada tempat-tempat tersebut idul Adha dinyatakan sebagai hari libur. Saat malam hari raya tiba, masyarakat daerah tersebut saling berduka cita membakar kembang api menyambut idul Adha.

Hari raya kurban unik yang ada di China

Idul adha Cina [image source]
Ada yang berbeda di negara tirai bambu ini, pasalnya dalam merayakan kurban, masyarakat di sana mencampurkan budaya Islam dan setempat. Ya, rupanya pada saat malam idul adha tiba, masyarakat China menyiapkan Hio untuk dibawa ke tempat sholat ied. Kemudian Hio tersebut dibakar di sana. Selain itu, tradisi unik lainnya di China dalam merayakan Idul adha ini adalah bahwa hanya jamaah pria yang diperbolehkan sholat Ied di masjid, sedangkan para wanitanya tidak mempunyai keharusan melaksanakannya.

Idul Adha megah yang ada di Arab Saudi

Idul adha Saudi [image source]
Saat hari raya kurban tiba, rupanya di Arab Saudi sudah masuk dalam puncaknya ibadah haji. Oleh sebab itu di sana ramainya bukan main. Namun ternyata meskipun dengan keadaan seperti itu, perayaan idul adha Arab Saudi bisa dibilang paling meriah. Soalnya pada saat itu, akan dilakukan penyembelihan  binatang kurban secara besar-besaran. Bukan hanya untuk warga negara Arab sendiri, tapi juga untuk negara-negara miskin yang membutuhkan.

Liburan panjang yang ada di Pakistan siap menanti

Idul adha pakistan [image source]
Sedangkan yang ada di Pakistan, liburan yang ada di sana biasanya lebih lama ketimbang negara lain. Jika libur idul adha umumnya berkisar 3 hari, maka di negara yang satu ini bisa mencapai 4 hari. Serupa dengan penyelenggaraan ibadah kurban yang lain, umumnya pada saat Idul adha kegiatan lebih berpusat pada masjid- masjid setempat. Baru setelah sholat Eid selesai dikerjakan, maka proses penyembelihan bisa dimulai. Saat menyembelih hewan ini pun, dilakukan pengawasan ketat agar tidak terjadi kesalahan.

Idul Adha Amerika Serikat yang jarang diketahui

Idul Adha Amerika [image source]
Ternyata di Amerika Serikat, idul adha juga menjadi momen yang lumayan dinantikan. Ya, ternyata di negeri paman Sam itu diberikan jatah libur selama 1-3 hari bagi mereka yang merayakan hari raya kurban. Pada saat itu, kegiatan lebih berfokus di areal masjid dari pagi hingga malam menjelang. Berbeda dengan negara yang lain, karena di sana muslim merupakan minoritas, sehingga kegiatan penyembelihan sangat jarang ditemui, namun hal itu diganti dengan acara makan bersama dan saling mengakrabkan diri.

Memang sih agak beda dengan Indonesia namun memang begitulah bagaimana cara mereka juga ikut merayakan hari raya kurban. Ya, kembali lagi, budaya yang berbeda lah yang membuat hal itu bisa terjadi. Namun demikian, semangat dalam memeriahkan kurban patut diacungi jempol.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! 7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA