in

7 Perangkat Revolusioner Pengubah Dunia yang Kini Jadi Barang Rongsokan!

Sering kali kita diejek “katrok” jika tidak memakai perangkat baru yang katanya sangat canggih. Atau dibilang ketinggalan zaman jika masih memakai ponsel dengan layar hitam putih, atau Walkman yang masih menggunakan CD untuk media penyimpanan datanya. Well, barang-barang itu memang sudah out of date banget. Bahkan penerusnya sudah dirombak beberapa kali. Meski demikian,  perangkat ini dianggap sangat canggih di masa lalu, bahkan sangat revolusioner!

Beberapa perangkat di bawah ini mungkin pernah menjadi pengisi hari-hari indah kita di masa lalu. Meski, sekarang sudah seperti barang rongsokan. OK, mari kita sejenak bernostalgia dengan perangkat super keren dari masa lalu ini. Monggo!

1. Nokia 3310

Awal tahun 2000-an, ponsel nokia 3310 dianggap sebagai ponsel paling canggih. Penemuan ponsel ini menjadi cikal bakal ponsel pintar yang sekarang ada dan menjamur. Nokia 3310 sangat ringan dan mudah dibawa ke mana-mana ketimbang ponsel pendahulunya yang mirip bata. Memiliki ponsel ini di masa lalu sudah seperti anak kekinian. Ya, meski fiturnya masih sangat sederhana!

Nokia 3310 [image source]
Nokia 3310 [image source]
Tak ada Facebook, tak ada BBM, hingga Line. Ponsel ini hanya mampu digunakan untuk saling berkirim pesan dan juga telepon. Saat ini, ponsel yang sukses membantu komunikasi banyak orang ini dianggap sebagai benda rongsokan. Meski demikian, ponsel Nokia 3310 adalah ponsel bersejarah dengan jumlah pengguna terbanyak hingga dijuluki sebagai “ponsel sejuta umat”!

2. Disket ( Floopy Disc)

Sebelum muncul Flash Disk atau Hardisk eksternal, Disket dianggap sebagai perangkat paling revolusioner dalam menyimpan data. Semua orang yang memiliki komputer pasti memakai perangkat yang super “gampang” rusak ini. Jatuh sedikit maka data di dalam disket bisa rusak. Akhirnya kita selalu memperlakukan perangkat ini dengan lebih berhati-hati.

Disket ( Floopy Disc) [image source]
Disket ( Floopy Disc) [image source]
Sekarang? Disket benar-bena benda rongsokan. Tak ada komputer yang menggunakan alat ini untuk media penyimpanan data. Semua sudah menggunakan Flash Disk, dan sejenisnya. Akhirnya, lambat laut disket mulai susah dicari hingga mungkin tak diproduksi lagi. Adakah di antara anda yang tak pernah memakai peralatan revolusioner ini?

3. Kamera yang Memakai Film

Memiliki kamera (ada yang menyebutnya “Tustel”) adalah hal yang hebat di masa lalu. Tua, muda akan bolak-balik ke studio foto untuk mengisi film, mencuci film, hingga mencetaknya dalam selembar foto. Saat ini mungkin masih ada kamera ini, namun fungsinya telah digantikan oleh kamera digital yang jauh lebih canggih.

Kamera yang Memakai Film [image source]
Kamera yang Memakai Film [image source]
Meski demikian, kamera jenis ini adalah terobosan baru dalam dunia perfotoan. Orang tak lagi harus susah-susah ke studio foto untuk mengabadikan momen berharganya. Di antara anda semua masihkah ada yang menyimpan kamera bersejarah ini? Atau telah membuangnya karena dianggap tak berguna seperti barang rongsokan?

4. Telepon Rotary

Penemuan telepon dianggap sebagai terobosan super hebat dalam dunia komunikasi. Kita tak perlu lagi mengirim surat yang datangnya bisa saja lama. Telepon adalah komunikasi jarak jauh yang real-time. Dalam perkembangannya, telepon masih menggunakan telepon rotary. Kita harus memutar angka-angka yang sesuai dengan tujuan kita.

Telepon Rotary [image source]
Telepon Rotary [image source]
Saat ini telepon kabel sudah lebih digital, kita tak lagi menggunakan mesin lawas seperti gambar di atas. Hayo, di antara anda semua adakah yang masih menggunakan telepon kabel seperti ini di rumah? Sepertinya tak ada ya? Anda semua pasti menggunakan telepon kabel yang lebih canggih, atau ponsel pintar yang bisa digunakan untuk banyak hal. Termasuk membaca ini sekarang!

5. Mesin Ketik

Jika mesin keti tak ditemukan, mungkin saat ini kita masih terus menulis menggunakan tangan. Coba bayangkan buku-buku yang anda baca, semua menggunakan tulisan tangan! Hmm, kalau tulisannya bagus sih enggak masalah. Kalau tulisannya enggak jelas? Wah bisa pusing! Untunglah peralatan revolusioner ini diciptakan hingga akhirnya berkembang canggih hingga sekarang.

Mesin Ketik [image source]
Mesin Ketik [image source]
Mesin ketik saat ini mungkin sudah jarang yang pakai. Kalau pun ada pasti di kantor-kantor pinggiran kota. Saat ini, segala hal yang berhubungan dengan pengetikan, surat-menyurat dan sejenisnya dilakukan dengan komputer atau laptop. Mesin ketik mungkin sudah seperti barang rongsokan sekarang, namun benda ini dianggap sebagai benda antik hingga kadang harganya jauh melambung!

6. Walkman dan Discman

Orang yang kekinian banget di masa lalu adalah mereka yang menggunakan Walkman atau Discman. Hampir semua anak muda pasti punya perangkat yang sekarang sudah jarang ada. Atau bahkan dianggap seperti benda rongsokan. Saat ini kita cenderung menggunakan Ipod atau juga ponsel untuk media penyimpanan lagu yang lebih efisien dan bentuknya lebih enak dikantongi.

Walkman dan Discman [image source]
Walkman dan Discman [image source]
Walkman dan juga Discman membutuhkan baterai. Biasanya kita akan membawa charger untuk mengisi baterai. Jika di jalan baterai habis artinya perangkat revolusioner ini tak bisa digunakan lagi. Adakah yang masih menyimpan benda pemutar musik sangat bersejarah ini? Jangan dibuang ya, siapa tahu nanti jadi mahal karena banyak kolektor yang mencari.

7. Nintendo Game Boy

Siapa yang masih memiliki Game Boy (atau gembot) ini? Benda kotak yang bisa dipasangi banyak kaset game ini, dulu sangat populer. Bahkan terjual jutaan buah di seluruh dunia. Dalam perkembangannya Game Boy terus memperbaiki diri hingga muncul generasi penerus dengan fitur yang sangat canggih!

Nintendo Game Boy [image source]
Nintendo Game Boy [image source]
Game Boy jenis ini mungkin telah afkir, mungkin bisa dipakai namun tak ada developer yang memproduksi game untuk perangkat ini. Meski telah dianggap sebagai barang rongsokan yang tak banyak gunanya. Penciptaan Game Boy dianggap sebagai hal yang menakjubkan. Jika saja benda revolusioner ini tak diciptakan, mungkin sekarang kita tak akan mengenal Sony PSP atau Nintendo Wii U. Karena tak pernah diciptakan!

Itulah tujuh benda revolusioner yang nasibnya sangat mengenaskan sekarang. Perkembangan teknologi yang sangat deras membuat tujuh benda hebat di masa lalu ini tak ubahnya benda tak berguna, rongsokan. Bagaimana menurut anda? Apakah tujuh benda ini benar-benar tak berguna lagi sekarang?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Yang Terjadi di Pikiranmu Ketika Kamu Bangun Kesiangan

5 Alasan Kenapa Wisuda di Indonesia Itu Lebih Ruwet