in

4 Perang Besar dalam Sejarah Islam Ini Pernah Terjadi Saat Bulan Ramadan

perang ramadan

Selama ini kita hanya tahu bahwa Ramadan selalu identik dengan puasa, tarawih, takjil, pelipatgandaan pahala, dsb. Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, Ramadan juga dikenal sebagai bulan di mana banyak perang besar terjadi di masa lalu Islam.

Perang-perang yang melibatkan umat Islam ini terjadi ribuan tahun yang lalu. Beberapa perang bahkan dikomandoi langsung oleh Nabi Muhammad Saw. Berikut uraian lengkap tentang perang besar di bulan Ramadan yang terjadi di bulan Ramadan.

1. Perang Badar – Tahun 624

Perang Badar adalah perang legendaris yang disebutkan dalam Alquran melalui Surat Ali-Imran ayat 123. Perang ini terjadi hanya 2 jam saja pada tanggal 17 Maret 624 (17 Ramadan). Tentara dari dari Nabi Muhammad Saw yang berjumlah 300-an orang menyerbu tentara dari Kafir Quraish yang jumlahnya mencapai 1.000 orang.

Perang Badar [image source]
Perang Badar [image source]
Dari kekuatan, sudah jelas pasukan Nabi Muhammad Saw akan kalah. Namun, kenyataan di lapang berkata lain. Justru, pasukan yang kecil itu mampu memenangkan perang dengan mudah. Pasukan dari Kafir Quraish akhirnya mundur dan menyimpan dendam besar yang akan dibalaskan pada Perang Uhud.

2. Perebutan Mekah – Tahun 629

Lima tahun setelah perang badar usai atau tepatnya pada 11 Desember 629 (18 Ramadan), umat Islam yang dipimpin oleh Nabi Muhammad kembali melakukan pertempuran. Kali ini misi pertempuran yang dibekali kekuatan 10.000 pasukan adalah merebut Mekkah dari tangan para Kafir Quraish. Nabi Muhammad ingin kota itu bisa menjadi milik umat Islam setelah Kafir Quraish merusak perjanjian gencatan senjata selama 10 tahun.

Perebutan Mekkah [image source]
Perebutan Mekkah [image source]
Dengan kekuatan 10.000 pasukan, Kafir Quraish akhirnya menyerah dengan damai. Pertempuran hanya menghasilkan 14 korban jiwa saja dengan 2 orang dari pasukan Nabi Muhammad Saw dan 12 orang dari pasukan pemimpin Kafir Quraish bernama Abu Sofyan. Setelah perang berakhir, Abu Sofyan akhirnya memeluk Islam dan mengakui adanya Allah YME.

3. Perang Guadalete – Tahun 711

Perang Guadalete adalah salah satu perang penting pasca Nabi Muhammad wafat dan kepimpinannya dilanjutkan oleh pengikutnya. Setelah masa Khulafaur Rasyidin selesai, kepemimpinan Islam akhirnya dilanjutkan oleh Kekhalifahan Umayyah yang dikenal sangat hebat dalam menaklukkan banyak wilayah di Timur Tengah, Afrika bagian Utara dan sebagian wilayah Eropa.

Perang Guadalete [image source]
Perang Guadalete [image source]
Pada bulan Ramadan tepatnya di tahun 711, sebuah perang besar antara pasukan Muslim yang dipimpin Tariq bin Ziyad dan pasukan Raja Roderic dari kerajaan Visigothic. Dalam perang perang ini, pasukan Muslim yang kalah jumlah justru menang dan akhirnya mampu mengembangkan sayap di kawasan Andalusia, Eropa.

4. Perang Hattin – Tahun 1187

Perang Hattin adalah perang besar yang terjadi di kawasan Yerusalem. Pasukan dari Dinasi Ayyubiyyah Kurdi yang dipimpin oleh Salahudin Ayubi harus melawan Tentara Salib dari kerajaan Yerusalem. Perang ini terjadi selama dua hari di bulan Ramadan tahun 1187 dengan hasil kemenangan mutlak bagi Dinasti Ayyubiyyah Kurdi.

Perang Hattin [image source]
Perang Hattin [image source]
Perang ini mempertemukan 20.000 pasukan salib dan 30.000 pasukan Muslim yang terdiri dari 12.000 kavaleri dan 18.000 infanteri. Perang yang membuat Yerusalem menjadi milik umat Islam ini hanya mengakibatkan sedikit korban jiwa meski peperangan berlangsung dengan sangat sengit.

Inilah empat perang besar dalam sejarah Islam yang terjadi di Bulan Ramadan. Semoga di bulan Ramadan ini, perang-perang besar seperti di atas tidak akan terjadi. Bulan Ramadan harusnya dijalani dengan suka cita bukan dengan perang yang bisa membunuh manusia dengan sangat mudah.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Resimen Cakrabirawa, Pasukan Pengawal Presiden yang Menjadi Kambing Hitam Tumbangnya Orde Lama

5 Cara Olahraga di Bulan Puasa Ini Bisa Membuatmu Sehat dan Enggak Gampang Lemes