Jika Ada Perang Dunia ke-III, 5 Negara Ini Akan Memenangkannya!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 15, 2015

Perang dunia ke-II telah usai sejak 70 tahun yang lalu. Namun perang masih saja terjadi di bumi ini. Sebut saja di daerah Timur Tengah. Meski skalanya bukan global, tapi yang namanya perang masihlah memiliki dampak yang mengerikan. Terutama kematian penduduk sipil yang tak berdosa. Selain itu kerusakan bangunan dan hilangnya rasa aman juga membuat perang tak ada benarnya.

Mari kita berandai-anda. Jika di masa depan ada perang dunia lagi. Sebut saja yang ketiga. Kira-kira negara mana yang akan memenangkannya? Kita hanya berandai saja, karena pada kenyataannya perang adalah hal yang paling tak diinginkan banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga
Bikin Haru, Seperti Inilah Potret Penduduk Daerah Terdepan Indonesia Ketika Merayakan Kemerdekaan
Inilah Asal-Usul Bambu Runcing yang Pernah Bikin Penjajah Bermimpi Buruk

Dilihat dari kekuatan militer yang ada sekarang, inilah kira-kira negara yang akan menjuarai perang di seluruh dunia!

1. Amerika Serikat

Exactly, tempat pertama diduduki oleh Amerika. Sang negara super power yang kekuatannya tak bisa diragukan lagi. Saat ini Amerika memiliki sekitar 2,5 juta penduduk yang siap berperang melawan musuh negaranya. Selain itu, Amerika juga menyediakan dana sekitar 600 miliar dolar untuk kekuatan militernya, jumlah terbesar yang tak bisa diungguli oleh negara lainnya di seluruh dunia.

Amerika Serikat [image source]
Amerika Serikat [image source]
Untuk pertempuran darat, Amerika memiliki sekitar 8.848 tank tempur. Untuk pertempuran udara mereka memiliki sekitar 13,892 pesawat militer dan 6.196 helikopter. Untuk pertempuran laut 473 naval tempur, dan 72 kapal selam siap berjuang. Dengan kekuatan sebesar ini, rasanya tidak sulit untuk memprediksi perang dunia ke-III.

2. Rusia

Salah satu negara yang mampu mengungguli Amerika jika terjadi perang dunia adalah Rusia. Negara yang sangat luas ini memiliki sekitar 800 ribu personil militer aktif dan 2.485.000 personel tambahan jika ada keadaan darurat. Negara yang sangat benci dengan Amerika ini memiliki sekitar 285 naval, dan 55 kapal selam. Untuk pertempuran darat ada 15.398 tank tempur. Di udara pun Rusia juga unggul dengan 3.429 pesawat tempur dan 1.120 helikopter. Untuk dana, sebanyak 4,5% GDP Rusia dikucurkan untuk perkembangan militernya.

Rusia [image source]
Rusia [image source]
Jika terjadi perang dunia, Rusia akan sangat menyusahkan Amerika. Kekuatan militer yang nyaris sebanding membuatnya jadi ganjalan. Terlebih Rusia benar-benar sentimen dengan apa yang dilakukan Amerika kepada dunia.

3. China

Negara dengan jumlah penduduk paling besar di dunia ini memiliki personel militer aktif sekitar 2,3 juta, dan yang dipersiapkan untuk tempur 2,3 juta juga. Jadi total ada 4,6 juta. China memiliki sekitar 9.150 tank yang bisa digunakan untuk membela wilayahnya. Jumlah itu masih ditambah 673 naval, dan 67 kapal selam. Di udara, China memiliki sekitar 2.860 pesawat tempur dan 908 helikopter.

China [image source]
China [image source]
Dalam setahun, negara tirai bambu ini mengalokasikan dana sekitar 216 miliar dolar. Atau dana terbesar kedua setelah Amerika serikat. Dengan kekuatan dana dan juga peralatan tempur, China akan bertahan dalam perang. Bahkan jika punya strategi yang sangat bagus, mengungguli Rusia dan Amerika bukanlah hal yang mustahil.

4. India

Setelah Rusia, dan China, kini India masuk sebagai jajaran negara Asia yang sangat hebat dalam kekuatan militernya. Sampai saat ini ada sekitar 1,3 personil tentara aktif, dan ditambah 2,1 juta tentara cadangan jika ada perang. Dengan jumlah tentara yang banyak rasanya India mampu bertahan jika di masa depan ada sebuah perang dunia.

India [image source]
India [image source]
Saat ini India memiliki sekitar 202 naval, 15 kapal selam untuk perlindungan laut. Di udara mereka memiliki sekitar 1.905 pesawat tempur dan 584 helikopter. Di darat, India melengkapi dirinya dengan 6.464 tank tempur yang hebat. Untuk dana, setiap tahun India mengucurkan 2,4% dari GDP atau 50 miliar dolar untuk pengembangan kekuatan militernya.

5. Inggris

Inggris memiliki kekuatan militer aktif dan cadangan sebesar 320 ribu jiwa. Relatif kecil dibandingkan dengan negara lain. Meski demikian, kekuatan alat tempur Inggris termasuk hebat. Negara kecil di Eropa ini memiliki sekitar 936 pesawat tempur, 66 naval, dan juga 407 tank. Dalam setahun uang sebanyak 60 miliar dolar dikucurkan untuk kemajuan kekuatan militer.

Inggris [image source]
Inggris [image source]
Yang membuat Inggris bisa menang adalah karena mereka kemungkinan besar bersekutu dengan Amerika. Jika sampai itu terjadi keduanya akan jadi duet maut yang sangat mengerikan. Menempatkan Inggris di posisi ini rasanya tidaklah berlebihan.

Itulah lima negara yang kemungkinan akan memenangkan perang dunia. Lantas bagaimana dengan nasib negara kita?

Indonesia mungkin tidak akan memenangkan peperangan. Namun jika bekerja sama dengan beberapa negara sepertinya akan bisa bertahan. Terlebih kekuatan militer kita berada di peringkat 12 dunia. Negara Asia Tenggara dan Australia masih kalah jauh. So, jika ada perang dunia ke-III, Indonesia akan mampu bertahan!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA