7 Peralatan Tempur Navy SEAL yang Bikin Iri Pasukan Elit Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 4, 2016

Kemampuan fisik bagi seorang tentara elit memang adalah hal yang sangat penting, bahkan prioritas. Namun, perlu disadari juga, tanpa peralatan mereka takkan mampu berbuat banyak. Seperti kata ungkapan populer, peluru yang diletuskan dari senapan akan selalu lebih mematikan daripada segenggam kerikil yang dilemparkan.

Apalagi pasukan elit adalah mereka yang diterjunkan dalam misi-misi yang mungkin bagi tentara biasa merupakan sesuatu yang mustahil. Peralatan canggih mutlak diperlukan. Navy SEAL, salah satu korps pasukan elit paling mumpuni di dunia, dikenal sangat mematikan juga karena didukung oleh peralatan-peralatan yang oke punya. Bahkan apa yang mereka kenakan, kemudian menjadi standar equipment yang harus dimiliki setiap pasukan elit.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Lalu, segila apa sih peralatan pasukan elit nomor satu dunia itu? Deretan perlengkapan militer ini pasti bakal bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Helm Canggih Navy SEAL

Bagi seorang Navy SEAL, helm adalah perangkat WAJIB yang harus dipunyai. Namun, apa yang mereka kenakan bukan helm yang biasa atau pada umumnya dikenakan tentara. Tapi yang lebih oke lagi.

Helm Navy SEAL [Image Source]
Helm Navy SEAL [Image Source]
Helm pasukan elit Navy SEAL terbuat dari baja super keras yang sangat kuat. Bahkan peluru sniper paling besar dan tajam pun tak bisa menembusnya. Helm ini adalah gantungan hidup mereka ketika melakukan misi-misi berbahaya.

2. Night Vision, Untuk Memburu Musuh di Gelapnya Malam

Tidak selalu misi akan dijalankan di siang hari, malah seringnya, malam dipakai sebagai waktu serang karena bisa membuat musuh lebih lemah secara penglihatan. Untuk situasi seperti ini, Navy SEAL memiliki alat bernama NVG.

Night Vision Navy SEAL [Image Source]
Night Vision Navy SEAL [Image Source]
Alat ini mampu digunakan untuk melihat dengan sangat jelas di malam hari, bahkan keadaan total dark alias gelap sama sekali. Alat ini konon dibanderol sampai $65.000 atau setara dengan Rp 871 jutaan.

3. Body Armor, Untuk Keselamatan Tubuh

Tak hanya kepala yang dilindungi, badan pun wajib hukumnya untuk mendapatkan proteksi. Untuk itu, Navy SEAL menggunakan body armor. Ini adalah semacam perisai berbentuk plat yang disisipkan dalam seragam mereka.

Body Armor [Image Source]
Body Armor [Image Source]
Body armor ini terbuat dari baja yang kuat. Sehingga ketika diberondong tembakan, platnya hanya akan mengalami tekanan saja, ibaratnya seperti seng dipukul dengan palu. Ini juga life saver Navy SEAL yang tak pernah absen mereka pakai dalam misi.

4. Silencer yang Mampu Meredam Tembakan Sekeras Apa pun

Pasukan elit bekerja dengan taktis dan jangan sekali raid alias spartan. Mereka bergerak dengan lincah dan bermanuver secara diam. Namun, pasti ada kalanya mereka memakai senjata. Nah, agar tidak mengacaukan ritme keheningan, Navy SEAL pun memakai silencer.

Silencer [Image Source]
Silencer [Image Source]
Seperti namanya, silencer adalah alat peredam yang mampu mereduksi suara dari peluru yang diletuskan. Sangat efektif, bahkan konon ketika dipakai seorang musuh takkan menyadari kalau rekan di sebelahnya mati ditembak senapan ber-silencer.

5. M-4 Custom, Senjata Khas Navy SEAL

Navy SEAL tidak butuh senjata biasa-biasa, mereka mau yang paling oke. Makanya, kemudian militer AS membekali mereka dengan M-4 Custom. Senjata ini keren luar biasa, kalau diibaratkan mobil ia adalah Rolls Royce yang elegan, mahal, dan canggih itu.

M-4 Custom [Image Source]
M-4 Custom [Image Source]
Seperti nama belakangnya, Custom, senjata ini bisa diutak-atik sesuai dengan kebutuhan misi. Tiap bagiannya bisa tambahi alat-alat canggih dan semacamnya.

6. M45C, Handgund Andalan para Navy SEAL

Setiap pasukan elit tidak hanya membawa rifle saja, tapi juga handgun sebagai secondary weapon. Nah, untuk Navy SEAL sendiri, mereka memilih M45C. Pistol ini sangat ringan, kecil, namun bisa memberikan dampak yang luar biasa.

M45C [Image Source]
M45C [Image Source]
Dengan berat tak kurang dari 907 gram, senjata ini akan memudahkan Navy SEAL untuk serangan cepat di tempat-tempat sempit yang tidak memungkinkan untuk memakai rifle. Kadang, handgun bisa lebih mematikan.

7. M79 Grenade Launcher, Untuk Misi Penghancuran

Senjata ini mungkin old school kalau kata anak muda, tapi dalam misi masih cukup sering dipakai. Memang jadul, tapi masih sangat fungsional. Apalagi di tangan Navy SEAL yang notabene adalah pasukan elit paling berbakat di muka Bumi.

M79 Grenade Launcher [Image Source]
M79 Grenade Launcher [Image Source]
Seperti namanya, senjata ini dipakai untuk melontarkan geranat agar lebih akurat. Biasanya hanya digunakan untuk misi-misi khusus seperti penghancuran. Tidak semua anggota Navy SEAL membawa senjata ini, hanya beberapa orang saja. Meskipun demikian, hal tersebut lebih dari cukup untuk menghancurkan lawan.

Inilah deretan senjata-senjata khas Navy SEAL. Apa yang mengejutkan dari ini? Rata-rata dari senjata ini dimiliki oleh militer seluruh dunia, kecuali untuk beberapa hal. Meskipun biasa, namun jangan tanya bagaimana jadinya senjata di atas jika ada di tangan para member SEAL. Ya, sudah jelas lebih mematikan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA