Peraih Nobel Matematika John Nash Meninggal Dunia

oleh Adys Disty
07:00 AM on May 26, 2015
Peraih Nobel Matematika John Nash Meninggal Dunia via bcc
Peraih Nobel Matematika John Nash Meninggal Dunia via bcc

Banyak pihak yang berduka mendengar kabar meninggalnya peraih Nobel matematika John Forbes Nash Jr dan istrinya Alicia dalam kecelakaan mobil. Keduanya terlempar keluar dari taksi dalam kecelakaan tragis tersebut. Pasangan ini tewas dalam kecelakaan taksi di jalur selatan dari New Jersey Turnpike. Kecelakaan terjadi sekitar 04.30 waktu setempat di jalur jalan raya dekat Monroe dan melibatkan satu kendaraan lain.

Kepolisian negara bagian New Jersey, Gregory Williams menjelaskan kecelakaan ini berawal ketika Nash (86) dan istrinya Alicia (82) menumpang taksi di dekat Monroe Township, Sabtu (23/5) waktu setempat. Menurut Williams, pengemudi taksi yang ditumpanginya kehilangan kendali dan menabrak penjaga rel. Satu orang di kendaraan lain dibawa ke rumah sakit dan diperkirakan masih bisa diselamatkan.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Polisi menduga mereka tidak menggunakan sabuk pengaman karena keduanya ditemukan terlempar keluar dari taksi. Kecelakaan ini sendiri masih dalam penyelidikan polisi. Williams menuturkan taksi yang ditumpangi Nash dan istrinya melaju ke arah selatan di jalur paling kiri. Ketika hendak menyalip kendaraan lain, taksi ini tiba-tiba kehilangan kendali. Taksi itu menabrak pembatas jalan dengan keras dan menabrak sebuah mobil lainnya.

Kehidupan Nash menginspirasi film peraih Oscar berjudul “A Beautiful Mind” ini memang dikagumi banyak orang. Ucapan duka cita pun banyak mengalir melalui media sosial atas kepergian Nash. “Kami terkejut dan sedih atas kabar meninggalnya John Nash bersama istri dan pendamping terhebatnya, Alicia. Keduanya merupakan anggota kehormatan komunitas Princeton University,” kata Presiden Princeton University, Christopher L Eisgruber.

“Pencapaian mengagumkan John telah banyak menjadi inspirasi generasi ke generasi ahli matematika, ahli ekonomi dan ilmuwan yang banyak dipengaruhi oleh gagasannya dalam game theory yang brilian dan inovatif, dan kisah kehidupannya dengan Alicia telah begitu menggerakkan hati banyak pembaca dan penikmat film yang mengagumi keberanian dalam menghadapi tantangan menakutkan,” imbuhnya.

Kisah hidup John Forbes Nash menjadi dasar dari pembuatan film “A Beautiful Mind” yang disutradarai oleh Ron Howard. Dalam film itu, sosok Nash diperankan oleh Russell Crowe, sedangkan Alicia Nash diperankan oleh Jennifer Connelly. Film tersebut diadaptasi dari buku berjudul sama tahun 1998 karya Sylvia Nasar, profesor jurnalisme di Columbia University.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA