Ini Penyebab Orang Jepang Malas Beli Mobil

oleh Centralismo
15:11 PM on Feb 23, 2015

Jepang adalah salah satu negara dengan teknologi yang maju. Sumber daya manusia mereka yang dispilin dan cerdas membuat negara ini terus berkembang pesat dengan penemuan-penemuan mengagumkan. Mereka juga memberi dampak dan pengaruh yang cukup luas kepada dunia.

Baca Juga :15 Hal Gila yang Hanya Dapat Ditemukan di Jepang

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Salah satu kontribusi Jepang pada dunia adalah kendaraan-kendaraan yang mereka produksi. Beberapa merk besar seperti Honda dan Toyota lahir dari kegigihan orang Jepang. Namun, siapa sangka, di negara matahari terbit tersebut, rakyatnya justru malas membeli mobil. Apa penyebabnya?

1. Uji Praktik SIM yang Sulit

Bagi rakyat Jepang, ujian praktik untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi adalah hal yang sangat menakutkan. Peraturan yang diberlakukan dalam ujian tersebut demikian sulitnya bagi warga Jepang, sehingga tidak heran jika rata-rata orang Jepang mengulang hingga lima kali untuk ujian praktik SIM. Bahkan, tak jarang orang Jepang mengulang sepuluh kali sebelum akhirnya lulus tes SIM.

Ujian SIM yang Sulit (C)FT
Ujian SIM yang Sulit

Pemerintah Jepang juga memberlakukan sistem ujian yang cukup sulit dan banyak rambu-rambu yang harus diperhatikan. Tentu kita sudah tahu bahwa orang Jepang adalah orang yang sangat disiplin. Oleh sebab itu, dalam berkendara mereka juga menerapkan displin yang sama ketatnya. Mereka mengutamakan keamanan dan kedisplinan, sehingga angka kecelakaan bisa ditekan sekecil-kecilnya.

Bayangkan di Indonesia, walaupun belum bisa nyetir kita udah bisa mendapatkan SIM hanya dengan bermodalkan beberapa ratus ribu untuk membuat “SIM Tembak”.

Selanjutnya : 2. Biaya Parkir Mahal

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA