Penyakit-Penyakit Saat Tidur yang Jarang Dikenali, Tapi Banyak yang Mengalami

oleh Adi Nugroho
12:04 PM on Oct 5, 2016

Salah satu fungsi dari tidur adalah membuat tubuh jadi lebih segar karena segala capek akan hilang. Selain mengembalikan stamina tubuh secara sempurna, tidur juga mampu meredakan stres sehingga saat bangun pikiran kita jadi lebih jernih dan bersiap untuk menghadapi hari dengan lebih semangat.

Meski tidur merupakan sesuatu yang penting, tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Banyak dari mereka mengalami gangguan tidur sehingga kesehatan tubuh dan pikirannya jadi terganggu. Tidur yang sebenarnya hal alami dan biasa mendadak jadi barang mewah sehingga tidak semua bisa mendapatkannya dengan mudah.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Oh ya, masih tentang tidur dan gangguannya, ini loh gangguan atau penyakit tidur yang bisa kamu alami kapan saja. Yuk, simak bersama-sama agar kita bisa menghindarinya.

1. Sleep Apnea

sleep apnea [image source]
sleep apnea [image source]
Sleep apnea adalah sebuah gangguan pernapasan yang dialami seseorang ketika tidur. Pernapasan seseorang yang mengalami sleep apnea akan berhenti selama beberapa saat ketika tidur. Keadaan bisa terjadi karena otot di bagian leher jadi lemah karena kecapaian atau karena otak tidak mampu memberikan sinyal yang baik kepada organ pernapasan. Gangguan tidur ini harus segara diobati agar hal-hal tidak diinginkan bisa dihindari.

2. Hypopnea Syndrome

hypopne syndrome [image source]
hypopne syndrome [image source]
Sedikit berbeda dengan sleep apnea, syndrome ini menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kecepatan bernapas. Udara yang diisap dan dikeluarkan oleh hidung terus menurun sehingga kadar oksigen pada tubuh menjadi turun. Orang yang yang mengalami gangguan ini menyebabkan penderitanya terus mengantuk di siang hari. Produktivitasnya saat bekerja juga akan menurun dengan drastis.

3. Night Terror

night terror [image source]
night terror [image source]
Pernahkah Kamu merasa takut ketika terbangun dari tidur di malam hari. Jika sekali dua kali saja tidak masalah, namun jika terus menerus Kamu kemungkinan menderita Night Terror. Gangguan ini menyebabkan Kamu selalu merasa takut atau merasa dilihat oleh seseorang meski di kamar tidak ada siapa-siapa. Penanganan gangguan ini biasanya dilakukan dengan psikoterapi atau menggunakan obat-obatan seperti diazepam.

4. Nocturia

nocturia [image source]
nocturia [image source]
Sering buang air kecil di malam hari tidak? Kalau Kamu sering melakukannya di malam hari sehingga mengganggu tidur, Kamu sedang mengalami nocturia. Kejadian ini merupakan gangguan tidur yang menyebabkan Kamu merasa ingin ke kamar mandi. Sayangnya saat sampai di sana, Kamu tidak melakukan apa-apa. Cairan dari dalam tubuh hanya keluar sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

5. Parasomnias

parasomnias [image source]
parasomnias [image source]
Parasomnias adalah keadaan di mana seseorang tidak sadar sedang melakukan hal-hal ketika tidur. Misal berjalan sambil tidur lalu melakukan hal-hal yang tidak terduga seperti kencing sembarangan, berjalan keluar rumah, dan masih banyak lagi, kejadian ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pada tubuh. Misal tangan dan kaki terluka atau bahkan mengalami kecelakaan kalau mendadak berjalan di jalan raya.

6. Rapid Eye Movement Sleep Behavior Disorder (RBD)

rapid eyes movement sleep behavior disorder [image source]
rapid eyes movement sleep behavior disorder [image source]
RBD adalah keadaan di mana seseorang melakukan gerakan yang cukup brutal saat tidur. Misal mendadak melakukan tinjuan atau tendangan tanpa disadarinya. Orang yang mengalami gangguan ini biasanya akan membuat kamar tidurnya berantakan dan saat bangun dia akan kaget. Oh ya, orang dengan RBD ini kerap melakukan pasangannya yang tidur bersebelahan.

7. Sleep Paralysis

sleep paralysis [image source]
sleep paralysis [image source]
Pernah mendengar istilah ketindihan atau tidak bisa bangun karena seluruh anggota tubuh mendadak kaku. Sleep paralysis menyebabkan penderitanya mengalami gangguan secara total pada tubuhnya. Beberapa orang biasanya akan mengalami ketakutan setelah mengalami kejadian ini. Sleep Paralysis biasanya juga dibarengi dengan night terror.

BACA JUGA:15 Potret Kuno Jemaah Haji Abad ke-19 dari Berbagai Daerah di Indonesia

Inilah penyakit-penyakit yang bisa terjadi saat kita semua sedang tidur. Kira-kira dari tujuh gangguan di atas, mana yang pernah Kamu alami? Yuk berlakukan polah hidup sehat agar kualitas tidur kita meningkat.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA