5 Penyakit Mengerikan Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 9, 2016

Banyak yang bilang kalau beberapa penyakit sekarang seperti malaria dan TBC adalah penyakit-penyakit baru. Ya, di zaman dulu katanya tak pernah ada penyakit yang semematikan itu, dimana sekali kena risikonya adalah kematian. Meskipun banyak yang bilang kalau ini adalah penyakit baru, tapi sejarah mengatakan jika keduanya sudah ada bahkan sejak sebelum kita lahir.

Ya, TBC dan malaria ternyata pernah diidap oleh orang-orang zaman dulu. Sama seperti sekarang, penyakit itu sejak dulu memang mematikan. Bahkan menurut para ahli, virus dan bakteri penyebab penyakit-penyakit tersebut makin kuat seiring berjalannya waktu. Jadi, ya, kita bisa dibilang tengah menghadapi penyakit-penyakit kuno dengan level ancaman yang lebih tinggi.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Tak hanya TBC dan malaria, ada beberapa penyakit mengerikan lainnya yang konon sudah ada sejak zaman dulu. Simak ulasannya berikut.

1. Kolera Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Yunani Kuno

Hingga hari ini angka penderita kolera di dunia masih tetap ada, bahkan cenderung stabil. Alasannya sendiri banyak orang yang tinggal di daerah sungai-sungai kotor yang mana ini adalah tempat bakteri kolera berasal. Penyakit ini mungkin awalnya hanya menyebabkan diare dan muntah saja, tapi kalau tidak ditangani dengan baik ia bisa menyebabkan kematian.

Ilustrasi penderita kolera di masa lalu [Image Source]
Ilustrasi penderita kolera di masa lalu [Image Source]
Kolera sendiri ternyata sudah ada sejak zaman dulu sekali, tepatnya Yunani kuno. Salah satu buktinya adalah terdapatnya nama penyakit ini dalam sebuah catatan Hippocrates. Sayangnya, tak diketahui detail tentang penyakit itu di masa kuno tersebut.

2. Tifus Juga Sudah Ada Sejak 430 Tahun Sebelum Masehi

Dengan melihat banyaknya orang yang terkena tifus hari ini, kita mungkin takkan percaya jika sejatinya penyakit satu ini ternyata sudah sangat lama. Ya, tercatat, penyakit satu ini ditemukan sejak 430 tahun sebelum masehi di Yunani. Sama seperti Black Death, tifus di Yunani kala itu benar-benar jadi wabah.

Sanitasi buruk juga jadi penyebab tifus di Romawi kuno [Image Source]
Sanitasi buruk juga jadi penyebab tifus di Romawi kuno [Image Source]
Penyakit satu ini menghinggapi banyak orang kala itu. Alhasil, Yunani seperti kolaps untuk sesaat. Bahkan akibat dari wabah ini Yunani kalau perang dengan Sparta pada perang Peloponnesian. Mungkin bukan jadi hal yang membanggakan, tapi jika kamu pernah kena tifus, maka itu adalah penyakit yang juga diderita oleh ksatria-ksatria Yunani Kuno.

3. Kusta Pernah Menggerus Mesir Kuno

Penyakit satu ini kental dengan stigma ngeri. Salah satunya adalah rumor barang siapa mengidapnya, maka satu per satu bagian tubuhnya akan lepas. Kusta tidaklah seperti itu. Tapi, beberapa dampak kusta sendiri cukup mengerikan mulai dari kerusakan syaraf tepi, kulit, mata, sampai pernafasan.

Potret penderita kusta di masa lalu [Image Source]
Potret penderita kusta di masa lalu [Image Source]
Penyakit satu ini juga ditemukan sudah cukup lama. Menurut catatan sejarah, orang-orang Mesir kuno pernah mengidap penyakit satu ini di tahun sekitar 1550 sebelum masehi. Penyebaran penyakit ini sendiri karena penularan, bisa juga karena gen.

4. Cacar Juga Merupakan Penyakit Tertua

Pernah kena cacar sebelumnya? Mungkin kamu takkan percaya jika penyakit tersebut ternyata juga sangat kuno. Umurnya ribuan tahun, tepatnya sekitar 1157 sebelum masehi yang jadi tahun dimana pertama kali cacar ditemukan. Penyakit satu ini banyak diidap manusia zaman dulu, Mesir adalah salah satunya.

Ilustrasi penderita cacar [Image Source]
Ilustrasi penderita cacar [Image Source]
Tak hanya dialami oleh masyarakat biasa, seorang Firaun bernama Ramses V juga mati gara-gara terkena cacar. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli kepada mumi Ramses V. Cacar sendiri mungkin sepele, tapi ia bertanggung jawab atas matinya sekitar 300-500 juta orang selama abad 20.

5. Pneumonia, Salah Satu Penyakit Paling Tua Sepanjang Sejarah

Penyakit satu ini bisa dibilang mematikan lantaran tiap tahunnya setidaknya menjangkiti 450 juta orang. Parahnya lagi, dari jumlah itu 4 juta di antaranya tak sanggup bertahan dan akhirnya meninggal dunia. Penyakit ini disebabkan karena masuknya bakteri dan virus ke dalam paru-paru yang kemudian terakumulasi.

Hippocrates, tulisannya jadi bukti keberadaan Pneumonia di masa lalu []
Hippocrates, tulisannya jadi bukti keberadaan Pneumonia di masa lalu [Image Source]
Sama seperti deretan penyakit ganas di daftar ini, pneumonia masuk dalam penyakit tertua di dunia. Menurut sejarah, Hippocrates pernah menuliskan ciri-ciri penyakit ini dalam catatannya. Tak ada catatan yang cukup detail bagaimana orang-orang dulu menangani penyakit satu ini, tapi kalau masa sekarang cukup dengan menggunakan antibiotik.

BACA JUGA: 5 Bercandaan Presiden Soekarno Yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy

Tidak disangka ya ternyata deretan penyakit di atas sudah ada sejak zaman dulu sekali. Beruntungnya kita yang hidup di masa sekarang. Kemajuan di bidang medis sudah sangat pesat seperti sekarang sehingga penyakit-penyakit tua di atas mampu diatasi. Tak terbayangkan bagaimana orang-orang dulu bertahan dengan penyakit mematikan di atas tanpa pengetahuan medis yang kompleks seperti hari ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA