5 Penyakit yang Mengubah Manusia Menjadi Seperti Monster

oleh Halimah Halimah
08:48 AM on Mar 16, 2015

Penyakit adalah hal yang tidak kita inginkan. Sebisa mungkin kita menjaga pola makan, pola istirahat dan berolahraga agar tetap sehat. Kita sama-sama tahu bahwa penyakit, selain membuat tubuh kita menderita, juga bisa membuat kita pusing karena biaya perobatan yang mahal.

Namun, sakit juga adalah takdir yang tidak bisa kita hindari. Betapa keraspun kita berusaha, akan ada saatnya stamina dan daya tahan tubuh kita turun dan kita menjadi sakit. Namun penyakit yang diidap orang-orang ini bukanlah akibat daya tahan tubuh. Apa yang mereka alami adalah kondisi mengerikan yang sulit dibayangkan.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Minh Anh, Si Bocah Ikan

Ketika bocah lelaki ini lahir, dia sudah dibuang oleh ibunya. Minh Anh ditemukan oleh seseorang, menangis diantara tumpukan sampah. Orang tersebut akhirnya membawa Minh Anh yang sebuah penampungan sosial di Filipine.

Kondisi fisiknya ditengarai adalah hal yang membuat Minh dibuang oleh sang ibu. Dia memiliki sisik di sekujur tubuhnya. Sisik tersebut terus menumbuh dan menebal di semua bagian dari badan mungilnya. Selain itu Minh juga mengalami keterbelakangan mental yang membuat dia tidak bisa berbicara normal seperti orang lain. Kondisinya ini membuat Minh dijuluki sebagai “si bocah ikan”.

2. Didier Montalvo, Penderita “Sindrom Kura-kura”

Anda tidak akan pernah membayagkan apa rasanya membawa tumor yang sangat berat di punggung. Namun, itu adalah yang dialami bocah bernama Didier Montalvo ini. Sejak lahir, tumor hitam yang berbentuk seperti cangkang kura-kura itu menempel di punggungnya. Tumor berwarna hitam itu terus membesar dan membuat Didier tampak seperti manusia kura-kura.

Setelah diliput oleh beberapa media, masyarakat sekitar mulai membantu Didier. Mereka mengumpulkan sejumlah bantuan dan memberitahukan rumah sakit yang mungkin bisa menangani kasus penyakit sang bocah lucu tersebut. Penyembuhan Didier masih terus diusahakan karena penyakitnya jarang sekali terjadi dan masih terus dipelajari sebab dan akibatnya.

3. Dede Si Manusia Pohon

Kali ini fenomena penyakit aneh datang dari Indonesia. Diawali sebuah luka kecil seperti jerawat yang dianggapnya sepele, kini Dede harus menanggung penyakit yang membuatnya terlihat seperti monster. Sekujur kulit tubuhnya menebal dan tumbuh seperti kulit kayu yang keras dan bercabang-cabang. Dia benar-benar tampak seperti manusia pohon.

Usaha pengangkatan sudah dilakukan. Namun penebalan yang ekstrim itu tetap terjadi di kulit Dede. Beberapa tahap operasi dilaksanakan, namun kulit Dede tetap tumbuh menebal seperti itu. Dede bahkan sempat menjalani tur sebagai “manusia aneh” untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Penyakit aneh Dede ini diangkat ke berbagai media internasional dan masih dipertanyakan penyebabnya.

4. Bayi Berkepala Dua

Bayi kembar siam adalah kondisi dimana bayi kembar tidak berhasil memisahkan diri mereka ketika berada di kandungan. Bayi yang seharusnya menjadi dua individu berbeda, menempel menjadi satu. Seringkali bayi kembar siam hanya memiliki satu organ vital, sehingga operasi pemisahan sangat sulit dilakukan.

Namun kembar siam dalam kasus ini sangatlah ekstrim. Kembarang sang bayi hanya mampu membentuk sebuah kepala yang menempel tepat di atas kepala kembarannya. Bayi perempuan tersebut hanya memiliki satu organ otak. Bayi cantik ini hanya bertahan hidup selama dua tahun.

5. Manusia Berkaki 8

Jumlah kaki sebanyak delapan biasanya ditemukan pada gurita. Namun, malangnya pria satu ini justru memiliki delapan kaki. Oleh karena itu dia sering dijuluki sebagai si “pria gurita” atau octoman.

Pria ini bahkan pernah membuat sebuah show dimana dia berperan sebagai makhluk aneh setengah gurita. Show ini laku keras dan orang-orang mengantri untuk berfoto dengannya. Kondisi aneh ini diduga karena si pria seharusnya lahir sebagai anak kembar, namun proses penggandaan tidak terjadi secara sempurna.

Hingga saat ini, beberapa dari penyakit di atas masih tidak diketahui penyebab pastinya. Sebagian berhasil diobati, namun sebagian lainnya harus diderita sang pasien hingga akhir hayatnya. Namun penelitian dan percobaan masih terus dilakukan.

Kesehatan adalah karunia yang sangat berharga yang kerap kita lupakan. Sementara orang-orang di atas berjuang dengan penyakit bawaan, rasanya sangat konyol jika kita melakukan hal-hal yang merusak kesehatan kita. Ingat, kesehatan adalah hal yang paling mahal dan berharga di dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA