Hati-Hati, Penyakit Mematikan di Masa Lalu ini Hadir Lagi Menyerang Manusia

oleh Admin
15:16 PM on Sep 23, 2016

Ada banyak penyebab munculnya wabah penyakit mematikan, apalagi pada zaman dulu pengobatan belum seperti sekarang. Sekali ada penyakit menyerang, bisa menyebabkan berkurangnya populasi penduduk di suatu negara hingga signifikan. Ternyata selain perang dan genosida, virus dan penyakit juga berpengaruh terhadap kepadatan manusia.

Era semakin modern bukan berarti penyakit-penyakit itu hilang tak berbekas. Justru penyebarannya semakin luas dengan cepat. Apalagi di negara berkembang, yang notabene kesadaran menjaga kesehatan masih rendah. Belum lagi banyak yang menentang vaksin serta perpindahan penduduk yang cepat. Tidak heran jika zaman sekarang, tidak ada satu orangpun yang ‘aman’ dari penyakit mematikan di bawah ini:

Baca Juga
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari

1.Kusta

Penyakit satu ini berakibat fatal pada manusia. Bagian-bagian tubuh bisa terlepas satu persatu karena membusuk. Nama resmi dari penyakit ini adalah penyakit Hansen, sudah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Bahkan, sempat dianggap sebagai kutukan lho!

wabah kusta
wabah kusta [via]

Kusta menyebabkan kebutaan, cacat dan bisa berujung pada kematian. Penyebarannya kini ada di negara-negara bagian selatan Amerika yang masih banyak terdapat hutan dan juga binatang Armadillo. Rupanya, manusia dan hewan ini punya satu jenis gen yang sama. Waduh…meskipun di tahap awal bisa diobati, tetap saja hati-hati pada penyakit ini ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA