5 Fakta Lupus, Penyakit Mematikan yang Bikin Selena Gomez Sampai Cangkok Ginjal

Penyakit yang tidak bisa disembuhnya secara tuntas, tapi masih bisa diajak berdamai

oleh Nikmatus Solikha
12:00 PM on Sep 16, 2017

Sebagai salah satu aktris yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, Selena Gomez memang cukup membuat para fans panik saat ia mengaku tengah melakukan operasi transplantasi ginjal. Artis 25 tahun itu mengungkap bahwa operasi tersebut ia lakukan karena penyakit lupus yang dideritanya. Beruntung, ia memiliki Francia Raisa, sahabat yang begitu baik dan rela menyumbangkan ginjalnya.

Selama ini, mungkin sebagian besar masyarakat lebih akrab dengan Lupus, si tokoh fiksi karangan Hilman Hariwijaya yang dulu sempat booming dan diangkat ke layar kaca. Sementara itu, penyakit lupus sendiri masih cukup asing di telinga masyarakat, hingga tersiar kabar bahwa Selena Gomez merupakan salah satu penderita penyakit itu, makin banyak orang yang penasaran dengan penyakit satu ini. Biar nggak penasaran, berikut ini adalah beberapa fakta tentang penyakit lupus.

Baca Juga
Mulai Bentuk Pocong Hingga Kuyang, Inilah 4 Fakta Bantal Guling Model Hantu yang Viral di Thailand
Fenomena Harga Tiket Wisata yang Harganya Jadi Berkali-kali Lipat untuk Wisatawan Asing, Pantaskah?

Penyakit lupus adalah…

Seperti diketahui, banyak yang penasaran soal penyakit lupus sejak Selena Gomez mengunggah foto dirinya tengah melakukan transplantasi ginjal. Apa sebenarnya penyakit lupus itu? Adalah penyakit autoimun yang bisa menyerang seluruh sistem organ tubuh. Hal itu karena terjadi ketidakseimbangan sistem kekebalan yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat.

kondisi kulit penderita lupus [image source]
Penyebab penyakit mematikan itu sendiri hingga kini masih belum diketahui. Namun, riwayat genetik, hormon seks, dan juga lingkungan punya pengaruh dalam perkembangan penyakit tersebut. Untuk gejalanya sendiri juga beragam, mulai dari demam, lemas, berat badan menurun, butterfly rash atau warna kemerahan khas pada wajah yang membentuk kupu-kupu, nyeri otot sendi, gangguan jantung, gangguan saluran kemih dan masih banyak lagi gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Penyakit ini sulit dideteksi sejak dini

Dengan adanya segala gejala yang ada, ternyata penyakit ini masih sulit dideteksi. Kenyataan tersebut mungkin bikin banyak pihak ngerasa terkejut. Namun asal tahu saja, pada umumnya dokter membutuhkan waktu hingga lima tahun untuk mendiagnosa pasien menderita penyakit lupus. Hal itu justru karena banyaknya ragam gejala yang dialami oleh penderitanya.

Ilustrasi pasien penyakit lupus dan dokter [image source]
Terlebih lagi, di negeri kita masih minim edukasi perihal penyakit lupus di kalangan professional medis dan juga masyarakat. Pendanaan untuk melakukan riset sendiri juga masih sangat kurang. Padahal, menurut Ketua Yayasan Lupus Indonesia, Tiara Savitri, penyakit mematikan tersebut bisa menyerang siapa saja. Hingga tahun 2016 lalu, data Yayasan Lupus Indonesia sudah mencatat sekitar 17.286 orang Indonesia menderita penyakit tersebut.

Sebagian besar penderita penyakit lupus adalah perempuan

Diketahui bahwa 9 dari 10 penderita penyakit lupus adalah perempuan. Kenapa demikian? Mungkin kalian juga bertanya-tanya. Hingga saat ini, masih belum diketahui secara pasti kenapa wanita lebih tinggi risiko terkena lupus. Namun, dari kesimpulan para ahli diperkirakan bahwa adanya perbedaan hormon pria dan wanita yang jadi pemicunya.

ilustrasi wanita lebih tinggi risiko lupus [image source]
Para peneliti mendapati kesimpulan dari banyaknya kasus lupus yang menyerang wanita pada saat mensturasi dan kehamilan. Pada saat menstruasi dan hamil, diduga hormon esterogen memicu timbulnya penyakit lupus. Namun ternyata, ada pula penderita lupus yang terserang penyakit ini pada masa pra menstruasi meski belum diketahui mengapa penyakit ini muncul pada masa pra-mens.

Terkena sinar matahari bisa sangat bahaya bagi penderita lupus

Selama ini, alasan orang menghindari sinar matahari mungkin karena takut kulit berubah jadi gelap. Selebihnya, sinar uv masih dianggap aman-aman saja. Tapi, tidak demikian dengan penderita lupus. Mereka harus menghindari sinar matahari karena bisa membahayakan. Karena ketika mereka terkenal sinar matahari akan menjadi fotosensitif, yaitu munculnya ruam kulit yang bisa muncul di pipi, hidung dan daerah tubuh yang terkena sinar matahari yang lain.

ilustrasi terkena sinar matahari [image source]
Diketahui jika ruam yang muncul dipicu oleh sinar matahari dalam 50 sampai 75 persen orang. Ternyata, sinar matahari juga bisa meningkatkan aktivitas penyakit lupus hingga dapat memperparah keadaan. Nggak heran, penderitanya bisa merasakan nyeri sendi dan tubuh melemah hanya karena terkena sinar matahari.

Banyak pantangan yang harus dihindari

Kalau sebelumnya dibahas jika penyebab timbulnya penyakit ini belum diketahui secara pasti, terlebih penyakit lupus tidak bisa sembuh total. Karena autoimun sudah menempel di tubuh seumur hidup. Namun, banyak orang yang bertahan hidup hingga puluhan tahun meski penyakit tersebut masih menempel.

Harus menghindari pantangan [image source]
Yang bisa dilakukan oleh penderita lupus adalah berdamai dengan penyakit tersebut, yaitu menghindari pemicu penyakit tersebut kambuh, seperti menghindari makanan yang mengandung penyedap rasa, menjauhi masakan asam-asam, mengurangi konsumsi susu, mengurangi makan nasi putih dan lain sebagainya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa penyakit lupus sampai membuat Selena Gomez harus melakukan transplantasi ginjal. Hal itu dikarenakan penyakit lupus memang bisa mempengaruhi banyak aspek kehidupan, dan beberapa diantaranya masalah dengan kardiovaskular dan gagal ginjal. Dan ternyata, karena hal itu pula Selena Gomez harus melakukan transplantasi. Meski tidak bisa sepenuhnya sembuh, tapi semoga saja aktris 25 tahun ini bisa berdamai dengan lupus, ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
BACA JUGA