5 Penyakit Aneh Pengganggu Tidur Anda

oleh Centralismo
08:00 AM on Jan 8, 2015

Tidur merupakan kegiatan untuk memulihkan kembali energi dan sistem tubuh kita yang penat akibat aktifitas sehari-hari. Tidur sebaiknya dilakukan sebanyak delapan jam sehari agar tubuh kita punya kesempatan untuk “memperbaiki” diri. Anda yang kekurangan tidur, biasanya akan mengalami gejala lemas, kurang konsentrasi dan kurang darah.

Apakah tidur anda sudah nyenyak? Kalau belum, mungkin level stress anda cukup tinggi hingga badan anda tidak bisa merespon rasa kantuk. Namun, ada juga beberapa kelainan atau penyakit yang kita alami/lakukan ketika tidur. Apa saja itu?

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Bruxisme

Bruxisme adalah sebuah aktifitas menggesek-gesekkan gigi atas dengan gigi bawah ketika tidur. Ini adalah penyakit paling umum yang diderita banyak orang tanpa di sadari. Di Amerika Serikat, data menunjukkan setidaknya ada 40 juta orang yang mengidap bruxisme.

bruxisme
bruxisme

Anda tidak akan menyadari apakah anda melakukan ini dalam tidur atau tidak. Anda akan sadar ketika tubuh anda memberi gejala seperti sakit rahang, pusing dan bentuk gigi yang menjadi aneh. Tidak ada obat untuk penyakit ini kecuali dengan memakai pelindung mulut ketika tidur.

2. Sindrom Restless-Leg

Tampaknya hal ini memang cukup sepele, namun sudah bisa dikategorikan ke dalam “kelainan.” Dalam kelainan ini, si penderita adalah orang yang selalu menggerakkan kaki dalam tidurnya. Dalam beberapa kasus, si penderita akan menggesek-gesekkan kakinya di tempat tidur.

restless leg
restless leg

Kelainan ini memang tidak berbahaya. Namun, jika anda tidur satu ranjang dengan seseorang, bayangkan betapa terganggunya orang tersebut. Anda mungkin saja akan menendang atau menyakiti orang tersebut tanpa menyadarinya.

3. Sleep Apnea

Ini adalah kelainan yang sangat menyiksa. Beberapa orang dengan sindom ini akan tidur dan kesulitan bernapas dalam tidurnya. Mungkin anda pernah terbangun dari tidur dan merasa sesak. Itu adalah salah satu gejala dari sleep-apnea.

 Sleep apnea
Sleep apnea

Kelainan ini cukup berbahaya. Karena jika kesulitan bernapas dalam jangka waktu lama, hal ini akan menyebabkan kematian. Untuk penderita sleep apnea yang sudah akut, biasanya mereka akan diberi selang oksigen ketika tidur, agar tidak kesulitan untuk menghirup oksigen.

4. Narkolepsi

Ini adalah sebuah kelainan yang sangat mengganggu. Penderita narkolepsi akan tertidur beberapa kali dalam sehari, di luar kendalinya. Dalam kasus-kasus tertentu, seorang penderita narkolepsi bahkan bisa tertidur ketika sedang makan.

Narkolepsi
Narkolepsi

Narkolepsi biasanya berhubungan dengan emosi. Ada penderita narkolepsi yang akan tertidur jika sudah sangat senang, sangat sedih atau sangat bersemangat. Hingga saat ini, penyebab dan pengobatan untuk penderita narkolepsi masih menjadi misteri.

5. Melindur

Melindur atau berbicara ketika sedang tidur adalah sesuatu yang sering kita temukan. Kita mungkin berpikir bahwa hal ini adalah wajar dan terkadang lucu. Namun, tahukah anda jika sudah terlalu sering terjadi, melindur bukan lagi hal lucu melainkan sebuah penyakit?

Melindur
Melindur

Penyakit ini timbul akibat seseorang yang membicarakan apa yang dia pikirkan atau alami ketika dia bermipi. Hal ini dikaitkan dengan kondisi emosional yang kurang stabil. Anda juga mungkin sedang stress berat jika sering melindur. Hingga saat ini masih belum ada obat untuk kelainan satu ini.

Demikian tadi lima penyakit yang mungkin sering anda alami ketika tidur. Kebanyakan dari penyakit ini memang jarang kita sadari, namun, sebelum terlambat sebaiknya kita mengeceknya. Mintalah orang terdekat anda untuk menyelidiki kebiasaan apa yang anda lakukan ketika tidur.

Jika ada dari salah satu penyakit di atas yang anda alami, dan hal tersebut cukup mengganggu, tidak ada salahnya mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA