Penting! Tips Untuk Hindari Aktivitas Duduk Seharian

oleh Rizal
03:04 AM on Jun 26, 2015

Meskipun terkesan tidak melakukan kerja berat, duduk seharian ternyata menyimpan potensi buruk untuk kesehatan lho. Mulai dari sakit punggung, obesitas, hingga yang paling serem adalah mati muda. Sudah banyak yang mengalami hal ini dan pastikan kamu bukan orang berikutnya. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengatasi hal ini. Yup, dengan terus bergerak!

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Deadline menumpuk jangan sampai membuatmu diam membatu di kursi. Kamu harus berinisiatif agar terus menggerakkan tubuhmu agar terhindar dari hal-hal mengerikan itu. Bingung caranya? Gampang kok! Ikuti saja deretan tips unik ini.
Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Berdiri Ketika Menerima Panggilan

Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi cara ini lumayan ampuh untuk membuatmu tetap sehat. Yup, setiap kali kamu berdiri setelah duduk lama, maka peredaran darah serta metabolisme akan lancar. Setelah selesai menerima panggilan, kemudian kamu bisa bergelut lagi dengan kerjaan.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Awalnya mungkin aneh, tapi ketika hal ini sudah menjadi habit maka kamu akan merasakan manfaat yang sesungguhnya. Bagaimana kalau tidak ada yang menghubungi? Make a call!

2. Gunakan Bantuan Aplikasi

Saking Seriusnya dengan kerjaan, kamu pasti makin tenggelam di kursi empuk itu. Nah, sepertinya kamu butuh diingatkan tuh. Caranya bisa menggunakan aplikasi bernama StandApp ini. App ini berguna untuk mengingatkanmu agar berdiri dari bangku pada waktu-waktu tertentu.

Aplikasi StandAPP [Image Source]
Aplikasi StandAPP [Image Source]
Tidak cuma itu, kamu juga akan diingatkan untuk melakukan peregangan kecil sebelum kembali duduk. Asik nih, coba deh!

3. Lakukan Standing Meeting

Deadline menumpuk dan bos mengundangmu untuk hadir meeting penting. Tidak usah stres, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk bisa sehat. Caranya, lakukan standing meeting. Alih-alih duduk di ruang pertemuan, kenapa tidak lakukan meeting sambil berdiri saja?

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Selain menjalin relationship lebih dekat dengan rekan kerja dan atasan, kamu juga bisa mengurangi bahaya terlalu lama duduk.

4. Jalan-Jalan Sebentar Ketika Makan Siang

Tepat tengah hari, saatnya untuk mengisi bahan bakar sebelum berpacu dengan pekerjaan. Nah, biar kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari lunch break, sekalian saja jalan-jalan sebentar. Tidak harus dengan pergi ke mall, cukup lemaskan kaki dengan memutari kantor sambil mengajak yang lain untuk makan siang.

Lunch Break [Image Source]
Lunch Break [Image Source]
Manfaat berjalan-jalan ini kamu akan mampu menangkal risiko sakit punggung karena kelamaan duduk. Biar double manfaat, bisa juga tuh mengajak teman kantor yang cantik itu.

5. Ganti Chatting dengan Percakapan Face to Face

Alih-alih menggunakan berbagai chat apps untuk berkomunikasi, kenapa tidak bertatap muka langsung. Selain bisa menjelaskan hal dengan lebih gamblang, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dengan terus bergerak.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Lakukan terus kebiasaan ini agar kamu tetap bekerja tanpa perlu menghawatirkan dampak buruk dari terlalu lama duduk.

6. Minum Banyak Air

Duduk dalam waktu yang lama ternyata berpotensi membuatmu dehidrasi. Tidak ada cara lain untuk menghindari hal ini selain minum lebih banyak air. Nah, biar bisa membuatmu tetap bergerak, jangan mengisi botol minum penuh sekaligus.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Siasati dengan mengisinya sedikit. Trik ini akan membuatmu lebih sering bergerak.

Hal-hal ringan dan kesannya remeh ini justru akan menyelamatkanmu dari hal-hal mengerikan akibat terlalu mesra dengan kursi kesayangan. Mulai sekarang, biasakan deh untuk melakukan berbagai kebiasaan di atas. Kalau bukan kamu sendiri yang aware, terus siapa lagi? Stay healthy ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA