in

Ternyata Perilaku Aneh Kita Sehari-Hari Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho

2. Tertarik dengan Psikopat

Ada tiga hal yang menjelaskan kenapa orang begitu suka dengan berita atau film-film yang berbau psikopat. Yang pertama adalah karena dengan melihat atau mendengar tentang seorang psikopat, kita secara tidak sadar melihat posisi kita sebagai mereka yang tidak peduli dengan peraturan dan hanya memikirkan dirinya sendiri. Membayangkan diri kita sendiri sebagai mereka meskipun secara tidak sadar dan hanya bersifat sementara membuat kita merasa bebas dari semua kewajiban kita.

Christian Bale sebagai psikopat di film American Psycho [Image Source]
Christian Bale sebagai psikopat di film American Psycho [Image Source]
Teori kedua dari J. Reid Meloy mengatakan bahwa psikopat adalah sejenis predator. Maka, mendengar tentang mereka akan menghubungkan insting kita yang paling dasar sebagai seorang pemburu atau yang diburu. Menghibur diri sendiri dengan cerita tentang manusia predator membuat kita bisa menghubungkan diri dengan pribadi animalistik yang paling dasar tanpa perlu merasakan bahaya yang sesungguhnya.

Yang terakhir, psikiater Ron Schouten mengatakan bahwa ketertarikan manusia pada cerita psikopat sama dengan ketertarikan manusia pada film horror atau roller coaster. Kadang kita suka merasa takut, dan cerita-cerita tersebut memenuhi kebutuhan kita. Hal ini karena saat takut, otak mengirim neurotransmitter termasuk dopamine yang memicu perasaan bahagia dan puas.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Sekolah dan Kampus Berbentuk Unik Ini Bikin Belajar Jadi Asik

7 Wajah Putri Disney Jika Mereka Menjadi Nenek-Nenek!