in

4 Sosok Berdarah Penjajah yang Justru Cinta Mati Dengan Indonesia

2. Princen Poncke, Mengkhianati Bangsanya Demi Indonesia

Apa jadinya jika seorang tentara andalan Belanda malah justru berbalik membela bangsa yang dijajahnya untuk kemudian mengusir negaranya sendiri? Terkesan sangat drama, namun hal tersebut benar-benar dilakukan oleh seorang tentara bernama Princen Poncke. Sejak pertama kali menjejakkan kakinya di Indonesia, ia merasa ada sesuatu yang salah dengan apa yang dilakukannya. Sejenak Princen terkenang akan Nazi yang pernah menginjak-injak Belanda.

Princen Poncke, pria Belanda ini membantu tentara Indonesia melawan bangsanya sendiri [image Source]
Princen Poncke, pria Belanda ini membantu tentara Indonesia melawan bangsanya sendiri [image Source]
Batin Poncke pun makin tak terima ketika ia diharuskan melakukan aksi keji kepada penduduk pribumi. Pada puncak kekesalannya, ia pun kabur dari detasemennya untuk kemudian bergabung dengan TNI. Kecintaannya terhadap Indonesia dimulai saat melihat raut wajah para pejuang yang sangat ingin merdeka. Ketika itu ia bersumpah akan membawa negara ini meraih kemerdekaan yang sesungguhnya.

Kiprah Princen berbuah manis. Pertarungan demi pertarungan dimenangkannya bersama pejuang lainnya. Hingga pada akhirnya ia pun menasionalisasi dirinya dengan berpindah kewarganegaraan. Ia bahkan mendapatkan sebuah lencana dari Presiden Soekarno. Setelah lepas masa perjuangan, sosok satu ini masih berjuang kali ini dengan mendirikan banyak LSM yang berkutat pada masalah HAM.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

4 Aksi Brimob dalam Sejarah Penyatuan Indonesia

Anonymous perlawanan modern

Anonymous, Kelompok Perlawanan Modern yang Termasuk Pahlawan Ataukah Penjahat?