in

7 Peristiwa Pengusiran Ras Manusia yang Dilupakan dalam Sejarah!

Bumi ini terdiri dari banyak sekali ras dan suku bangsa. Bahkan di Indonesia saja terdapat puluhan ras yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap ras memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda. Sayangnya, perbedaan ini justru kerap memunculkan masalah. Perpecahan yang tak diinginkan kerap terjadi, bahkan menimbulkan adanya perang dan pengusiran. Indonesia pernah mengalami perang antar ras atau suku yang berakhir mengenaskan. Seperti tragedi di Sampit berpuluh tahun silam.

Baca Juga : 7 Eksperimen Mengerikan dengan Manusia Sebagai Kelinci Percobaannya!

Ternyata di dunia ini juga pernah terjadi peristiwa yang nyaris sama dengan tragedi Sampit. Pengusiran sebuah ras atau kaum dilakukan oleh oknum tertentu yang memiliki kepentingan. Pengusiran ini berakibat banyaknya anggota ras meninggal, bahkan mengalami kehidupan yang mengerikan. Kejadian ini terjadi di masa lalu, dan telah banyak dilupakan oleh umat manusia. Berikut tujuh peristiwa pengusiran ras manusia yang sempat membuat bumi ini begejolak!

1. Pengusiran Ras Jepang dari Kanada

Saat perang dunia kedua berlangsung sekitar tahun 1945. Warga Jepang yang ada di Kanada semuanya diusir. Hal ini terjadi karena saat itu Kanada bergabung dengan sekutu yang memerangi Jepang. Gelombang pengusiran ini dilakukan oleh panglima perang Kanada bernama Ken Stuart. Pria berkuasa ini menyebut jika tak ada hak lagi warga Jepang untuk hidup di negara yang memeranginya.

Saat itu ada sekitar 20.800 orang Jepang yang berada Kanada. Bahkan mereka telah membangun keluarga dan memiliki anak di sana. Keadaan ini membuat mereka harus pergi di negara yang dicintainya setelah Jepang. Sebanyak 4.000 anak-anak berumur di bawah 16 tahun dikembalikan lagi ke Jepang. Kapal-kapal akan mengangkut mereka semua ke negara yang sedang diserang oleh sekutu. Pengusiran ini berhenti pada tahun 1949 setelah terjadi kesepakatan. Penduduk yang telah di Jepang diperkenankan kembali atau tetap di Jepang.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Inilah Kabar 7 Artis Cilik yang Sempat ‘Hits’ di Zamannya, Ada yang Masih Ingat?

Sosok Ayah Paling Keren Se-Dunia yang Bisa Jadi Inspirasimu Nanti