7 Peristiwa Pengusiran Ras Manusia yang Dilupakan dalam Sejarah!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 11, 2015

Bumi ini terdiri dari banyak sekali ras dan suku bangsa. Bahkan di Indonesia saja terdapat puluhan ras yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap ras memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda. Sayangnya, perbedaan ini justru kerap memunculkan masalah. Perpecahan yang tak diinginkan kerap terjadi, bahkan menimbulkan adanya perang dan pengusiran. Indonesia pernah mengalami perang antar ras atau suku yang berakhir mengenaskan. Seperti tragedi di Sampit berpuluh tahun silam.

Baca Juga : 7 Eksperimen Mengerikan dengan Manusia Sebagai Kelinci Percobaannya!

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Ternyata di dunia ini juga pernah terjadi peristiwa yang nyaris sama dengan tragedi Sampit. Pengusiran sebuah ras atau kaum dilakukan oleh oknum tertentu yang memiliki kepentingan. Pengusiran ini berakibat banyaknya anggota ras meninggal, bahkan mengalami kehidupan yang mengerikan. Kejadian ini terjadi di masa lalu, dan telah banyak dilupakan oleh umat manusia. Berikut tujuh peristiwa pengusiran ras manusia yang sempat membuat bumi ini begejolak!

1. Pengusiran Ras Jepang dari Kanada

Saat perang dunia kedua berlangsung sekitar tahun 1945. Warga Jepang yang ada di Kanada semuanya diusir. Hal ini terjadi karena saat itu Kanada bergabung dengan sekutu yang memerangi Jepang. Gelombang pengusiran ini dilakukan oleh panglima perang Kanada bernama Ken Stuart. Pria berkuasa ini menyebut jika tak ada hak lagi warga Jepang untuk hidup di negara yang memeranginya.

Saat itu ada sekitar 20.800 orang Jepang yang berada Kanada. Bahkan mereka telah membangun keluarga dan memiliki anak di sana. Keadaan ini membuat mereka harus pergi di negara yang dicintainya setelah Jepang. Sebanyak 4.000 anak-anak berumur di bawah 16 tahun dikembalikan lagi ke Jepang. Kapal-kapal akan mengangkut mereka semua ke negara yang sedang diserang oleh sekutu. Pengusiran ini berhenti pada tahun 1949 setelah terjadi kesepakatan. Penduduk yang telah di Jepang diperkenankan kembali atau tetap di Jepang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA