5 Pengusaha Termuda Indonesia ini Punya Kekayaan Terbesar di Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 5, 2016

Meski bukan negara yang unggul dalam bidang perdagangan dan juga usaha, Indonesia ternyata mampu menelurkan banyak miliuner muda. Di usianya yang terbilang masih sangat “hijau” para pengusaha ini mampu menjalankan perusahaannya dengan sangat baik. Bahkan mereka masuk jajaran orang terkaya di Indonesia, bahkan dunia sekali pun.

Untuk mencapai ke arah itu tentu perjuangan harus dilakukan dengan maksimal. Jatuh bangun adalah hal biasa sebelum akhirnya mendapatkan sebuah kesuksesan hingga membuat uang seperti datang dengan sendirinya. Dan inilah lima pengusaha termuda di Indonesia yang kekayaannya sungguh luar biasa banyak!

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Ciliandra Fangiono

Ciliandra Fangiono adalah pengusaha muda paling sukses di Indonesia. Ia adalah orang yang memimpin sebuah perusahaan bernama First Resource. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit dan juga oleokimia (bahan baku kimia yang berasal dari lemak). Selain membangun perusahaan yang dibangun oleh ayahnya, Ciliandra juga membangun perusahaan sendiri bernama PT Ciliandra Perkasa. Perusahaan ini bergerak di bidang yang sama namun lebih mengarah ke sektor ekspor.

Ciliandra Fangiono [image source]
Ciliandra Fangiono [image source]
Ciliandra adalah orang yang pernah bersekolah di Universitas Cambridge. Ia menyelesaikan Master Ekonominya dengan nilai yang sempurna. Selesai menamatkan kuliah, ia langsung ditunjuk untuk mengelola perusahaan hingga membuatnya jadi sangat kaya di Indonesia, bahkan dunia sekali pun.

2. Hary Tanoesoedibjo

Tidak ada yang tak mengenal Hary Tanoesoedibjo. Pemilik MNC Grup dan juga pendiri Perindo ini dikenal sebagai pengusaha muda yang sangat kaya di Indonesia. Ia banyak sekali sukses pada usaha media. Banyak sekali media yang ia kembangkan dan berakhir dengan kesuksesan.

Hary Tanoesoedibjo [image source]
Hary Tanoesoedibjo [image source]
Hary menamatkan gelar sarjana di Universitas Carleton Kanada. Selanjutnya ia juga menamatkan gelar master di Universitas Ottawa. Bekal dari kuliah inilah yang membuat Hary mampu mengembangkan bisnis dengan sangat baik. Bahkan menurut Forbes kekayaan Hary mencapai 1 miliar dolar.

3. Chairul Tanjung

Jika dibandingkan dengan Anthony Salim dan Eka Tjipta, Chairul Tanjung terbilang masih muda dalam bisnis. Meski demikian, ia mampu mengembangkan usahanya dengan sangat pesat. Bahkan memiliki kekayaan mencapai 4,8 miliar dolar. Sebuah jumlah yang sangat besar. Semua usaha yang ia lakukan dimulai dari bawah hingga masalah jatuh bangun sudah biasa bagi Chairul Tanjung.

Chairil Tanjung [image source]
Chairul Tanjung [image source]
Pada tahun 2014 ia pernah diangkat jadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI. Kemampuannya dalam mengelola perusahaan membuat Susilo Bambang Yudhoyono mempercayakan perekonomian Indonesia padanya. Oh ya, ia memiliki perusahaan besar bernama CT Corp yang membawahi Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resource.

4. Iwan Lukmito

Iwan Lukmito adalah pengusaha yang bergerak di bidang tekstil. Ia menjalankan perusahaan bernama Sritex Grup yang diwariskan H.M. Lukmito padanya. Saat perusahaan yang dikelola oleh Iwan ini banyak sekali memproduksi seragam yang digunakan oleh tentara NATO. Kehebatan ini membuat Sritex grup dijuluki sebagai perusahaan Tekstil Terpadu paling baik di Asia Tenggara.

Iwan Lukmito [image source]
Iwan Lukmito [image source]
Saat ini Iwan berusia 40-an tahun. Namun ia berhasil mengembangkan perusahaan yang dimulai ayahnya pada tahun 1966. Saat ini Iwan masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, bahkan dunia. Kekayaan yang ia miliki mencapai 540 juta dolar.

5. Garibaldi Thohir

Menurut majalah Forbes, pada tahun 2015, kekayaan dari Garibaldi mencapai 605 juta dolar. Ia mendapatkan itu dari perusahaan batu bara yang dinamai Adaro Energy. Selain bergerak dalam bidang tambang batu bara, Garibaldi juga bergerak ke sektor lain seperti telekomunikasi, otomotif, makanan, dan club kesehatan.

Garibaldi [image source]
Garibaldi [image source]
Harga batu bara yang tidak stabil dan membuatnya harus memutar otak untuk membuat usaha lain yang lebih menguntungkan. Garibaldi akan membangun 25 hotel baru dan juga membuka tambang emas yang ada di Pulau Jawa.

Inilah lima pengusaha muda Indonesia yang memiliki kekayaan luar biasa. Bahkan dunia internasional mengakui kehebatan mereka dalam menjalankan sebuah bisnis. Semoga kita semua terinspirasi untuk terus maju dan bisa sukses sama seperti mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA