in

Sejarah Para Pengkhianat yang ‘Menjual’ Negaranya Sendiri

5. Pasangan Rosenbergs

Pasangan Julius dan Ethel Rosenberg adalah warga Amerika yang berkonspirasi untuk melakukan kegiatan mata-mata. Pasangan suami istri ini mengirimkan informasi tentang bom atom ke Uni Soviet. Mata-mata lain yang juga ikut tertangkap adalah saudara laki-laki Ethel, David Greenglass yang memberikan dokumen-dokumen rahasia tersebut pada Julius untuk dikirimkan ke Uni Soviet.

Julius dan Ethel Rosenberg [Image Source]
Julius dan Ethel Rosenberg [Image Source]
David Greenglass bersaksi melawan kakaknya sendiri dan mengatakan bahwa Ethel terlibat dalam lingkaran mata-mata tersebut. Karena kesaksian ini, suami istri Rosenbergs dihukum mati di atas kursi listrik sementara David dipenjara selama 15 tahun. Namun beberapa tahun kemudian, barulah David mengakui bahwa sebenarnya kakaknya tidak terlibat, tapi istrinya sendirilah yang ikut terlibat dalam kegiatan mata-mata tersebut. Ia bersaksi melawan kakaknya untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan istrinya.

Morton Sobell yang juga ditangkap dan diadili bersama pasangan Rosenberg dihukum 17 tahun penjara. Pada tahun 2008. Sobell juga mengaku bahwa ia dan Julius Rosenberg memang mata-mata untuk Uni Soviet, namun Ethel sebenarnya tidak terlibat.

Baca Juga : 10 Kalimat Terakhir yang Diucapkan Terpidana Mati

Menjadi seorang mata-mata atau mengkhianati negara sendiri adalah sebuah kejahatan serius yang bisa mendapatkan hukuman penjara seumur hidup atau bahkan hukuman mati. Terlahir dan memutuskan untuk menjadi warga suatu negara berarti kita juga memiliki tanggung jawab terhadap negara tersebut. Sehingga, kemajuan atau pertahanan suatu negara juga menjadi tanggung jawab kita sebagai warga negara.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

cover

6 Fakta Botox, Racun Paling Berbahaya di Dunia yang Sering Digunakan untuk Kosmetik

Meski Kejam, 5 Diktator Besar Ini Juga Bisa Menginspirasi