5 Penghuni Laut Dalam Dengan Bentuk Paling Menyeramkan

oleh Rizal
15:00 PM on Aug 12, 2015

Loch Ness, Naga, serta deretan makhluk lain yang pernah tertangkap mata manusia, apakah kamu percaya jika mereka eksis? Kalau dipikir secara logika mereka ada! Sebelumnya, mari kita tengok seberapa banyak sih pengetahuan manusia tentang lautan dalam? Hanya beberapa persen saja. Sehingga kemungkinan eksistensi deretan makhluk sejenis ini masih sangat besar.

Meskipun belum benar-benar menemukan Loch Ness dan kawanannya, tapi para peneliti kita telah berhasil menyingkap perlahan tabir lautan dalam. Mereka berhasil mengungkapkan keberadaan hewan laut dalam lain yang bentuknya juga tak kalah unik. Tak hanya unik, kebanyakan mereka bentuknya sangat menyeramkan. Penasaran dengan rupanya? Cari tahu lewat ulasan berikut.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Goblin Shark

Tidak semua makhluk prasejarah musnah. Ada beberapa dari mereka yang masih eksis dan kini bersembunyi dengan aman di lautan dalam. Salah satunya adalah Goblin Shark. Fossil hidup ini pernah ditemukan para ilmuwan dan kabarnya mempunyai panjang hingga 330 kaki.

Goblin Shark [Image Source]
Goblin Shark [Image Source]
Mengusung nama hiu Goblin, tentu bukan tanpa alasan. Makhluk ini mempunyai karakteristik yang benar-benar beda dengan kebanyakan hiu modern. Pertama karena bentuk tonjolan di bagian kepala yang mirip torpedo, serta mulut berisi sederetan gigi panjang runcing yang punya mekanisme menerkam secepat kilat seperti yang ada di film Jaws.

Tak banyak yang bisa menemukan hewan ini di lautan dalam. Meskipun begitu peneliti cukup yakin jika makhluk mengerikan ini adalah salah satu predator terkuat di sana.

2. Hatchet Fish

Ikan ini punya bentuk pipih yang membuatnya bisa bergerak dengan fleksibel. Ikan Hatchet hanya keluar ketika malam untuk mencari makan dengan memanfaatkan mata besarnya serta bioluminescence sebagai penerangannya.

Hatchet Fish [Image Source]
Hatchet Fish [Image Source]
Alasan kenapa ikan ini masuk ke dalam daftar makhluk laut dalam paling mengerikan adalah karena bentuknya yang benar-benar membuat dahi mengernyit. Dengan bentuk tubuh pipih ramping, ia memiliki bola mata super besar yang terlihat timpang jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Belum lagi konstruksi muka bagian depannya yang terlihat mengintimidasi itu.

3. Vampire Squid

Ada Goblin Shark, ternyata ada pula makhluk dalam bernama Vampire Squid. Penggunaan nama-nama ini mengisyaratkan kalau lautan dalam memang dihuni banyak hewan menyeramkan. Vampir Squid, ia lebih dari sekedar cumi-cumi biasa.

Vampire Squid [Image Source]
Vampire Squid [Image Source]
Masing-masing tentakelnya mempunyai bulatan bioluminescence membuat gerakannya menjadi sebuah ilusi yang menipu korbannya. Tak hanya dilengkapi alat pertahanan diri super unik itu, ketika bagian dalam tentakelnya terbuka, terlihatlah deretan gigi tajam memanjang yang siap mencabik korbannya sebelum akhirnya dimakan. Tidak terbayangkan jika makhluk ini ada di lautan atas. Mungkin akan jadi hewan yang paling dihindari para penyelam.

4. Viper Fish

Tidak ada yang lebih menakutkan dari pada digigit Viper Fish ketika menyelam di laut dalam. Bagaimana tidak, gigi ikan ini berukuran panjang. Bahkan melebihi bagian matanya sendiri. Bentuk badannya sendiri memanjang dan pipih, membuatnya jadi pemangsa dengan desain sempurna.

Viper Fish [Image Source]
Viper Fish [Image Source]
Tidak cuma bermodalkan gigi panjang mencuat, Viper Fish juga dibekali semacam perangkap mirip seperti kail di bagian atas tubuhnya. Benda ini juga bisa memproduksi bioluminescence yang kemudian akan membuat mangsanya tertarik. Begitu jaraknya ideal, maka Viper Fish akan menyambar sang korban dengan giginya yang mengerikan itu.

5. Angler Fish

Ketika lahir, Angler Fish punya bentuk pipih yang lucu dan menggemaskan. Tapi, begitu tumbuh dewasa bentuk tubuhnya berubah drastis menjadi sangat menyeramkan. Angler Fish dewasa punya bentuk mulut sangat lebar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Tentunya dengan bagian dalam yang dilengkapi deretan gigi tajam mencuat.

Angler Fish [Image Source]
Angler Fish [Image Source]
Angler Fish memiliki semacam organ berbentuk tungkai di atas kepalanya. Benda tersebut mampu mengeluarkan bioluminescence yang berguna menarik perhatian korban. Angler Fish memang gempal dan lamban, tapi berbekal semua kemampuan yang melekat padanya, hampir jarang sekali ia gagal mendapatkan mangsanya.

Fakta menarik tentang ikan berwajah menyeramkan ini adalah si betinanya yang mampu dibuahi oleh dua jantan sekaligus. Angler Fish betina ini juga punya ukuran yang jauh lebih besar membuatnya jadi teror laut dalam yang sesungguhnya.

Masih sesedikit ini hewan laut dalam yang kita ketahui dan kebetulan juga punya bentuk yang sangat menyeramkan. Tentunya masih sangat banyak hewan menyeramkan lain di dalam sana, termasuk para raksasa yang bersembunyi dengan tenang di sini. Kira-kira hewan apa lagi yang akan kita ketahui nantinya? Siap-siap terkejut dengan apa yang bakal ditemukan para peneliti beberapa tahun lagi.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content