Seperti Inilah Penghasilan Vlog 5 Orang Penting Indonesia, Ternyata Jumlahnya Bikin Ngiler

Penghasilannya vlog milik pak Jokowi ternyata bisa sampai 61 juta loh

oleh Arief Dian
11:00 AM on Jul 13, 2017

Sepertinya tren vlog saat ini sudah menggandrungi masyarakat Indonesia. Mulai dari kalangan biasa hingga artis dan pejabat sudah punya channel youtubenya sendiri. Sampai-sampai presiden Jokowi pun jadi ikut-ikut kecanduan dengan tren yang satu ini.

Di balik menjamurnya tren vlog di berbagai kalangan di Indonesia itu, memang ada bayaran yang besar bagi mereka yang rajin update videonya. Ya seperti diketahui kalau youtube akan membayar pemilik channel saat videonya dikunjungi banyak orang. Jadi kira-kira berapa ya pendapatan vlog orang-orang terkenal seperti pak Jokowi? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Vlog Presiden Jokowi luar biasa

pak jokowi [image source]
Kita tahu kalau presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo adalah mungkin satu-satunya pemimpin negara yang punya vlog pribadi. Hampir setiap ada momen penting, pak Jokowi selalu mengabadikannya dalam channel pribadinya. Karena sering update vlog, kira-kira berapa ya jumlah pendapatannya. Dilansir dari Wet Social Blade, mengestimasi penghasilan dari vlog Jokowi adalah sekitar $290 hingga $4,6 ribu atau setara dengan Rp 3,8 juta hingga Rp 61 juta per tahunnya. Ternyata dari hobi membuat video bisa jadi ladang uang ya.

Anak Pak Jokowi lebih besar penghasilan vlognya ketimbang ayahnya

Kaesang [image source]
Lain lagi dengan anak pak Jokowi, Kaesang justru lebih dulu tenar dibandingkan ayahnya. Bahkan menurut statistik di Social Blade, ternyata Kaesang lebih rajin upload vlog ketimbang pak Jokowi. Jadi bukan hal aneh kalau Kaesang Pangarep masuk dalam kelas yang lebih tinggi dari pak Jokowi dalam grade di youtube. Lalu berapa perkiraan penghasilan channel milik Kaesang? Dilansir dari Sosial Blade, penghasilan youtube milik Kaesang per bulannya adalah $1200 ribu hingga $18,8 ribu, atau setara  sekitar Rp 16 juta hingga 2 miliar. Ternyata ketimbang pak Jokowi sendiri, Kaesang memang jauh lebih populer.

Bu Sri Mulyani dengan akun Kemenkeuri

Sri Mulyani [image source]
Bukan hanya pak Jokowi, tapi menteri  keuangan RI juga dikenal suka melakukan Vlog. Meskipun vlog yang dilakukannya itu tidak diupload secara pribadi, namun juga tidak kalah populer ketimbang yang lain. Siapa sangka channel milik kemenkeuri yang sering diisi oleh Bu Sri Mulayani ini juga memiliki estimasi pendapatan luar biasa pula. Pendapatan kemenkeuri adalah sekitar $112 hingga $ 1800 atau setara dengan Rp 1 juta hingga Rp 240 juta per bulannya. Tidak ada yang menyangka ya kalau penghasilan kemenkeu bisa luar biasa di dunia sosial.

Estimasi penghasilan Kementrian Perhubungan RI juga tidak kalah

Budi Karya [image source]
Tidak mau kalah dengan yang lain, Kementrian perhubungan RI ternyata juga lumayan populer di youtube. Akun yang kebanyakan diisi oleh vlog pak menteri Budi Karya Sumadi itu ternyata jika diestimasi juga banyak menghasilkan banyak pundi-pundi amal karena sering sekali melakukan upload dan banyak suscribernya, akun ini diestimasi bisa menghasilkan $ 10 hingga $ 165 per bulannya. Itu setara dengan Rp 130 ribu hingga Rp 2,2 juta. Lumayan bukan, gimana pendapatan per tahunnya ya, pasti lebih banyak.

Kemenpora penghasilan yang paling sedikit

imam nahrawi {image source]

Meskipun tidak sepopuler dengan yang lain, namun pak Iman Nahrawi juga terkenal sering melakukan vlog. Meskipun bukan milik pribadi, namun akun kemenpora juga mengantungi penghasilan yang lumayan. Dalam satu bulan bila diestimasi, akun tersebut dapat menghasilkan $ 2 sampai dengan $ 34 atau Rp 20 ribu hingga Rp 435 ribu. Memang sih paling sedikit, tapi lumayan bukan kalau dikumpulkan.

Sekali lagi hal itu hanyalah sebuah estimasi, masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Misalnya seberapa sering upload hingga perusahaan yang mencabut iklannya di youtube. Namun yang pasti akun-akun tersebut jelas mendapatkan penghasilan dari aksi nge-vlognya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA