in

Penghasilan Penonton Bayaran di 4 Negara Ini Bikin Netizen Melongo, Ada Yang 1,5 Juta Per Hari!

Pasti kita tidak asing dengan acara musik atau komedi live di berbagai stasiun TV. Di acara-acara tersebut selalu terlihat banyak penonton yang hadir bahkan di hari kerja. Nah, mereka inilah orang-orang yang memang sengaja menonton demi mendapatkan bayaran. Meski kelihatannya sepele, keberadaan penonton bayaran ini sangat penting bagi kemeriahan acara yang sedang berlangsung.

Siapa sangka ternyata menjadi penonton bayaran tak semudah yang dibayangkan. Mereka dituntut berakting dan berekspresi sesuai arahan koordinator. Ada kalanya harus berekspresi menangis, kecewa, bahkan marah-marah. Meski tak mudah, kini banyak orang yang mengincar pekerjaan ini sebab honor yang diberikan cukup fantastis. Bahkan ada yang upahnya mencapai angka Rp 1,5 juta hanya untuk menonton acara selama 4 jam saja. Penasaran honor penonton bayaran di berbagai negara? Berikut ini ulasannya.

China (Rp 600 ribu – 1,5 juta)

Termasuk negara yang memberi upah cukup tinggi untuk penonton bayaran, China mematok upah 300 hingga 800 yen (Rp 600 ribu hingga Rp 1,5 juta). Upah ini belum termasuk bonus 30% dari upah awal jika seseorang berhasil mengajak orang lain untuk menjadi penonton bayaran juga. Upah ini diberikan untuk sehari yang menuntut penonton bayaran ini bekerja selama empat hingga delapan jam saja.

Penonton bayaran China [image: source]
Meski begitu, tidak semua orang bisa melakoni pekerjaan ini, sebab ternyata ada kriteria tertentu yang wajib dipenuhi. Di antaranya harus memiliki tinggi badan minimal 155 cm, siap menangis, tertawa, dan ekspresi lainnya sesuai petunjuk tim kreatif. Selain itu, para penonton bayaran di China tidak diperbolehkan tidur maupun bermain handphone saat acara berlangsung.

Amerika Serikat (Rp 600 ribu – 950 ribu)

Tak jauh berbeda dengan China, negara-negara bagian Amerika Serikat seperti New York dan California juga memberikan upah tinggi pada penonton bayaran. Kisaran upah yang diberikan antara $50 hingga $70 (Rp 660 ribu –Rp 930 ribu) sesuai lamanya acara dan ekspresi yang harus ditampilkan.

Penonton bayaran di Amerika [image: source]
Jika acara TV hanya memerlukan penonton untuk duduk tentu bayarannya akan lebih rendah dibanding saat meminta penonton menangis, atau meneriakkan yel-yel. Tidak hanya uang, stasiun TV juga menyediakan pizza dan kopi bagi penonton bayaran. Tempat di AS paling sering membutuhkan lautan penonton bayaran adalah New York dan Los Angeles.

Qatar (Sekitar Rp 105.000)

Tak hanya acara musik atau komedi yang membutuhkan kehadiran penonton bayaran. Seperti yang terjadi di Qatar, beberapa buruh dibayar untuk menonton pertandingan sepak bola liga domestik. Ini jadi pekerjaan impian bagi mereka yang suka bola dan ingin menonton gratis.

ilustrasi penonton bayaran di Qatar [image: source]
Dilansir surat kabar the Guardian, para penonton dibayar 30 riyal atau Rp 105 ribu untuk menyaksikan pertandingan di stadion yang biasanya sepi penonton tersebut. Selain duduk menikmati pertandingan, sebagian penonton bayaran bertugas meniupkan terompet dan membunyikan yel-yel.

Indonesia (Rp 50 ribu hingga 100 ribu)

Fenomena penonton bayaran memang sudah ada dari dulu, namun di Indonesia keberadaan jasa ini makin marak saja. Apalagi saat ini di sebuah stasiun televisi saja ada beberapa acara musik, talkshow, dan komedi yang berlangsung di hari yang sama.

Penonton bayaran di Indonesia [image: source]
Jika satu acara diupah Rp 50 ribu hingga 100 ribu, maka dalam sehari mereka bisa meraup Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu per harinya saat menghadiri 3 acara. Namun perlu diketahui, upah penonton bayaran di Indonesia berbeda antara orang satu dengan lainnya. Konon semakin alay dan semakin mau dibully, bayaran yang diberikan semakin mahal.

Jika dibandingkan pegawai biasa, gaji seorang penonton bayaran memang terlihat menggiurkan. Tapi ya itu, harus bisa menangis, tertawa, bertingkah alay, joget-joget nggak jelas, dan ekspresi ganjil lainnya. Bagaimana, kamu berniat mencoba?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Bukan Hanya Penculikan Wewe Gombel yang Lagi Viral, Kejadian Aneh Ini Juga Tidak Bisa Dijelaskan Logika

Hanya dengan Jualan Mie Instan Ala Indonesia, Pria di Nigeria Ini Bisa Dapat Untung Rp 1 Juta Per Hari