Menghitung Pengeluaran Raja Salman Berada di Indonesia, Totalnya Sungguh Fantastis!

Pengeluarannya bikin pengen koprol sambil teriak wow

oleh Nikmatus Solikha
19:00 PM on Mar 13, 2017

Tak hanya soal sejarah, dari sisi ekonomi, kunjungan Raja Salman ke Indonesia adalah berita yang sangat menggembirakan. Seperti lawatan-lawatan petinggi Arab sebelumnya, mereka selalu jor-joran soal biaya. Apalagi kemarin Raja Salman membawa 1.500 orang sekaligus yang kalau dilihat dari kacamata keuntungan, adalah pundi-pundi besar.

Berbicara soal harga, kira-kira berapa banyak sih yang digelontorkan Raja Salman mulai dari awal sampai pulang kemarin? Jumlahnya sangat banyak tentu saja. Apalagi beberapa hari sang raja berwisata di Bali dengan dijamu fasilitas nomor satu. Masih tentang biaya, kira-kira inilah yang dibayarkan oleh para rombongan Arab ketika berkunjung ke Indonesia. Awas jantungan ketika tahu angkanya!

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Di Jakarta, Raja Salman memesan 3 hotel mewah untuk semua rombongan

Ketua Umum Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar menjelaskan bahwa selama di Jakarta, Raja Salman memesan tiga hotel mewah di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan yang khusus untuk menampung rombongan dari Arab.

Hotel mewah tempat rombongan menginap [image source]
Jumlah kamarnya sekitar 800 lebih. Diperkirakan hotel tersebut memiliki tarif 20 juta per malam. Jika yang disewa adalah 800 kamar tinggal dikalikan saja. Kemudian hasilnya dikalikan lagi dengan tiga hari menginap, setidaknya ada Rp. 48 miliar uang yang masuk ke hotel tersebut hanya untuk sewa kamar. Harga fantastis tersebut belum termasuk ketika mereka menggunakan fasilitas hotel lain.

Transportasi rombongan Raja Arab juga fantastis

Menurut Aswani, biaya untuk transportasi Raja Salman juga tak main-main. Sebab selama para delegasi Raja Arab berada di Indonesia, semuanya menggunakan mobil mewah. Diperkirakan Mercedes-Benz adalah kendaraan yang dipilih Raja selama berkunjung.

deretan mobil super mewah untuk mengangkut rombongan raja arab [image source]
Katakanlah sebuah mobil disewa dengan harga 20 juta perhari, tinggal dikalikan 400 mobil. Setidaknya, akan ada Rp. 8 miliar yang dihabiskan perharinya hanya untuk menyewa mobil. Hal itu belum termasuk driver, SPBU dan sebagainya. Yang jelas, kedatangan Raja Salman ke Indonesia bikin banyak masyarakat kecipratan.

Konsumsi dari restoran hotel bintang 5 yang harganya ampun-ampunan

Setelah biaya kamar dan transportasi, kita merangkak pada konsumsi rombongan selama berkunjung. Coba hitung selama rombongan Raja berada di Jakarta saja. Diperkirakan untuk sekali makan, per pax dihargai sekitar Rp. 250 ribu.

ilustrasi para koki yang menyiapkan hidangan untuk raja Salman dan rombongan [image source]
Jika harga tersebut dikalikan dengan 1.500 orang, setidaknya selama tiga hari mereka mengeluarkan lebih dari Rp. 2 miliar. Dari kedatangan Raja Arab tersebut, pemasukan maksimal memang dirasakan oleh pengelola hotel. Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengaku sangat bersyukur dan senang atas kedatangan Raja. Ia berharap Raja Arab menikmati waktunya selama di Indonesia.

Liburan di Bali diperpanjang, pengeluaran juga lebih panjang

Rencana awal, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berada di Indonesia hingga tanggal 9 Maret. Namun, setelah melihat keindahan Bali, Raja pun memutuskan untuk berlibur hingga tanggal 12 Maret. Jika dihitung, 150 miliar sudah dihabiskan rombongan Raja selama di Bali mulai tanggal 4-9 Maret 2017.

Hotel tempat menginap Raja Arab [image source]
Perpanjangan masa liburan tersebut diperkirakan menghabiskan uang Rp.25 miliar perharinya. Jadilah 150 miliar tersebut ditambah dengan pengeluaran liburan tambahan senilai Rp. 75 miliar, setidaknya rombongan menghabiskan Rp. 225 miliar selama liburan di Bali.

Oleh-oleh yang dibawa pulang juga berton-ton

Mengakhiri liburan, rombongan dari Arab juga tidak mau ketinggalan belanja oleh-oleh khas Indonesia. Menurut karyawan Discovery Shopping Mal, Kuta, Bali, orang-orang dari negeri minyak tersebut juga memadati pusat perbelanjaan dari siang hingga malam. Setelahnya, sekitar 16 mobil boks dikerahkan hanya untuk mengangkut barang bawaan milik rombongan kerajaan Arab menuju Bandara Ngurah Rai, Bali.

Oleh-oleh rombongan Raja Salman hingga berton-ton [image source]
Saat mengangkut barang tersebut, mobil-mobil box juga mendapat pengawalan ketat dari Polda Bali. Total barang yang diangkut sekitar 16 ton. Untuk belanjaan oleh-oleh yang berjibun tersebut, tidak jelas berapa dana yang dikeluarkan. Yang pasti, nilainya juga ber-miliar-miliar.

Pengeluaran rombongan Raja Salman di Indonesia memang luar biasa. Kedatangan tersebut juga membuktikan kemakmuran negeri minyak nggak perlu lagi diragukan. Bukan cuma rombongan yang senang berlibur ke Indonesia, masyarakat Jakarta dan Bali juga merasakan berkahnya saat menyambut Raja yang nggak segan-segan merogoh koceknya tersebut. Yang jelas, masyarakat menantikan kedatangan pemimpin Arab Saudi suatu saat nanti.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA