5 Pengaruh Besar Indonesia yang Mampu Mengubah Dunia!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Aug 16, 2015

Indonesia memang tak sehebat dan semaju Amerika atau pun Jepang. Namun pengaruh Indonesia termasuk besar di dunia internasional, terutama di masa lalu. Indonesia adalah negara yang selalu mempelopori sebuah gerakan melawan penindasan. Tak hanya di kawasan Asia Tenggara saja. Pengaruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Di ulang tahun Indonesia yang ke-70 ini marilah sejenak kita mengingat kembali. Bahwa kehebatan dan pengaruh yang dilakukan Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Apa sajakah pengaruh itu? Monggo kita simak bersama-sama sambil diresapi!

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Pelopor Konferensi Asia Afrika

Indonesia adalah salah satu pelopor Konferensi Asia Afrika (KAA). Bahkan ketua konferensinya adalah orang Indonesia bernama Ali Sastroamidjoyo. Konferensi yang diikuti oleh 29 negara di kawasan Asia dan Afrika ini dilaksanakan pertama kali di Bandung pada tahun 1955. Konferensi Asia Afrika bisa tercipta berkat buah pikir Soekarno dan beberapa rekannya yang berasal dari India, Pakistan, Srilanka, dan Burma (Myanmar).

Konferensi Asia Afrika [image source]
Konferensi Asia Afrika [image source]
Konferensi ini bertujuan untuk menjalin kerja sama bidang ekonomi dan budaya. Selain itu hal penting lain yang dibahas adalah kolonialisme. Kawasan Asia dan Afrika harus bebas dari praktik kolonialisme yang kerap dilakukan bangsa dari Eropa. Masalah hak asasi manusia juga menjadi isu penting karena saat perang hak itu seakan hilang dari setiap warga negara. Indonesia memiliki peran besar dalam konferensi ini. Dampaknya, banyak negara kawasan Asia dan Afrika mulai berbenah untuk membangun negaranya sesuai hasil konferensi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA