5 Pengamen Tanpa Nama ini Suaranya Lebih Dahsyat dari Musisi Abal-Abal Indonesia

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 7, 2016

Suaranya sumbang, perform pas-pasan, gitar fals, adalah olokan-olokan yang sering dialamatkan masyarakat kepada para pengamen. Ya, memang itulah anggapan yang sering diidentikkan, walaupun sebenarnya tidak semua pengamen seperti itu. Di antara mereka ada yang benar-benar oke, menyanyi dengan sepenuh hati dibarengi kualitas bak penyanyi pro.

Ya, bak intan di tengah-tengah lumpur, ada para pengamen yang kualitasnya mumpuni. Tak hanya modal suara enak, mereka juga sangat handal bermain gitar. Bahkan kalau head-to-head dengan para musisi di Indonesia, kualitas mereka tak kalah adu. Bahkan bisa lebih unggul lantaran suara mereka masih asli tanpa ada mixing studio dan lain sebagainya.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Nah, berikut adalah deretan pengamen-pengamen yang pernah bikin heboh netizen. Soal suara, sudah tak perlu diragukan lagi.

1. Bapak-Bapak yang Suaranya Cetar Seperti Ebiet G. AD

Sebuah video unik tentang pasangan pengamen pernah jadi tren di Youtube sekitar tahun 2012 lalu. Pasangan pengamen paruh baya ini nampak necis dengan sepatu serta jaket hitamnya. Sekilas, si pengamen akan seperti yang lainnya, biasa dan tak spesial, tapi nyatanya si bapak tersebut bernyanyi dengan sangat-sangat merdu.

https://www.youtube.com/watch?v=dFQBOpTiDBY

Video yang sudah ditonton lebih dari sejuta orang ini ditanggapi macam-macam oleh netzien. Rata-rata memuji penampilannya yang seolah bikin Ebiet G. AD merasa tersaingi. Ada juga yang mengomentari si wanita yang setia mendampingi suaminya dalam keadaan seperti itu. Terlepas dari komentar yang ada, suara si bapak memang sangar!

2. Pasangan Duet Ayah dan Anak yang Sangar

Mei 2015, sebuah akun Youtube mengunggah sebuah video unik tentang pasangan pengamen ayah dan anak. Sekilas tak ada yang spesial. Namun, ketika mereka mulai memainkan gitar dan tarik suara, maka seketika merinding bulu kuduk karena suara dan alunan gitar mereka begitu sayang untuk tidak didengarkan.

Diketahui, pasangan pengamen ini sering wara-wiri di daerah Dagen, Malioboro. Semenjak videonya ditonton lebih dari 500 ribu orang, pasangan ayah anak ini konon kebanjiran peminat. Tak heran jika sampai seperti itu karena penampilan mereka memang sangat enak ditonton dan didengar, meskipun dengan label sebagai pengamen jalanan.

3. Pengamen Bukittinggi yang Suaranya Sangat Layak Masuk Dapur Rekaman

Sebuah video tentang pengamen sangar juga pernah diunggah beberapa tahun lalu. Dari deskripsinya, si pengamen berasal dari Bukittinggi. Seperti biasa, awalnya tidak terlalu meyakinkan. Namun, seiring alunan gitar yang konstan dan suara digulirkan, maka tercipta sebuah penampilan apik yang bikin siapa pun merinding.

Video tersebut sudah diunggah sebanyak 1,4 juta. Dari komentarnya, rata-rata jelas memuji pengamen satu ini. Bahkan banyak juga yang mengatakan jika si penyanyi itu layak untuk masuk dapur rekaman. Dari penampilannya tak dipungkiri memang sangat-sangat layak.

4. Pengamen Disabilitas yang Multi Talenta

Sebuah video tentang seorang pengamen pernah diunggah dan ditonton hampir 2,2 juta viewer. Tak ada deskripsi dari mana dan siapa si pengamen ini. Namun, satu hal, soal penampilan, si pengamen ini benar-benar juara.

Sekilas, nampak kalau si pengamen mengalami semacam kekurangan di bagian matanya. Namun, hal tersebut seolah tak menghalanginya untuk melantunkan lagu yang entah bikinan siapa tapi enak luar biasa. Dan lagi, coba perhatikan petikan gitarnya, si pengamen itu memainkannya dengan cara terbalik tapi hasilnya kece luar biasa. Salut!

5. Pengamen Asal Malang yang Suaranya Bikin Merinding

Di Malang juga pernah ada desas desus soal pengamen bersuara emas. Seperti julukannya, pengamen satu ini memang punya suara yang luar biasa. Percaya atau tidak, kualitasnya mungkin seperti penyanyi pro. Sangat hebat seolah si pengamen ini hanya tinggal menunggu ditemukan seorang produser musik lalu diorbitkan dan sukses.

https://www.youtube.com/watch?v=a1sgsqICzO0

Video di atas sudah dilihat hampir oleh sejuta viewer. Dari banyak komentar yang ada, mayoritas memuji suara sang pengamen. Banyak juga yang mengatakan jika suara anti sumbang seperti ini sangat layak untuk masuk dapur rekaman.

Pengamen hanya label, soal skill dan kualitas takkan dibatasi oleh apa pun. Para pengamen ini sendiri jadi bukti jika talenta di Indonesia itu sangat banyak. Indonesia memang edan, tak hanya kaya akan budaya dan alam, tapi juga talenta-talenta seperti ini. Salut, mudah-mudahan bisa mendapatkan karir bernyanyi yang lebih oke!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA