in

10 Penemuan Umat Islam Yang Berjasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Umat Islam sering dianggap sebagai umat terbelakang yang tidak memiliki kontribusi besar dalam peradaban modern. Padahal, majunya peradaban modern sekarang ini sedikit banyak terinspirasi oleh penemuan-penemuan kaum muslim di waktu lampau.

Seperti yang diungkapkan oleh Robert Briffault pada bukunya “The Making of Humanity”, bahwa “inti dari sains yang dipahami oleh akal manusia modern, seluruhnya berasal dari peradaban Islam”. Berikut ini adalah daftar penemuan-penemuan ‘sederhana’ yang dilakukan oleh umat Islam yang masih berguna bahkan terpakai hingga sekarang:

Baca Juga 4 Prediksi Mengenai Islam di Masa Depan

1. Kamera

Ilmuwan terbesar dunia di abad pertengahan adalah seorang muslim bernama Ibnu Al-Haytam. Beliau menggunakan dasar optik yang ditemukan di China untuk menjelaskan secara detail dan benar tentang bagaimana penglihatan bekerja.

penemu-kamera-Ibnu-Al-Haytam
penemu kamera Ibnu Al Haytam

Ia juga menciptakan Camera Obsecura (Pinhole Camera). Dari dasar pemikiran inilah, manusia kemudian menciptakan teropong dan kamera modern. Bahkan kata Camera sendiri berasal dari bahasa arab ‘Qamara’ yang berarti ‘kamar gelap’. Buat yang suka Selfie rasanya harus berterima kasih kepada beliau.

Selanjutnya :2. Kopi

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

header

Pratiwi Sudarmono, Astronot Wanita Indonesia yang Terlupakan

Header

5 Fakta Minuman Sehat yang Sebenarnya Tidak Sehat