7 Penemuan Korea Selatan Ini Berjasa Bagi Dunia, Tapi Banyak yang Tidak Menyadarinya

oleh Ayu
07:00 AM on Aug 23, 2015

Selama ini kita mengenal Korea Selatan sebagai surganya Kpop atau operasi plastik. Padahal, negeri ginseng tersebut sudah banyak berjasa untuk dunia, jauh sebelum itu.

Di negerinya boyband Super Junior dan Song Hye Kyo ini, ternyata banyak ditemukan benda-benda atau produk yang sering kita gunakan sehari hari. Bahkan mereka baru-baru ini menemukan gadget yang berguna bagi pengguna smartphone masa kini. Yuk tengok penemuan Korea Selatan yang ternyata dekat sekali dengan kehidupan kita.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Warnet (Warung Internet/Internet Cafe)

Kamu gamers yang doyan ke internet? Sehingga bisa ketemu sesama gamers lain, atau bahkan ketemu jodoh lewat warnet? Korea Selatan memang salah satu pelopor game besar di dunia. Salah satu penemuan yang mereka lakukan untuk mengembangkan games itu adalah dengan membangun internet cafe atau warnet.

iternet cafe
Internet cafe pertama kali ada di Korea Selatan [Image Source]
Di Korea Selatan, ada sekitar 20.000 titik internet cafe yang memanjakan para gamers atau pengguna internet biasa. Seperti namanya, tentu lengkap dengan fasilitas cafe kebanyakan. Sekarang, konsep internet cafe ini banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

2. Coffee Mix

Kopi dulunya adalah komoditi mahal dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Sekarang, kopi bisa dinikmati siapa saja dan kapan saja. Tapi, kalian pasti nggak menyangka bahwa coffee mix yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk sachet, itu merupakan buah pikiran anak bangsa Korea Selatan.

Coffee mix, ide menggagas kopi mahal jadi terjangkau [Image Source]
Coffee mix, ide menggagas kopi mahal jadi terjangkau [Image Source]
Coffee mix ditemukan tahun 1976 oleh Dongseo Food. Dikemas dalam sachet satu kali takar yang bentuknya panjang. Dengan metode ini, kopi bisa dijual dengan harga murah meriah.

3. Teknologi Metal Print

Teknik mencetak dengan metal print yang sekarang banyak digunakan untuk media cetak, foto dan sebagainya, sebenarnya sudah ada sejak jaman kerajaan di Korea Selatan. Wuih, canggih!

Buku kuno yang dicetak denga teknik metal print [Image Source]
Buku kuno yang dicetak denga teknik metal print [Image Source]
Tapi karena jaman tersebut belum ada kamera, teknologi metal print lebih banyak digunakan untuk tulisan di buku-buku kuno. Buku yang dicetak dengan metode ini bernama Jikji, pada tahun 1445. Sekarang buku itu disimpan di Perpustakan Nasional Prancis dan disebut sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2001.

4. Alat Pengukur Hujan

Ada satu lagi penemuan canggih Korea Selatan yang sudah ada sejak abad ke 15, yakni alat pengukur hujan/curah hujan. Penemuan ini sekarang banyak digunakan untuk ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia.

pengukur hujan
Alat Pengukur Hujan [Image Source]
Alat pengukur hujan pertama namanya Cheugugi, ditemukan tahun 1441. Penemunya adalah Jang Youngsil pada masa kekaisaran Raja Sejong. Atas penemuan-penemuan hebat ini, Jang disebut sebagai ‘Edison of Korea’.

5. Balon Tongkat Suporter

Tongkat balon yang sering kita pakai untuk mendukung idola kesayangan, nonton pertandingan olahraga dan sejenisnya itu, adalah ide dari Korea Selatan. Balon ini pertama kali dibuat tahun 1994.

tongkat balon suporter
Tongkat Balon Suporter, banyak digunakan untuk konser atau pertandingan [Image Source]
Kehebatan tongkat balon ini adalah mampu menghasilkan bunyi meriah dan gemuruh yang 10 kali lebih keras dari tepukan tangan biasa. Sekarang tongkat balon ini banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Paling sering untuk nonton konser, pertandingan bulu tangkis, sepak bola dan sebagainya.

6. MP3

MP3 player pocket yang imut-imut itu, pertama kali dibuat di Korea Selatan tahun 1997. Pihak yang pertama kali memproduksi adalah Digital Cast & Saehan.

MP3 player berjaya dan berjasa, sebelum ada smartphone [Image Source]
MP3 player berjaya dan berjasa, sebelum ada smartphone [Image Source]
MP3 ini mampu menyimpan lagu kesukaan kita, hingga merekam suara. Karena jaman itu belum ada smartphone seperti sekarang, MP3 ini laris di mana-mana. Menggantikan walkman atau discman yang terlalu besar untuk di kantong.

7. Susu Kotak

Susu kotak pertama di dunia memang dibuat di Amerika Serikat. Tapi ada beberapa jenis kotak susu di dunia ini, salah satunya berjenis ‘Gable Top’, yang bagian atasnya seperti atap genteng rumah.

Susu kotak bentuk genteng rumah ini buatan orang Korea Selatan [Image Source]
Susu kotak bentuk genteng rumah ini buatan orang Korea Selatan [Image Source]
Nah, desain karton susu Gable Top ini dibuat oleh penemu Korea bernama Dr. Shin pada tahun 1953.

Bonus: Payung untuk Pengguna Smartphone

Ini adalah teknologi baru Korea Selatan sebagai salah satu raksasa digital dunia. Payung untuk pengguna smartphone bisa melindungi kita saat hujan, dan Korea Selatan menyebutnya Phonebrella.

payung phonebrella
Phonebrella, tidak repot pegang payung sambil pegang smartphone [Image Source]
Karena manusia hanya punya dua tangan, jadi saat pakai smartphone pasti kerepotan kan? Nah, Phonebrella ini tinggal dipakai di lengan begitu saja. Tidak jatuh dan tangan kita bisa tetap multi tasking dengan smartphone atau bahkan membawa barang lainnya.

Nah, ternyata sekarang kita tahu kalau isinya Korea Selatan bukan hanya kimchi, Kpop atau operasi plastik. Negara maju ini ternyata menyumbangkan banyak penemuan yang bermanfaat bagi manusia di dunia.

Belakangan ini penemuan ala generasi muda Indonesia juga sudah mulai diakui hingga ke luar negeri. Yang lain, jangan kalah ya? Tetap semangat berkarya, membuat sesuatu yang bermanfaat untuk hidup banyak orang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA