Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

oleh Tetalogi
11:15 AM on Oct 21, 2015

Selama ini masih banyak orang Indonesia yang masih menganggap kita sendiri kurang mampu menghasilkan karya yang mendunia. Apalagi di bidang ilmiah atau teknologi, padahal kenyataannya, banyak para penemu asli Indonesia yang mampu menemukan hal-hal yang menakjubkan. Hanya saja, nama mereka justru kurang dikenal di negeri kita sendiri.

Baca Juga : 10 Anak Hebat yang Berjasa Membuat Penemuan Jenius Bagi Dunia

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Hasil temuan orang-orang asli Indonesia akhirnya justru lebih dihargai di negara lain karena Indonesia belum memiliki sarana dan prasarana atau kebijakan yang mampu mendukung para penemu ini. Berikut ini beberapa orang diantaranya.

1. Ir. R. Mulyoto Pangestu

Ir. R. Mulyoto Pangestu, Dip. Agr. Sc adalah seorang dosen Fisiologi Reproduksi dan Inseminasi Buatan di Fakultas Peternakan UNSOED, Purwokerto. Tidak hanya bekerja sebagai dosen saja, ia juga berhasil menemukan metode pengeringan dan penyimpanan sperma hewan. Penemuan ini penting karena bisa membantu para ilmuwan dan dokter di negara berkembang yang memiliki biaya minim untuk mengadakan peralatan pendingin.

Ir. R. Mulyoto Pangestu [Image Source]
Ir. R. Mulyoto Pangestu [Image Source]
Hasil temuan Mulyoto ini berhasil mengalahkan ratusan pesaingnya dari berbagai negara di Asia Pasifik. Bahan yang ia pakai juga sangat murah dengan harga sekitar 2.500 rupiah saja. Hanya menggunakan 2 lapis tabung plastik mini yang disegel dengan panas kemudian dibungkus lagi dengan alumunium foil. Sperma yang sudah dikeringkan ini dapat disimpan dalam suhu ruangan dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

Hasil temuan ini membuat Mulyoto meraih penghargaan tertinggi (Gold Award) dalam kompetisi Young Inventors Awards. Temuan Mulyoto ini dipatenkan di Australia dan nantinya akan menjadi milik Universitas Monash. Meski begitu namanya tetap tercatat sebagai inventor atau penciptanya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA