in

Fenomena Mount Baldy, Gurun Aneh yang Bisa Menghisap Manusia

Gurun pasir memang salah satu destinasi wisata yang sangat manarik untuk dikunjungi. Beberapa negara di dunia yang memiliki gurun, biasanya akan memanfaatkan lokasi tersebut untuk memancing wisatawan asing untuk datang. Namun bagaimana jika sebuah gurun tidak memancing wisatawan datang, melainkan menghisapnya? Iya, bukan berarti kiasan, namun benar-benar menghisap manusia!

Gurun tersebut adalah Mount Baldy terletak di Indiana Dunes National Lakeshore, Amerika Serikat. Namun, saat ini gurun tersebut tak lagi beroperasi sebagai destinasi wisata. Pemerintah setempat memutuskan untuk menutupnya pada musim panas tahun ini. Kenapa demikian? Tentu karena masih dianggap membahayakan. Seperti apa sebenarnya gurun pasir Mount Baldy tersebut? Berikut ini adalah sedikit kupasannya.

Kasus Mount Baldy yang menghisap manusia

Pada tahun 2013, gurun pasir Mount Baldy amblas dan menghisap seorang anak laki-laki berusia 6 tahun bernama Nathan Woessner. Bocah kecil malang tersebut terperangkap dalam lubang sedalam 3,5 meter. Akibatnya, ia harus menunggu beberapa jam untuk proses evakuasi.

lubang gurun misterius [image source]
Beruntung nyawanya masih bisa diselamatkan, meski harus menjalani perawatan di rumah sakit. Sejak saat itu, ahli geologi pun langsung mempelajari bukit pasir tersebut untuk menemukan apa penyebab terbentuknya lubang di lokasi wisata Mount Baldy.

Penemuan rumah yang terkubur

Para investigasi menemukan sebuah rumah yang terkubur di wilayah Mount Baldy. Wilayah tersebut masuk dalam taman nasional pada awal 1970-an. Para ilmuwan memperkirakan bahwa rumah-rumah yang terkubur tersebut memiliki lumbung dan gudang.

proses penelitian mount baldy [image source]
Hingga saat ini, telah ditemukan setidaknya enam lubang dan kemungkinan masih banyak lubang yang lainnya. Menurut media setempat, tempat wisata itu tidak akan dibuka sebelum para ahli menemukan penyebabnya.

Penelitian mendalam

Todd Thompson, seorang asisten riset Indiana Geologikal Survei pun melakukan penelitian dengan CT Scan. CT Scan memang biasa digunakan untuk melihat jaringan tulang atau menemukan tumor. Namun kali ini, Todd juga memanfaatkannya untuk melakukan penelitian. Setelah melihat sesuatu dalam gurun pasir tersebut, barulah dilakukan biopsi.

penelitian mendalam [image source]
Biopsi tersebut dilakukan di beberapa gundukan tanah, setelahnya, tabung plastik berongga akan dimasukkan ke dalam lubang bukit pasir tersebut. Para peneliti yakin dengan cara itu bisa untuk mengetahui apa saja yang terkubur di dalamnya.

Gurun yang terus bergerak

Ada banyak faktor yang membuat Mount Baldy terus menerus bergerak dengan cepat. Pergerakan tersebut terjadi di bagian barat daya Mount Baldy. Bukit pasir itu bergerak setidaknya 120 meter dalam 70 tahun terakhir. Penurut peneliti, adanya sedimen di sekitar pantai selatan Danau Michigan itulah yang menjadi salah satu faktor pergeseran bukit.

gundukan pasir mount baldy [image source]
Sedimen itu yang membuat gundukan terus mengeras dan angin pun membawa pasir halus terbang ke tempat lain. Pasir terbawa angin juga air membentuk bukit pasir baru dianggap proses yang alami. Pembangunan pelabuhan dekat Michigan, Indianya yang telah membuat sedimen terhenti dan bertahan di Mount Baldy. Pembangunan tersebut yang membuat pasir berkurang.

Keberadaan Lubang-lubang yang Sulit Dipercaya

Keindahan Mount Baldy sejatinya sudah dinikmati sejak beberapa dekade lalu. Selain menikmati pemandangan, mereka juga bisa bermain hiking, berseluncur bahkan piknik di atas gurun pasir. Aktivitas tersebut membuat vegetasi alami hilang.

penelitian pada lubang yang tak masuk akal [image source]
Konon, Mount Baldy merupakan satu-satunya bukit pasir yang memiliki lubang secara tiba-tiba. Menurut peneliti dari Indiana University Northwest, gundukan pasir menghilang dengan cepat, dan peristiwa tersebut sangat sulit dipercaya. Intestigasi lubang tersebut setidaknya memakan biasa 90.000 dollar AS. Peneliti berharap prosesnya akan selesai musim panas mendatang.

Dunia ini memang dipenuhi misteri. Mount Baldy mungkin hanya satu di antara banyaknya tanda yang belum terpecahkan, bahkan oleh para peneliti sekalipun. Beberapa tanda ini menjadi pengingat bagi manusia bahwa ada kekuatan lain di luar jangkauan kita dan segalanya telah diatur sedemikian rupa oleh Yang Maha Kuasa supaya kita mencari tahu.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Skandal Pembunuhan Kim Jong-Nam

Sedikit Menelisik Skandal Pembunuhan Kim Jong-Nam dan Dugaan Keterlibatan Warga Negara asal Indonesia

9 Potret Bukti Perjuangan Para Petugas Mendistribusikan Kotak Suara Demi Pilkada 2017