5 Sosok Sangar ini Ternyata Punya Latar Belakang Pendidikan yang Ecek-Ecek

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 27, 2016

Salah satu alasan pentingnya pendidikan adalah agar nanti kita punya modal untuk mendapatkan hidup yang baik. Pasalnya, makin tinggi pendidikan, biasanya jadi jaminan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Dan sebaliknya, makin rendah tingkat pendidikan, makin suram juga masa depan. Lazimnya memang seperti itu, namun ada beberapa kasus khusus yang jadi bukti bahwa pendidikan kadang tak ada hubungannya dengan kesuksesan luar biasa.

Ya, ada banyak tokoh-tokoh penting dan sangar dunia yang ternyata hanya memiliki bekal pendidikan yang rendah. Bahkan ada juga yang tidak benar-benar pernah menempuh pendidikan formal. Misalnya saja Horace Greely, pria penting bagi sejarah pers Amerika ini nyatanya tidak tercatat pernah menempuh pendidikan resmi. Tapi, apa yang dilakukannya benar-benar sangat gila. Horace adalah orang penting di dunia jurnalistik AS. Bahkan ia juga sempat jadi seorang anggota dewan.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Tak hanya Horace, berikut adalah orang-orang yang pendidikannya ecek-ecek bahkan lebih buruk lagi, tapi bisa meraup kesuksesan luar biasa.

1. John D. Rockefeller, Miliuner yang SMA Tak Lulus

Pendidikan SMA tentu saja hal yang penting. Pasalnya, ini adalah modal resmi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Atau setidaknya ijazahnya cukup dipertimbangkan di dunia kerja. Seharusnya seperti itu, namun pria bernama John D. Rockefeller ini menganggap SMA sama sekali bukan hal yang penting.

John D. Rockefeller [Image Source]
John D. Rockefeller [Image Source]
Tak sampai lulus, pria satu ini memutuskan untuk drop out, kemudian memilih untuk bekerja. Awalnya memang susah, namun akhirnya apa yang dipilihnya itu berbuah manis. Rockefeller sukses berat dan jadi miliuner berkat bisnis minyaknya. Bahkan tak hanya itu, orang ini dulu sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia. Ketika mati di tahun 1937, Rockefeller telah sukses mengumpulkan sekitar $ 1 miliar. Jumlah yang gila di masa itu.

2. Henry Ford, Bapak Otomotif AS yang Pendidikannya Cetek

Henry Ford memerankan peran penting dalam menggeliatnya dunia otomotif di Amerika. Bagaimana tidak, pria ini berjasa besar dalam upaya merevolusi kendaraan bermotor di AS dengan menciptakan banyak teknologi otomotif keren dan canggih. Pencapaiannya sangat gila, walaupun soal pendidikan, Ford tidak pernah tercatat pernah bersekolah tinggi.

Henry Ford [Image Source]
Henry Ford [Image Source]
Ya, pria satu ini awalnya hanyalah anak petani biasa yang hanya mampu sekolah dasar dan menengah saja. Ia bahkan sudah dipaksa duluan untuk menjadi seorang petani oleh sang ayah. Namun, Ford menolaknya dengan pergi merantau dan bekerja menjadi asisten masinis. Dari sini mimpi-mimpinya terwujud hingga akhirnya menciptakan banyak hal hebat dan membuatnya jadi seorang miliuner.

3. William Shakespeare, Karyanya Mendunia Tapi Tak Pernah Sekolah

Para penggelut sastra pasti tahu siapa William Shakespeare. Ya, pria ini bisa dibilang merupakan salah satu seniman tulis paling gila. Karya-karyanya sudah dipentaskan ribuan kali, mulai dari master piece-nya yang berjudul Romeo and Juliet, sampai Macbeth. Tidak banyak yang tahu tentang kehidupan awal seorang Shakespeare, yang jelas soal pendidikan pria ini tidak tercatat pernah bersekolah di mana pun.

William Shakespeare [Image Source]
William Shakespeare [Image Source]
Ya, William Shakespeare si maestro naskah ini ternyata tidak pernah bersekolah. Meskipun begitu karyanya benar-benar fenomenal bahkan sampai hari ini. Sebenarnya ada riwayat yang mengatakan jika Shakespeare mendatangi sekolah raja, namun hanya beberapa saat saja kemudian ia melanjutkan lagi menulis karya-karyanya. Edan, tak sekolah tapi bisa bikin karya hebat!

4. Abraham Lincoln, Satu-Satunya Presiden AS yang Pendidikannya Rendah

Pendidikan tinggi hingga doktoral mungkin bukan syarat utama untuk menjadi presiden. Namun, sepantasnya bagi seorang kepala negara itu memiliki latar belakang pendidikan mumpuni. Apalagi sekelas presiden Amerika. Namun, pernah sekali dalam sejarah negara itu, AS dipimpin oleh seseorang yang pendidikannya tak jelas. Ya, pria ini adalah Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln [Image Source]
Abraham Lincoln [Image Source]
Memang tidak diketahui dengan jelas bagaimana pendidikan pria ini. Tapi banyak yang mengatakan kalau Lincoln tak pernah menempuh pendidikan tinggi. Meskipun demikian, ia adalah salah satu presiden AS terbaik. Buktinya, Lincoln bisa membawa AS di masa terpuruk menjadi lebih baik lagi, misalnya saja dengan menghapuskan sistem perbudakan.

5. John Glenn, Astronot Terkenal AS yang Ternyata Mahasiswa DO

Menjadi seorang astronot tidak semudah apa yang dikatakan. Syaratnya benar-benar rumit, termasuk soal pendidikan yang harus benar-benar oke. Tapi, pernah suatu ketika NASA merekrekut pria yang bahkan kuliah saja tidak lulus, namanya adalah John Glenn. Tapi, meskipun tidak memiliki gelar Phd atau apa pun, pria ini jadi sosok penting dalam sejarah astronomi negeri Paman Sam.

John Glenn [Image Source]
John Glenn [Image Source]
Tercatat banyak raihan gila yang dicapai oleh Glenn. Misalnya menjadi orang kelima pertama yang pergi ke angkasa, sampai jadi pria pertama yang mengorbit Bumi. NASA sangat berterimakasih terhadap Glenn hingga ia mendapatkan banyak sekali medali. Sekali lagi, pencapaian gila ini dilakukan oleh seorang mahasiswa DO.

Ulasan ini sama sekali tidak bermaksud untuk menganggap pendidikan adalah suatu hal yang tidak penting. Justru malah sebaliknya. Bayangkan saja, tanpa pendidikan tinggi orang-orang di atas bisa melakukan hal-hal hebat, apalagi kalau mereka berhasil menempuh berbagai macam pendidikan. Tidak menutup kemungkinan bakal banyak terjadi hal-hal yang lebih gila dan sangar lagi. Jadi? Ya, pendidikan sampai kapan pun adalah hal yang penting dan jadi bekal fundamental bagi kehidupan kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA