5 Penderitaan ini Hanya Dirasakan Oleh Penduduk Keturunan China di Indonesia

oleh Rizal
07:00 AM on Jan 2, 2016

Kita tak pernah minta kepada Tuhan untuk dilahirkan di ras apa dan negara mana. Maka apa pun yang dipilihkan Tuhan, maka ini adalah yang terbaik. Termasuk lahir dengan darah tiongkok, kita harus mensyukuri hal tersebut. Namun, jujur saja, terlahir sebagai Tionghoa di Indonesia tidak seindah yang dibayangkan. Bagaimana tidak, bahkan hingga hari ini masih saja ada stigma dan perlakuan tidak menyenangkan yang ditujukan kepada orang-orang Tionghoa.

Sudah jadi rahasia umum jika banyak orang yang tidak menyukai eksistensi China di Indonesia. Terlepas dari banyaknya alasan yang ada. Padahal jika kita kembali melihat sejarah, banyak sekali jasa orang-orang Tiongkok bagi Indonesia. Namun semuanya ditepis dan dibalas dengan peristiwa-peristiwa pahit yang menumpahkan korban orang China.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Nah, berikut ini adalah penderitaan-penderitaan yang mungkin hanya dialami oleh orang China yang ada di Indonesia.

1. Selalu Kena Stigma Buruk

“Orang China itu tukang peras, orang China itu pelit, orang China itu juga nggak suka berbaur…” pasti masih sering kan mendengar hal-hal semacam ini. Inilah stigma yang kadung lekat dengan orang-orang China. Padahal tak semua orang China seperti itu. Memang ada sebagian, namun hal tersebut bukan alasan untuk menggeneralisirnya. Apa orang-orang pribumi suci semua dan tak ada yang seperti itu? Tentu saja ada dan mungkin lebih banyak.

Orang China sering dianggap kasar, pelit, tukang peras dan lainnya. Padahal tak semuanya seperti ini [Image Source]
Orang China sering dianggap kasar, pelit, tukang peras dan lainnya. Padahal tak semuanya seperti ini [Image Source]
Hanya orang China yang selalu kental dengan stigma buruk. Padahal di Indonesia bukan hanya China saja yang merupakan warga keturunan. Arab, Eropa, juga ada namun mereka hampir jarang kena stigma buruk seperti itu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA