Video 7 Tempat Pendaratan Pesawat Paling Sulit di Dunia!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Aug 20, 2015

Salah satu syarat dibangunnya bandara adalah tempatnya yang sangat aman. Tanpa ada gangguan dari lalu lintas lainnya. Syarat lainnya , landasan untuk pesawat harus panjang dan juga lebar. Dengan begitu, pesawat akan mudah untuk mendarat atau meluncur ke atas langit saat dikendalikan oleh pilot.

Meski memiliki syarat yang mutlak, namun untuk beberapa kasus, bandara dibuat seperti apa adanya. Terlebih jika tempatnya di puncak gunung atau dekat pantai. Berikut ini ada video tentang landing pesawat paling berbahaya di dunia! Yuk, kita lihat bersama-sama!

1. Bandara Tenzing-Hillary, Nepal

Bandara Tenzing-Hillary dikenal sebagai bandara paling menantang dan sulit untuk dilalui. Terletak di Nepal, bandara ini sering digunakan oleh siapa saja yang ingin menaklukkan Gunung Everest sebagai puncak tertinggi di dunia. So, bisa dibayangkan di mana letak bandara ini? Benar! puncak gunung!

Yang membuat bandara ini sangat berbahaya adalah keadaan cuaca yang bisa berubah setiap saat. Angin besar khas pegunungan yang dingin bisa membuat pesawat mengalami gangguan. Selain itu, panjang lintasan pesawat hanya 500 meter dan di bagian akhir ada belokan. Nahlo, lintasan yang lurus saja bisa kecelakaan, apalagi yang ada kelokannya?

2. Bandara Gibraltar

Bandara Gibraltar juga dikenal cukup beresiko dan hanya pilot terlatih yang bisa menakulkkannya. Bandara ini dibangun di pinggiran pantai dengan panjang mencapai 1.680 meter. Yang menjadikan bandara ini berbahaya adalah adanya jalur jalanan di tengah-tengah landasan. Yaph, mirip sekali dengan lintasan kereta api. Jika ada pesawat akan mendarat, maka lampu merah akan menghentikan kendaraan bermotor yang lewat.

Meski dikenal sangat berbahaya dan memiliki kemungkinan besar untuk mengalami kecelakaan. Bandara ini dikenal sangat sibuk melayani penumpang setiap tahunnya. Bahkan tahun lalu saja ada sekitar 415.000 penumpang yang singgah dan naik pesawat dari bandara yang membelah jalanan. Hebat!

3. Bandara Madeira, Portugal

Bandara Madeira dikenal sebagai bandara yang tricky banget untuk pendaratan pesawatnya. Bagaimana tidak, landasan hanya memiliki panjang 1,5 km. Selain itu terletak di pinggiran pantai. Jika saja pilot tak mampu mendaratkan pesawat  dengan akurat, pesawat bisa tercebur di laut atau mengenai perumahan di sekitarnya.

Coba perhatikan video di atas. Terlihat jika pilot yang mengendarai pesawat harus yang pandai. Memiliki pengalaman tinggi hingga tak terjadi kecelakaan. Jika anda penumpang pesawat, maukah anda jika pesawat itu harus landing di bandara yang serem ini?

4. Bandara Internasional Toncontin, Honduras

Bandara tersulit selanjutnya adalah Bandara Internasional Toncontin. Coba perhatikan landing dari video pesawat di bawah ini. Terlihat sekali jika medan dari bandara sangat menyeramkan. Berada di sekeliling gunung dan di bagian ujung ada sebuah jurang yang dalam.

Pesawat yang mendarat di bandara ini sering sekali mengalami kecelakaan. Akibatnya kematian kerap terjadi dan bandara ditutup sementara. Meski demikian, bandara ini masih terus digunakan hingga sekarang. Well, semoga tidak ada kecelakaan lagi!

5. Bandara Kecil di Puncak Gunung Papua

Empat bandara yang telah kita bahas sebelumnya memiliki struktur bangunan yang bagus. Landasan dibuat dari aspal halus hingga membuat pesawat gampang mendarat meski tetap berbahaya. Kali ini tempat landasan pesawatnya tak diaspal. Bahkan merupakan jalanan tanah yang tertutup rumput.

Bandara ini terletak di atas gunung Papua yang sangat tinggi dan hijau. Bayangkan saja anda menaiki pesawat ini, terbang di antara gunung dan harus mendarat di landasan yang tak layak. Mungkin seperti bunuh diri. Iya jika mendaratnya sukses, jika tidak? Bisa menabrak gunung atau jatuh di jurang.

6. Landasan Bandara di Puncak Gunung, Peru

Tidak diketahui apa nama bandara yang memiliki landasan super mengerikan ini. Namun dari video kita bisa tahu jika video ini terletak di puncak gunung Peru. Pesawat sebelum mendarat harus hati-hati bergerak di antara tebing yang sangat tinggi. Selain itu, bagian bawah terdapat jurang yang sangat curam. Salah sedikit bisa membuat pesawat menubruk tebing dan jatuh ke jurang di bawahnya!

Sebuah landasan akhirnya nampak di depan dengan permukaan yang bagus. Namun demikian, sebelum melakukan landing, pesawat harus belok arah terlebih dahulu. Pilot yang tak handal mengendarai pesawat bisa jatuh begitu masuk ke area mengerikan ini. Wow, banget pokoknya jika sampai berani ikut naik dalam pendaratan serem ini!

7. Bandara Courchevel, Perancis

Bandara Courchevel terletak di pegunungan Alpen, Perancis. Orang-orang yang menggunakan bandara ini sebagian besar adalah yang ingin menghabiskan harinya untuk bermain ski di pegunungan yang dipenuhi oleh salju tebal. Bandara Courchevel memiliki medan yang dikenal sangat mengerikan. Lintasan tak terlalu panjang dan di sekitarnya hanya ada gundukan gunung dipenuhi salju.

Salah sedikit dalam mengendarai pesawat, bencana kecelakaan akan menghantui pilot dan seluruh penumpangnya. Untuk itulah, hanya pilot terpilih yang mampu mendaratkan pesawat di kawasan ini. Anyway, kasus kepleset juga bisa terjadi di bandara ini karena lintasannya sering bisa terkena lelehan es yang turun lalu mencair. Just wow!

Nah dari sini kita bisa mengetahui bahwa mengemban tugas sebagai pilot itu memang tidak mudah. Membawa pesawat terbang berawak dan menaklukkan landasan-landasan sulit seperti ini bisa jadi ‘makanan’ hampir setiap hari. Salut untuk seluruh pilot yang berdedikasi dalam pekerjaannya, Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA