in

5 Kejadian di Masa Lalu ini Sangat Mungkin Jadi Pemicu Perang Dunia 3

3. Konflik Soviet dan Afghanistan

Seperti yang kita tahu, Soviet telah menancapkan pengaruhnya di Afghan selama bertahun-tahun. Komunisme adalah tujuan mereka. Mujahidin lokal pun tak terima dengan hal ini dan akhirnya melakukan perlawanan. Pecahlah kemudian perang Soviet versus Afghan yang memakan waktu sampai 9 tahun ini. Sebenarnya perang ini juga tak hanya melibatkan kedua negara, tapi di belakang mereka, terutama para Mujahidin, ada intervensi asing.

Intervensi Amerika dan Inggris di belakang Afghanistan, bisa memicu Perang Dunia 3 [Image Source]
Intervensi Amerika dan Inggris di belakang Afghanistan, bisa memicu Perang Dunia 3 [Image Source]
Amerika dan Inggris diketahui memasok banyak persenjataan bagi para pejuang lokal. Jadi bisa dibilang ini sebenarnya adalah perang Amerika Inggris versus Rusia, hanya saja peran Amerika CS dilakukan oleh pejuang lokal. Soviet pun tahu hal ini, dan fakta tersebut membuat mereka berang. Sebenarnya bisa saja Soviet langsung menyerang Amerika dan Inggris. Namun, jika hal tersebut terjadi maka pecahlah perang yang lebih besar. Pada akhirnya Soviet pun memilih pergi dari Afghan dan mirisnya, konflik masih saja terjadi di sana. Kali ini antara pemerintah dan juga mujahidin.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Sisi Gelap Indonesia yang Bisa Menguji Kecintaanmu Pada Negeri Ini

5 Hal ini Mungkin Bisa Membuat Indonesia Jadi Negara Superpower Seperti Amerika