Inilah 7 Kasus Pembunuhan Presiden Paling Menghebohkan di Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Feb 12, 2016

Banyak orang di dunia ini memiliki obsesi sangat besar untuk menjadi presiden. Hal ini nampak juga dalam pemilihan presiden di Indonesia beberapa tahun lalu. Semua kubu yang bertarung beradu kuat hingga akhirnya konspirasi-konspirasi banyak bermunculan di publik untuk saling menjatuhkan. Selanjutnya ada Donald Trump yang melakukan segala cara hingga menghina umat Islam agar mendapatkan simpati warga Amerika.

Menjadi presiden bukanlah perkara yang mudah. Bahkan bisa dibilang pekerjaan yang sangat menyusahkan dan mengerikan. Menjadi presiden sama halnya menjadi teman banyak orang atau musuh banyak orang. Akhirnya kejadian mengerikan seperti penyerangan dan pembunuh kerap terjadi. Dalam sejarah dunia, tujuh pembunuhan presiden ini dikenal paling menghebohkan.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. John F. Kennedy

John F. Kennedy adalah presiden Amerika ke-35 yang harus mengalami kematian yang mengerikan. Ia dibunuh oleh seorang sniper saat berada di atas mobil limuosine kepresidenan pada tahun 1963. Dari penyelidikan disimpulkan bahwa Lee Harvey Oswald adalah pembunuhnya. Namun penduduk tak begitu percaya karena adanya pemilihan umum dadakan di tahun 1966.

John F. Kennedy [image source]
John F. Kennedy [image source]
Kematian John F. Kennedy menjadi misteri besar yang susah dipecahkan. Ada dugaan bawa ia dibunuh karena menolak rencana beberapa lembaga rahasia di Amerika. Sebagai presiden, John F. Kennedy dipandang terlalu humanis dan memperhatikan rakyat ketimbang kepentingan petinggi yang berkuasa. Akhirnya kematianlah yang diambil agar semua masalah tidak menjadi semakin rumit.

2. Soekarno

Meski tidak menyebabkan presiden Indonesia pertama ini meninggal dunia, setidaknya pembunuhan Soekarno telah menghebohkan negeri ini. Sebanyak 7 kasus pembunuhan Soekarno pernah terjadi dan nyaris membuat nyawanya melayang. (Dalam versi Megawati pembunuhan terhadap Soekarno pernah terjadi sebanyak 23 kali.)

Soekarno [image source]
Soekarno [image source]
Pembunuhan paling mengerikan terjadi saat Soekarno berkunjung ke Sulawesi di tahun 1960-an. Saat beliau keluar dari Lapangan Terbang Mandai sebuah peluru mortir ditembakkan oleh anak buah Kahar Muzakkar. Beruntunglah tembakan ini meleset dan Soekarno selamat. Lalu pada tahun 1962 saat Idul Adha, Soekarno pernah ditembak oleh Jemaah di Masjid Baiturahim. Untungnya tembakan itu meleset dan menyerempet Ketua DPR saat itu yang bernama Zainul Arifin.

3. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln dibunuh saat melihat pertunjukan Our American Cousin di Ford’s Theatre. Saat itu ia melihat pertunjukan dengan istrinya yang bernama Mary Todd Lincoln. Saat asyik melihat pertunjukan sebuah tembakan mengenai tubuh Lincoln dan langsung membuatnya ambruk di tempat.

Abraham Lincoln [image source]
Abraham Lincoln [image source]
Ia sebenarnya telah mendapatkan perawatan yang baik. Namun karena tembakan mengenai bagian vital tubuh, ia segera meninggal esok paginya. Kasus pembunuhan yang dialami oleh Lincoln ini adalah kasus pembunuhan pertama dan berhasil di Amerika. Sebelumnya ada Andrew Jackson yang nyaris meninggal akibat pembunuhan mengerikan yang di tahun 1835.

4. Muammar Al-Gaddafi

Muammar Al-Gaddafi menguasai Libya sejak tahun 1969 hingga 2011. Setelah itu ia meninggal dunia akibat dibunuh oleh pasukan anti-Gaddafi. Sebelum dibunuh beliau mengungsi bersama keluarganya akibat terus diterjang serangan dari para Tentara Pembabasan Libya yang dibentuk oleh Dewan Transisi Libya (NTC).

Muammar Gaddafi [image source]
Muammar Gaddafi [image source]
Perang sipil di Libya benar-benar terjadi dengan sangat mengerikan. Bahkan bisa dibilang perang ini adalah perang paling parah yang pernah terjadi di negeri ini. Oh ya, dalam perang sipil ini NATO ikut campur dalam perburuan Gaddafi hingga akhirnya beliau ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

5. Fidel Castro

Barangkali Fidel Castro adalah Presiden paling banyak mengalami percobaan pembunuhan di dunia ini. Berdasarkan laporan dari pihak intelijen Kuba, setidaknya Fidel Castro nyaris dibunuh sebanyak 638 kali dan semunya gagal. Fidel Castro selalu selamat dari setiap kejadian mengerikan seperti rokok diberi racun hingga ledakan-ledakan yang disiapkan pembunuhnya.

Fidel Castro [image source]
Fidel Castro [image source]
Oh ya, dari 638 percobaan pembunuhan ini, hampir semuanya dilakukan oleh Amerika melalui CIA. Fidel Castro dianggap sebagai pemimpin negara yang selalu menghalangi semua rencana Amerika di masa itu. Akhirnya CIA selalu menyusun rencana untuk menjatuhkan Fidel Castro dengan berbagai cara.

6. Anwar Sadat

Anwar Sadat adalah Presiden Mesir yang dibunuh oleh kelompok Jihad Islam di Mesir. Mereka melakukan ini saat Anwar Sadat dan banyak orang menyaksikan parade militer untuk memperingati Perang Yom Kippur. Saat semua orang asyik melihat pertunjukan militer, empat orang bersenjata lengkap berlari ke arah Anwar Sadat dan memberondongi mereka dengan tembakan.

Anwar Sadat [image source]
Anwar Sadat [image source]
Dalam kasus pembunuhan ini Anwar Sadat dan 20 orang lainnya meninggal dunia termasuk 4 diplomat dari Amerika. Pembunuhan dari Anwar Sadat ini merupakan kejadian paling mengerikan yang menimpa Mesir dan menjadi awal mula dinasti Hosni Mubarak yang menguasai Mesir hingga 30 tahun.

7. Ranasinghe Premadasa

Ranasinghe Premadasa adalah Presiden dari Sri Langka yang menjabat mulai 1989 hingga 1993. Ia dibunuh saat mengikuti May Day di kota sebelum seorang anggota dari LTTE melancarkan bom bunuh diri dan melukai banyak orang di sekitar Ranasinghe.

Ranasinghe Premasada [image source]
Ranasinghe Premasada [image source]
Tiga minggu setelah kematian dari Ranasinghe, Lalith Athulathmudali yang saat itu menjadi menteri pendidikan dan juga keamanan nasional dibunuh. Kejadian ini membuat situasi di Sri Langka kian memanas hingga kekacauan banyak terjadi.

Inilah tujuh kasus pembunuhan presiden paling menghebohkan di dunia. Dari sini kita bisa menyimpulkan jika menjadi presiden bukanlah hal yang mudah. Jika banyak orang yang senang sih tidak masalah. Namun jika banyak yang benci, kejadian seperti ini bisa saja terjadi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA