Tak Cuma Essien, Pemain-Pemain Top Eropa Ini Mungkin Saja Merumput di Indonesia

Kedatangan Essien telah membawa era baru bagi dunia sepak bola Indonesia, gairah yang pernah pudar mulai kembali menggelora

oleh Faisal Bosnia Ahmad
16:00 PM on Mar 15, 2017

Kedatangan Michael Essien tak hanya menjadi angin segar bagi klub berjuluk Maung Bandung tersebut, namun dilihat dari skala yang lebih luas, hal itu juga membawa dampak yang signifikan bagi sepak bola Indonesia pada umumnya. Ini membuktikan bahwa Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit pemain kelas dunia.

Relasi romantis antara pemain Afrika dengan sepak bola Indonesia memang bukan hal baru. Bahkan, banyak pemain Afrika yang merasa kalau Indonesia adalah “surga” bagi mereka. Hal itu tak terlepas dari besaran gaji yang mereka terima dari klub Indonesia yang rata-rata lebih tinggi ketimbang yang mereka peroleh dari klub-klub di benua Afrika tempat mereka berasal.

Baca Juga
Inilah Sosok Cantik yang Selalu Jadi Penyiar Timnas dan Sukses Bikin Dengkul Lemes
Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC

Essien di Persib [Image Source]
Dengan hadirnya Essien, bolehlah kita berharap dan sedikit beranda-andai bahwa tak lama lagi Indonesia bakal menjadi tujuan eksodus para pemain top Eropa di benua Asia, selain Tiongkok tentunya. Nah, selain Essien, nama-nama di bawah ini cukup berpotensi lho untuk merumput di kasta tertinggi liga sepak bola di Indonesia.

Kevin Prince Boateng

Kevin sejatinya lahir di Jerman. Sejak tahun 2004 – 2009 ia membela timnas Jerman U19, U20, serta U21 secara berurutan. Namun, pada Juni 2009, ia mengungkapkan bahwa dirinya sudah tak lagi tertarik berkostum Der Panzer.

Calon Pemain Kelas Eropa di Indonesia
Kevin Prince Boateng. [Image Source].
Kevin lebih memilih untuk membela timnas Ghana, lantaran ayahnya memang berkebangsaan Ghana. Meski saat ini hubungannya dengan timnas Ghana tak begitu akur, karena persoalan indisipliner dirinya, namun Ia sempat membela Ghana di piala dunia 2010 di Jerman untuk mengisi pos yang ditinggalkan Essien akibat cedera.

Portofolio klubnya juga cukup mentereng ternyata. Ia tercatat pernah berseragam Hertha Berlin, Tottenham Hotspur, Schalke 04, dan AC Milan. Saat dirinya masih bermain di AC Milan, kamu tentu masih ingat dengan gocekan indahnya sebelum menjebloskan bola ke gawang Barca yang berakhir dengan skor 2- 0 untuk kemenangan Milan.

Saat ini ia bermain untuk tim asal La Liga, Las Palmas. Debutnya telah dimulai sejak 22 Agustus tahun lalu. Beberapa bulan setelah resmi berseragam, ia berhasil menyarangkan gol spektakuler ke gawang Villareal yang oleh para pundit di sana dianggap sebagai salah satu gol terbaik tahun itu.

Umumnya pemain Afrika yang telah berusia 30 tahun ke atas sudah tak banyak dilirik oleh tim besar Eropa. Nah, jika Las Palmas tak tertarik untuk memperpanjang kontraknya yang akan berakhir pada musim panas tahun depan nanti, klub-klub Indonesia bisa berlomba-lomba untuk mendatangkannya.

Samuel Eto’o

Siapa sih yang tak kenal nama ini? Kiprahnya di Barcelona begitu melegenda. Ketajamannya kala di usia prima tak kalah galak dengan tandem Lionel Messi di Barca saat ini, Luis Suarez. Ia juga menjadi pemain pertama yang mampu memenangkan Treble bersama dua klub berbeda, Barca – Inter Milan, selama dua musim berturut-turut!

Calon Pemain Kelas Eropa di Indonesia
Samuel Eto’o. [Image Source].
Klub-klub besar yang pernah ia bela, di antaranya adalah Real Madrid, Barcelona, Inter Milan, dan Chelsea. Pada transfernya tahun 2011 lalu, ia pernah memecahkan rekor sebagai pemain dengan gaji termahal di dunia €20 juta.

Dan saat ini Eto’o bermain untuk sebuah tim asal Turki yang bernama Antalyaspor. Jika mengacu pada tim yang saat ini ia bela, bukan hal mustahil jika dirinya sudi merumput di liga tanah air kita. Usianya memang sudah lawas, 36 tahun, namun hal itu tak akan menghalangi insting tajamnya mengoyak jala lawan.

John Obi Mikel

Saat ini usianya baru menginjak umur 29 tahun. Periode emas pesepak bola. John Michael Nchekwube Obinna adalah seorang warga negara Nigeria. Ia adalah salah satu lulusan terbaik dari 3.000 anak-anak Nigeria yang tergabung dalam Akademi Sepak Bola Pepsi. Beranjak dewasa tim sepak bola profesional pertamanya adalah Lyn, sebuah klub yang bermarkas di Norwegia.

Calon Pemain Kelas Eropa di Indonesia
John Obi Mikel. [Image Source].
Sedangkan babak baru sekaligus masa-masa cemerlangnya banyak ia nikmati di Chelsea. Selama bermain di klub asal London itu, ia berhasil mendatangkan dua trofi Premier League, empat piala FA Cup, satu piala FA, dua piala Liga, satu trofi Liga Eropa, serta tak ketinggalan satu trofi paling bergengsi di daratan Eropa, Liga Champions.

Nah, saat ini ia sedang bermain di klub asal Cina, Tianjin TEDA dengan status bebas transfer. Persib bisa memanfaatkan Michael Essien sebagai mantan rekan seperjuangannya di Chelsea untuk menjalin komunikasi dan merayu Obi Mikel agar mau menyeberang ke Indonesia dan berseragam biru.

Didier Drogba

Selain Eto’o, pemain Afrika lainnya yang sangat terkenal adalah Didier Drogba. Kedatangan Taipan Minyak asal Rusia, Abrahimovic, berhasil mendatangkan dirinya dari Marseille. Bersama Jose Mourinho, Didier Drogba sukses mengibarkan bendera biru Chelsea setinggi-tingginya. Ia pula yang berhasil mencetak gol penyama kedudukan dan mencetak penalti kemenangan untuk memboyong trofi paling prestisius di Eropa, Champions League, ke Stamford Bridge.

Calon Pemain Kelas Eropa di Indonesia
Didier Drogba. [Image Source].
Selain Chelsea, ia juga pernah bermain untuk Shanghai Shenhua dan Galatasaray. Saat ini Didier Drogba bermain untuk klub Mayor League Soccer bernama Montreal Impact.

Meski ia sudah memasuki usia senja, 39 tahun, ketajamannya tak otomatis luntur. Ia bahkan menjadi pemain yang mampu mencetak hat-trick sejak pertama kali debut menjadi starter. Hat-trick itu juga terbilang sempurna karena dilesakkan masing-masing lewat kedua kaki dan kepalanya.

Kalaupun ia memang mau bermain di liga Indonesia, semua klub pasti menginginkan tanda tangannya. Lihat saja Christian Gonzales, yang meski usianya sama-sama sudah 39 tahun, tapi beberapa waktu lalu ia berhasil menyarangkan lima gol di babak semifinal pada ajang piala presiden.

Nah, itulah sederet nama-nama pesepakbola tenar yang mungkin saja mau merumput di negeri kita. Eits, jangan pesimis dulu, sebelum diresmikan, tak ada dari kita yang berani menduga kalau Essien mau bermain di liga Indonesia, kan?

Lalu, apakah mungkin klub-klub Indonesia bisa mendatangkan pemain kelas wahid sekaliber Messi atau Ronaldo? Oh jelas tentu bisa saja, tapi nanti, kalau mereka sudah berusia 43 dan 45 tahun serta sudah tak ada klub yang mau menampung keduanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA