5 Pemain Sepak Bola Legendaris Paling Gila yang Mungkin Pernah Jadi Idolamu di Masa Kecil

oleh Rizal
15:00 PM on Feb 11, 2016

Sebagai olahraga paling digandrungi di dunia, sepak bola memang memberikan dampak yang besar dan berpengaruh. Tak hanya jadi hiburan asyik ketika sudah dewasa seperti sekarang, tapi juga masa kecil dulu. Ya, bagi anak laki-laki, sepak bola ibarat hal wajib yang tidak boleh kelewatan untuk dilakukan. Pulang sekolah atau menjelang sore, sepak bola selalu dimainkan, tak peduli hujan petir sekalipun.

Kesukaan anak-anak dulu terhadap bola juga dipengaruhi dari pemain-pemain terkenal. Sama seperti bocah sekarang. Tapi, bedanya, dulu cukup banyak nama-nama yang bisa diambil sebagai idola. Bahkan ada spesialisasinya sendiri-sendiri. Tak seperti sekarang yang apa-apa selalu Messi atau CR7.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Berikut adalah para pemain sepak bola legendaris yang bisa dibilang paling gila di zamannya. Mereka dijuluki gila bukan hanya karena perangai, tapi juga skill dan spesialisasi lainnya. Pernah ngefans dengan salah satu ini? Masa kecilmu greget.

1. Gabriel Batistuta

Si pemilik tendangan geledek, begitu julukan yang diberikan kepada pemain andalan AS Roma ini. Gelar ini memang sama sekali tak salah lantaran faktanya memang begitu. Batistuta bikin kiper ampun-ampunan kalau sudah punya momen dan sudut yang enak. Blar! Jarang sekali tendangan super kerasnya gagal masuk, minimal pasti susah payah ditepis kiper musuh.

Soal karir, pemain satu ini hanya berputar-putar di Serie A saja. Mulai dari Fiorentina, AS Roma, dan Inter Milan. Sayangnya, karirnya makin lama makin meredup, lalu ia pun terbang ke Qatar dan memecahkan rekor sebagai top skorer di musim pertamanya. Uniknya, kalau di game bola Playstation One, statistik skill Batistuta selalu diisi angka 19. Benar-benar pemain gila pokoknya kalau di game.

2. Roberto Carlos

Carlos juga dikenal dengan tendangan geledeknya yang maut. Ya, bisa dibilang 11-12 dengan Batistuta kalau kata anak muda. Harus diakui, mungkin memang hanya Carlos yang punya tendangan maut seperti ini di Brazil. Rekor paling gilanya adalah gol tendangan bebas seperempat lapangan. Gaya tendangannya kadang lurus namun juga melengkung dan menusuk.

Roberto Carlos tercatat punya beberapa klub yang pernah dibelanya. Namun, dari semua tim, mungkin hanya Real Madrid tempatnya bisa melesat. Mungkin kamu masih ingat dulu bagaimana Carlos menjadi bek paling mematikan di Liga Spanyol. Meskipun postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, tapi body ball, stamina, serta tendangan geledek-nya, membuat pemain legenda Brazil ini disegani.

3. Gennaro Gatusso

Pemain ini memang gila dalam arti sebenarnya. Kegilaan Gattuso tak hanya diperlihatkan lewat bagaimana ia bermain, tapi juga aksi-aksi kerasnya yang bikin musuh sampai geleng-geleng kepala. Ada banyak sekali hal ekstrem yang pernah dilakukannya di lapangan. Misalnya menampar seorang Ibrahimovic, atau menanduk pelatih Totenham, Joe Jordan, yang membuatnya dihukum berat.

Meskipun sangat keras bak gladiator, harus diakui pemain yang kerap dijuluki badak ini tampil sangat maksimal. Gatusso adalah tipe pemain pekerja keras dan pantang menyerah. Pemain tengah andalan Timnas Italia ini tercatat beberapa kali pindah klub. Tapi, klub yang membuatnya paling melejit adalah AC Milan.

4. Roy Keane

Manchester United dikenal sebagai klub dengan mantan pemain paling gila. Tak hanya Beckham, Nistelrooy, atau  Cristiano Ronaldo, tapi juga mantan kapten mereka bernama Roy Keane. Keane mungkin bukan kapten terlama, tapi di bawah kepemimpinannya, Setan Merah bisa meraih banyak gelar berharga.

Keane dikenal dengan kegilaannya yang melegenda. Keras, ceplas-ceplos, tukang protes, adalah sederet hal yang lekat dengan dirinya. Mantan pemain Irlandia ini memang terkenal sangat berani di lapangan. Tak hanya bermodal itu saja, Keane juga sangat disegani oleh siapa pun ketika bermain. Entah itu kawan atau lawan.

5. Zinedine Zidane

Bukan, bukan lantaran Zidane pernah menanduk Matterazi di piala dunia 2006, yang membuat pemain satu ini masuk dalam daftar pemain gila. Namun, ini tentang bagaimana gilanya seorang Zizou bermain. Messi dan Ronaldo mungkin boleh lah disebut hebat. Tapi, untuk Zidane sebutan hebat tidak cukup, yang pantas adalah Fantastis!

Zidane adalah pemain yang sangat lengkap. Ia sangat ahli dalam dribble, sprint sambil membawa bola juga sanggup, tendangan bebas apalagi. Makanya tak heran jika ia dianggap sebagai pemain paling oke sedunia. Banyak rekor pribadi atau klub yang berhasil ditorehkannya. Termasuk sebagai pemain paling mahal tatkala ia diboyong ke Real Madrid setelah merumput bersama si Nyonya Tua, Juventus.

Sayangnya, di era sepak bola modern seperti sekarang ini, sudah jarang ditemui pemain-pemain hebat yang punya spesialisasi khusus seperti deretan nama di atas. Tapi, ibarat bola yang selalu bundar, sebenarnya kita juga tak perlu khawatir akan kehabisan pemain bagus untuk di tonton ke depannya. Akan selalu muncul banyak nama dari masa ke masa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA