Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden Jokowi-JK

oleh Alfry
11:51 AM on Oct 21, 2014

Pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia berlangsung pada Senin, 20 Oktober 2014. Joko Widodo resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ketujuh periode 2014-2019 dalam sidang paripurna MPR di Senayan pada pukul 10.12 WIB.

Jokowi-JK diminta mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR. Dipastikan oleh para presiden terdahulu, ketua umum partai politik, pemimpin serta utusan negara sahabat akan menjadi saksi pembacaan sumpah Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Pelantikan presiden Jokowi-JK
Pelantikan presiden Jokowi-JK

Setelah membacakan sumpah dan janjinya, Jokowi dipersilakan oleh pembawa acara duduk di bangku Presiden. Jokowi langsung disambut Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden dua periode berturut-turut tahun 2004-2009 dan 2009-2014 tersebut, menyambutnya dengan rangkulan dan pelukan. Usai berpelukan, mereka lantas duduk berdampingan.

Mantan Presiden tersebut terlihat meneteskan air mata menahan haru saat Jokowi duduk berdampingan dengan dirinya. SBY lantas bertepuk tangan membalas tepuk tangan peserta paripurna dan sejumlah tamu yang hadir.

Jokowi dilaporkan akan tinggal di Istana Negara setelah pelantikannya. Sekitar 24.000 personil tentara dan polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan pelantikan Jokowi-JK.

Usai pelantikan, Jokowi bertolak menuju ke Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara dalam rangkaian acara selanjutnya yang disebut dengan Kirab Budaya. Di Istana Negara, SBY melakukan serah terima jabatan kepada Jokowi. Acara ini baru pertama kali dilakukan sepanjang sejarah pelantikan Kepresidenan Republik Indonesia.

Setelah acara resmi, sukarelawan Jokowi telah menyiapkan pesta rakyat yang dipusatkan di Monas, yang dihadiri oleh sekitar 100.000 orang. Jokowi akan menyapa rakyat Indonesia untuk pertama kalinya dalam kapasitas sebagai presiden Indonesia dalam acara ini.

Baca Juga: 5 Upacara Pelantikan Presiden Yang Unik Dari Seluruh Dunia

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA