in

5 Alasan Kenapa Pelajar Indonesia Sudah di Ambang Kehancuran!

5. Saat Ujian Nasional Tidak Sibuk Belajar, Tapi Sibuk Cari Bocoran Kunci Jawaban

Fenomena ini sudah menjadi tanda terparah mengenai nasib bangsa ini. Pelajar yang harusnya belajar tidak melakukan kewajibannya. Ia lebih suka melakukan hal-hal tak bermanfaat lain yang lebih menyenangkan. Sekolah hanya perkara nilai. Jika nilai itu bagus atau paling tidak berada di batas, maka semuanya akan aman. Orang tua tak akan pernah marah lagi kepada mereka.

Curang saat ujian [image source]
Curang saat ujian [image source]
Coba perhatikan trend kelakuan pelajar saat ujian nasional di era anda dan di era sekarang. Jika dulu sibuk belajar siang malam. Kini mereka lebih banyak menghabiskan hari untuk cari contekan dan kunci jawaban. Bahkan rela melakukan apa saja termasuk membelinya dengan harga yang mahal. Jika sejak sekolah terbiasa melakukan hal curang seperti ini, bagaimana jika sudah jadi pemimpin bangsa? Bisa jadi tingkat korupsi di Indonesia kian mengenaskan!

Baca Juga : 5 Kelakuan ‘oknum’ Pelajar Jaman Sekarang Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Lima poin di atas hanya garis besar saja tanda kerusakan pelajar di Indonesia. Sebenarnya masih banyak faktor yang menyebabkan pelajar kian terpuruk seperti telur di ujung tanduk. Anyway, kira-kira hal semacam ini bisa diminimalisir tidak ya? Atau malah justru sudah tak terkontrol lagi? Entahlah, yang jelas kita semua pasti berharap pelajar Indonesia mampu mengubah dirinya jadi lebih baik. Tak diperbudak oleh hal-hal mengerikan seperti ini!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Apa Susahnya Jadi Guru?

Kisah Nenek Penjual Daun Melinjo

Kisah Nenek yang Berpangku Hidup Pada Daun Melinjo