7 Pekerjaan yang Wanita Bisa Kerjakan Lebih Baik dari Pria!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Sep 24, 2015

Fakta sudah berbicara jika sebagian besar pekerjaan strategi di muka bumi ini dilakukan oleh pria. Tak usah jauh-jauh, Presiden, hingga CEO perusahaan. Meski ada yang wanita, namun jumlah pria yang menjabat pekerjaan itu lebih banyak. Lantas kita akan bilang wanita tidak bisa apa-apa? Tidak! Ada kok beberapa pekerjaan yang justru lebih baik jika dikerjakan oleh wanita. Bahkan kadang pria tak bisa mengerjakannya.

Tujuh pekerjaan yang akan ada baca di bawah ini menunjukkan jika peran pria dan wanita di dunia ini sama saja. Jika tidak ada wanita pria akan kesusahan, begitu pula jika tidak ada pria, wanita juga akan kesusahan, terutama untuk pekerjaan-pekerjaan yang berat dan kasar. Ok langsung saja, inilah tujuh pekerjaan yang wanita bisa kerjakan lebih baik dari pria.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila Dijamin Bikin Publik melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Sekretaris

Mungkin ada sekretaris pria, namun jumlahnya sangat kecil. Bahkan berdasarkan survey, di dunia ini sekretaris wanita jumlahnya 90%. Bahkan banyak lowongan pekerjaan yang memberikan syarat sekretaris haruslah wanita. Tidak bisa diganggu gugat.

Sekretaris [image source]
Sekretaris [image source]
Kenapa harus wanita? Karena wanita memiliki ketelitian yang sangat tinggi. Ia akan mencatat setiap detail yang dikatakan atasannya. Pun wanita cenderung tidak gampang lupa dan terstruktur. Kelebihan inilah yang membuatnya lebih baik dari pria saat menjalani pekerjaan sebagai sekretaris.

2. Guru TK dan Play Grup

Jika Anda melihat ke kampus yang memiliki program pendidikan guru TK atau Play Grup pasti lebih banyak wanita di dalam kelas. Pria mungkin ada tapi jumlahnya sangat sedikit. Itulah mengapa pekerjaan terkait dengan guru TK selalu dibanjiri oleh wanita. Bahkan mungkin pria enggan melakukan pekerjaan ini jika tidak terpaksa.

Guru TK dan Play Grup [image source]
Guru TK dan Play Grup [image source]
Alasan mengapa wanita lebih baik dari pria dengan pekerjaan ini: pertama karena wanita memiliki jiwa keibuan yang tinggi. Anak-anak akan nyaman dan menganggap ia sebagai ibunya. Kedua wanita lebih penyabar dalam menghadapi anak-anak. Pria akan langsung pusing jika harus menghadapi murid yang rewel atau bahkan pipis di celana.

3. Perawat

Barangkali Anda pernah mengamati jumlah perawat yang ada di Rumah Sakit. Kira-kira lebih banyak perawat pria atau wanita? Jawabannya pasti wanita. Bahkan kita kerap secara tidak langsung beranggapan jika perawat ya artinya wanita. Dan yang pria itu hanyalah pembantu saja tidak lebih.

Perawat [image source]
Perawat [image source]
Wanita sangat baik di pekerjaan ini karena ia memiliki ketelatenan dalam menjalankan tugas. Dia juga sangat presisi dalam mencatat sesuatu. Dan terpenting lagi adalah wanita memiliki rasa sabar yang sangat tinggi. Pasien beraneka ragam. Ada yang cerewet dan minta banyak hal. Ada yang memang pendiam dan nurut.

4. Costumer Service

Satu lagi pekerjaan yang menuntut pekerjaan ekstra sabar: Costumer Service. Mereka harus memiliki itu karena akan menghadapi banyak klien yang beraneka ragam. Mulai dari klien yang cerewet, klien yang suka marah, hingga klien yang suka mengancam.

Costumer Service [image source]
Costumer Service [image source]
Pria mungkin bisa jika disuruh jadi Costumer Service. Namun kadang mereka gampang tersulut emosi jika menghadapi klien yang suka ‘cari perkara’. Tak ayal, wanita adalah pilihan paling tepat untuk mengurus hal-hal berbau pelayanan terhadap pelanggan.

5. Ahli Fashion dan Nutrisi

Sekitar 80% ahli fashion dunia adalah wanita, dan sekitar 83% ahli nutrisi adalah wanita. Sudah cukup jelas dominasi wanita dalam pekerjaan yang menuntut ketepatan ini. Tapi pria banyak kok yang bekerja di bidang ini meski dikuasai telak oleh wanita.

Ahli Fashion dan Nutrisi [image source]
Ahli Fashion dan Nutrisi [image source]
Seorang ahli fashion harus mampu membuat kliennya puas. Ia harus memiliki sense yang bagus untuk urusan busana dan juga make up. Sedangkan ahli nutrisi harus mencatat secara detail apa yang dialami oleh kliennya. Dengan begitu dia dapat mengatur rancangan diet yang tepat. Karena meleset sedikit hasilnya akan beda jauh.

6. Pelayan di Restoran

Wanita lebih mampu menguasai suasana di dalam ruangan makan restoran. Ia akan cepat tanggap jika ada tamu yang menginginkan sesuatu. Pun ia akan lebih sabar dalam menghadapi tamu-tamu yang suka ‘nakal’ dan membuat keributan. Jika pria yang menjalani, mungkin akan ada kemungkinan adu mulut dan menyebabkan keributan.

Pelayan di Restoran [image source]
Pelayan di Restoran [image source]
Sebagai pelayan di restoran atau dining room attendant, wanita akan bekerja dengan sepenuh hati. Ia sudah terbiasa melakukan itu di rumah saat melayani suami atau tamu yang datang. Tapi pria ada yang bisa melakukan pekerjaan ini. Namun one of kind!

7. Penjualan dan Periklanan

Satu hal yang membuat wanita sangat tepat dengan pekerjaan di bidang penjualan atau marketing dan periklanan atau advertising. Mereka memiliki pemikiran yang terstruktur dengan baik. Jika mendapatkan pekerjaan mereka akan menjalaninya dengan baik. Segalanya akan dianalisis sedetail mungkin hingga mendapatkan kesimpulan yang tepat.

Penjualan dan Periklanan [image source]
Penjualan dan Periklanan [image source]
Tapi dalam bidang ini lumayan banyak pria yang berkecimpung. Jika wanita telah berkonsentrasi di dalam pekerjaan ini, peluang suksesnya akan jauh lebih besar. Tapi tak mengesampingkan pria ya, mereka juga hebat dalam bidang ini! Tapi wanita bisa jauh lebih unggul.

Tujuh pekerjaan di atas hanya garis besarnya saja. Terlepas dari itu, wanita bisa bekerja jadi apa saja asal memiliki kualifikasi yang baik. Bahkan jadi montir atau pekerja bangunan pun wanita bisa melakukannya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA