in

6 Pekerjaan yang Dianggap Remeh Tapi Ternyata Pendapatannya Selangit

cover
cover

Selama ini kita selalu menganggap bahwa pekerjaan-pekerjaan kantoran, bisnis besar, atau jadi pegawai negeri merupakan pekerjaan yang bayarannya besar dan memiliki prestise tinggi.

Tetapi sebenarnya banyak loh pekerjaan yang penghasilannya sangat besar, namun  memang tidak dianggap memiliki prestise. Kalo lowongan kerja sudah semakin sulit, apa salahnya kita mencoba pekerjaan ini!

1. Penjual Makanan Pinggir Jalan

Sudah sering kan dengar kisah bagaimana seorang penjual siomay bisa punya restoran sendiri. Atau penjual sate keliling bisa naik haji berkali-kali. Nah ternyata setelah diselidiki, pendapatan mereka lumayan besar loh. Bahkan melebihi rata-rata penjaga kantoran yang tingkat pendidikannya lebih tinggi.

Penjual Makanan Pinggir Jalan
Penjual Makanan Pinggir Jalan [imagesource]
Rahasia dari semua ini memang cuma gaya hidup sih. Para pekerja kantoran yang ‘sok’ modern punya gaya hidup sok keren seperti nongkrong di starbucks atau clubbing yang sebenarnya buang-buang duit.

2. Bisnis Sampah

Ya. Sampah ternyata bisa dijual loh. Buktinya sampai sekarang pemulung masih ada aja. Ini semua karena sampah kebanyakan bisa di daur ulang. Kertas, plastik, kaleng, botol, semuanya bisa di daur ulang menjadi produk baru.

Bisnis Sampah
Bisnis Sampah [imagesource]
Ini berarti penghematan bagi perusahaan yang bersangkutan, dan uang bagi mereka yang jeli. Kamu pasti sering dengar cerita tentang Pak Haji A atau B yang punya rumah ‘segede Gaban’ hanya karena jualan besi tua.

3. Bisnis Online

Dengan adanya internet, hampir semua bisnis bisa dilakukan secara online. Dan dunia online menawarkan kemudahan yang gak dimiliki dunia bisnis riil, yaitu gak perlu ada ijin usaha, dan gak usah bayar pajak. Apa aja bisa dijual asal kamu jeli melihat peluang.

Bisnis Online
Bisnis Online [imagesource]
Mulai dari aksesoris, kaos, makanan, spare part, barang bekas. Banyak loh yang sukses dengan bisnis online sehingga akhirnya punya bisnis riil dengan modal usahanya jualan online. Rahasianya adalah bisa dipercaya, respon cepat ketika ditanya, dan barang yang dijual sesuai dengan yang diiklankan.

4. Dukun

Ketawa deh! Tapi profesi dukun nih emang banyak duitnya. Asal seseorang dianggap punya tuah, bisa melihat depan, dan pintar ngomong, maka ditanggung profesi dukun ini laris manis. Ini karena mentalitas mayoritas masyarakat kita memang masih percaya tahayul dan dunia spiritual.

Dukun
Dukun [imagesource]
Memang ada sih orang yang punya kelebihan dalam bidang spiritual atau supranatural, tapi banyak juga yang palsu. Tapi jika kamu merasa memiliki kelebihan ini, tidak ada salahnya dicoba. Dulu di Indonesia ada seorang psychic terkenal yang bernama Mama Laurent alm.

5. Aktor Dubbing

Dunia dubbing di Indonesia sangat maju loh. Terutama karena acara TV banyak yang butuh dubbing/sulih suara. Film india, serial turki, telenovela jumlahnya bejibun. Tak ada salahnya mencoba jika kamu merasa suaramu empuk-empuk renyah (kayak kasur dicampur kerupuk).

Aktor Dubbing
Aktor Dubbing [imagesource]
Tidak dibutuhkan persyaratan apa-apa selain kemampuan kamu untuk bisa bikin suara kamu menjadi dramatis. Dunia radio, media, dan online sangat butuh loh orang-orang kayak gini. Bayarannya pun lumayan. Kamu pun gak perlu ngelakuin rutinitas kantor yang membosankan.

6. Tukang Ojek

Yah Gojek sekarang lagi naik daun. Konon katanya yang daftar jadi ‘pegawai’ Gojek itu banyak banget. Bahkan dulunya mereka kerja kantoran dan lulusan perguruan tinggi ngetop lho!

Tukang Ojek
Tukang Ojek [imagesource]
Syaratnya ya cuma punya SIM dan tahu jalan. Ditambah dengan keahlian untuk meliuk-liuk di tengah kemacetan.

Tertarik? Semua profesi ini boleh lah dicoba asal kamu yakin dan punya sedikit kemampuan untuk itu. Walau belum punya kemampuan pun ya bisa dilatih kok. Intinya mau berusaha dan gak cepat putus asa. Uang ada di mana saja!

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

4 Fakta Tentang Kisruh Marc Marquez Versus Valentino Rossi di Sepang

7 Wanita Petarung Hebat dalam Perang yang Dilupakan Oleh Dunia