5 Pedang Paling Mematikan dan Terkenal Sepanjang Sejarah

oleh Rizal
15:00 PM on Oct 6, 2015

Kalau di zaman sekarang ini, apa sih arti sebilah pedang? Mungkin hanya sebagai alat yang gunanya untuk memotong dan sebagainya. Kalau dulu, sebuah pedang bisa bermakna lebih dari itu. Pedang memiliki filosofi, sebagai bukti akan kejadian penting, hingga merepresentasikan si empunya. Bahkan pedang jadi sesuatu yang keberadaannya sangat penting dan mengubah sejarah.

Ada begitu banyak contoh pedang yang bisa dibilang legendaris ini. Misalnya saja pedang Tomoyuki Yamashita. Pedang berbentuk katana ini dimiliki oleh Yamashita, salah satu jenderal paling terkenal Jepang pada masa Perang Dunia II. Konon pedang ini sangat mematikan dan bertanggung jawab atas kematian banyak orang kala itu. Pedang yang dibuat tahun 1600an itu kini disimpan di museum dan jadi bukti sejarah akan adanya pedang-pedang mematikan di dunia.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Nah, tak hanya pedang Yamashita saja yang dikenal dengan legendanya yang mematikan. Ada cukup banyak yang memiliki reputasi yang sama bahkan lebih keren dari pada itu. Berikut ulasannya.

1. Pedang Bermata Tujuh, Pedang Unik yang Tidak Pernah Terhunus

Kembali ke akhir abad ke 4, dunia pernah dihuni oleh sebuah kerajaan bernama Dinasti Baekje. Diketahui jika kerajaan satu ini terletak di sepanjang Korea hingga China. Nah, di masa dinasti ini pernah ada sebuah pedang unik yang mempunyai bilah sebanyak tujuh buah.

Pedang ini konon dibikin dari 100 pedang prajurit tapi sama sekali tidak digunakan untuk berperang [Image Source]
Pedang ini konon dibikin dari 100 pedang prajurit tapi sama sekali tidak digunakan untuk berperang [Image Source]
Jadi, pedang ini punya sisi yang mencuat sebanyak 6 buah di tepian pedangnya, serta satu buah di bagian ujung. Tentu saja pedang ini terlihat sangat aneh bila dibandingkan dengan bentuk pedang pada umumnya. Konon pedang bermata tujuh ini dibuat dari 100 pedang milik sekelompok pasukan yang mati di medan perang. Dikatakan dalam sejarah jika pedang ini belum pernah sekalipun digunakan untuk menebas musuh alias masih suci. Keberadaannya sering digunakan sebagai pelengkap upacara adat. Pedang ini katanya ada di Jepang namun tidak diperlihatkan untuk umum.

2. Pedang Napoleon, Bukti Kegagahan Sang Kaisar

Napoleon Bonaparte adalah salah satu tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah khususnya di Perancis. Kehadirannya sangat dinantikan di tiap perang yang dilakukan negara ini. Bahkan para sejarawan sepakat jika Napoleon adalah seorang jenius perang. Ia tak hanya bisa taktik bertahan dan menyerang, tapi juga seni berperang.

Pedang Napoleon ini adalah benda bersejarah yang sudah membunuh banyak sekali musuh [Image Source]
Pedang Napoleon ini adalah benda bersejarah yang sudah membunuh banyak sekali musuh [Image Source]
Membicarakan perawakan Napoleon, ada dua benda yang tidak mungkin lupa dibawanya saat perang. Dua benda ini adalah sebuah pistol dan pedang yang bernama seperti dirinya, Napoleon. Singkirkan dulu pistolnya karena kali ini kita akan menelusuri cantiknya si Pedang Napoleon tersebut.

Kalau dilihat dari bentuknya, pedang ini melengkung namun tidak seperti pedang Arab atau Persia yang bernama schimittar. Nah, selain bentuknya yang unik itu, pedang ini konon sudah menebas banyak sekali leher. Keunikan lain dari pedang ini adalah beberapa bagian yang tersepuh emas. Pedang ini pernah dilelang dan berhasil terjual dengan harga $ 6,4 juta.

3. Zulfiqar, Pedang Warisan Nabi

Nama ini mungkin lumayan familiar di telinga gara-gara riwayatnya yang menyangkut Nabi Muhammad serta Ali bin Abi Tholib. Yup, pedang ini awalnya memang milik Rasulullah sebelum akhirnya diberikan kepada Ali karena Rasul terkesan dengan keahlian Khalifah ke empat itu. Ada di tangan Ali bin Abi Tholib pedang ini jadi saksi banyak sekali perang dan jadi bukti kuat akan kebesaran Islam.

Pedang bermata dua ini terkenal dengan bentuknya yang terbelah di bagian ujungnya [Image Source]
Pedang bermata dua ini terkenal dengan bentuknya yang terbelah di bagian ujungnya [Image Source]
Zulfiqar sendiri berbentuk melengkung dengan bagian muka yang sangat tajam. Ciri khas pedang ini adalah tulisan kaligrafinya yang panjang di bagian bilah pedangnya. Keunikan lainnya dari pedang ini adalah ujung mata pedangnya yang berbelah membentuk huruf V. Sepeninggal Ali bin Abi Tholib, pedang ini kemudian diwariskan kepada putranya Husain bin Ali. Banyak yang percaya jika Al Mahdi nantinya akan membawa pedang ini untuk membawa kembali kejayaan Islam di akhir zaman.

4. Honjo Masamune, Pedang Paling Melegenda Seantero Jepang

Dari tanah Arab kita menuju Jepang. Kembali ke zaman Edo, ada sebuah katana legendaris yang namanya terkenal hingga sekarang. Pedang ini bernama Honjo Masamune. Masamune sendiri adalah ahli pedang terkemuka saat itu dan sudah membuat puluhan pedang. Namun hasil karyanya yang paling gemilang adalah yang satu ini.

Keberadaannya tidak diketahui sampai kini, namun legendanya menyebar luas seantero Jepang [Image Source]
Keberadaannya tidak diketahui sampai kini, namun legendanya menyebar luas seantero Jepang [Image Source]
Masamune dikenal karena kecantikan serta ketajaman mata pedangnya. Konon pedang ini dibuat dari bahan spesial yang diolah sedemikian rupa dalam waktu yang lama. Keberadaan Masamune sangat penting karena pedang ini adalah representasi keberadaan Shogun di masa itu. Pedang ini sendiri dimiliki oleh keturunan Tokugawa dan pemegang terakhirnya bernama Tokugawa Iemasa.

Sayangnya, pedang ini menghilang ketika Iemasa menyerahkannya berserta 14 katana lain pada Desember 1945 ke kepolisian setempat. Banyak rumor beredar jika pedang ini akhirnya jatuh ke tangan seorang sersan Amerika bernama Coldy Bimore. Setelah itu keberadaannya pun menghilang.

5. Pedang Damascus, Pedang Dengan Ketajaman Tiada Banding

Mungkin muncul sebuah pertanyaan besar yang ada di benakmu tentang daftar ini. Dari semua pedang yang ada, manakah yang dikatakan paling tajam dalam sejarah? Jawabannya adalah Pedang Damascus yang dimiliki oleh Salahuddin Al Ayyubi. Ketajaman pedang ini sudah dibuktikan dengan banyak cara. Bahkan termasuk diteliti dari sisi kimia dan fisikanya.

Ringan, elastis, dan super tajam, pedang ini jadi momok menakutkan para prajurit Eropa zaman dulu [Image Source]
Ringan, elastis, dan super tajam, pedang ini jadi momok menakutkan para prajurit Eropa zaman dulu [Image Source]
Konon katanya ketika kita menjatuhkan sutra di atasnya, kain tersebut akan terbelah. Bahkan pedang ini sudah membuat banyak bilah pedang, baju zirah, dan tameng para prajurit Crusader terbelah mudah seperti memotong kayu.

Diketahui jika pedang ini dibuat dari logam Damaskus yang konon mengandung karbon nanotube. Pedang ini bisa melengkung, sangat ringan tapi tajam luar biasa. Tak cuma itu berkat kandungan nanotube yang terdistribusi dengan baik di dalam logam Damascus, pedang ini sangat susah untuk dipatahkan karena sifat elastisnya yang tinggi. Alhasil, pedang ini jadi mimpi buruk para ksatria Eropa ketika itu.

Beberapa pedang ini bisa kita jumpai saat ini, namun mayoritas dari mereka menghilang dan berakhir jadi legenda. Pedang-pedang ini pun sukses menginspirasi banyak film bahkan masuk juga dalam game-game. Deretan pedang-pedang melegenda ini juga jadi bukti jika orang-orang dulu tidak asal saja dalam membuat senjata. Teknologinya mungkin masih rendah, namun bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Bahkan kalau dibandingkan dengan pedang buatan sekarang, Pedang Damascus dkk pasti menang mudah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA