5 Pedagang Gila di eBay, Mulai Jual ‘Hantu’ hingga Mobil Mewah Harga $1

oleh Centralismo
12:00 PM on Aug 14, 2015

Anda kenal situs eBay? Di situs jual beli yang paling mahsyur ini, segala macam benda dari baju hingga peralatan perang tersedia. Dalam beberapa kali klik, barang yang Anda inginkan akan segera dikirimkan ke tangan Anda.

Namun, selain pedagang yang benar-benar serius untuk mencari keuntungan, terdapat pula pedagang yang super iseng. Mereka menjual barang-barang aneh bin ajaib yang sulit ditemui di toko di dunia nyata. Lucunya, barang yang mereka jual ada yang beli!

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Cornflakes

Tidak ada yang aneh dengan menjual cornflakes karena sereal yang terbuat dari jagung ini memang digemari sebagai menu sarapan. Namun, Bill Bennett tidak menjual cornflakes dalam kotak seperti yang kita temui di minimarket. Dia hanya menjual satu keping cornflakes saja.

cornflakes
cornflakes [ImageSource]
Bill berkata dia hanya iseng saja memposting foto cornflakes tersebut dan menawarkannya dengan harga 1 sen saja. Para pembeli yang iseng pun mulai menawar harga dan akhirnya sekeping cornflakes tersebut laku dengan harga 1.85 dollar atau sekitar Rp. 25.000,-. Bill bahkan sempat diwawancarai oleh BBC karena barang dagangannya yang luar biasa ini.

2. Segelas Air

Pada Juni 2008, seseorang menjual segelas air dengan harga $455 atau sekitar enam juta rupiah. Menurut pengakuan sang pedagang, air tersebut adalah air sisa dari minuman Elvis Presley yang dia minum ketika sedang konser di North Caroline pada tahun 1997. Air tersebut diberitakan disimpan oleh seorang fans bernama Wade Jones. Menurut pengakuannya, Presley meminum air tersebut dan memberikannya kepada seorang fans sebagai sovenir.

Segelas Air
Segelas Air [ImageSource]
Air tersebut dimasukkan ke dalam freezer dan disimpan sejak tahun 1977 hingga tahun 1985. Jones juga mengaku bahwa dia masih menyimpan gelas yang digunakan Presley ketika itu. Harga gelas tersebut adalah $300 atau sekitar empat juta rupiah. Masih belum ada yang mau menawar atau membeli kedua barang tersebut.

3. Mobil Mewah Seharga Rp10.000

Pada Juni 2005, seorang jutawan bernama Tim Shaw diwawancara oleh seorang model cantik Jodie Marsh. Dalam wawancara tersebut, Tim mengatakan bahwa dia siap untuk meninggalkan istri dan anaknya. Rupanya, pria ini sedang berusaha menarik perhatian model yang mewawancarainya. Tim sangat tergila-gila, hingga dia tidak menyadari bahwa acara tersebut disiarkan live dan sedang ditonton oleh istrinya.

Mobil Mewah Seharga 10.000
Mobil Mewah Seharga 10.000 [ImageSource]
Marah melihat interview itu, sang istri memfoto mobil Epsrit Turbo milik tim dan menjualnya di eBay. Harga yang ditawarkan sangat fantastis: 77 sen atau sekitar sepuluh ribu rupiah. Tentu saja mobil itu langsung terjual dalam waktu 5 menit. Sang istri menulis di eBay, “aku ingin mobil ini segera terjual dan begitu suamiku pulang, mobil kesayangannya ini sudah ada di jalan”.

4. Hantu

Pada September 2010, Martin Fawcett menjual hantu di situs eBay. Dalam keterangannya di situs tersebut, Fawcett mengatakan bahwa dia akan menjual hantu beserta rumahnya, yang berupa sebuah toples kaca. Fawcett berkata bahwa keuntungan dari penjualan hantu tersebut akan dia sumbangkan untuk lembaga penelitian kanker di Inggris.

Hantu
Hantu [ImageSource]
Dalam deskripsi barang yang akan dijualnya, Fawcett menulis, “hantu ini suka diajak keluar sesekali. Namun, dia harus segera dimasukkan ke rumahnya karena dia merasa gelisah jika terlalu lama di luar. Waktu yang disarankan adalah 20 menit. Hantu ini belum punya nama, namun aku suka memanggilnya Casper. Dia tertawa kalau aku panggil Casper.” Sayangnya, di hari keenam penjualan, tawaran Fawcett ini dihapus oleh pengelola situs eBay, karena ada aturan yang melarang untuk menjual benda tidak terlihat.

5. Menjual Seluruh Hidupnya

Pada Juni 2008, Ian Usher menjual seluruh hidupnya di eBay. Yang dia maksud dengan seluruh hidupnya adalah rumah dengan tiga kamar di Australia Barat, beserta mobil, motor, jet ski dan alat terjun payung. Dalam deksripsinya Ian menulis, “Semua yang kumiliki, rumah beserta isinya, punya kenangan masing-masing. Sekarang saatnya menghapus kenangan lama dan membangun kenangan baru. Di hari semuanya terjual, aku ingin keluar dari rumah itu dengan dompet di satu saku, dan paspor di saku lainnya. Itu saja.”

Menjual Seluruh Hidup
Menjual Seluruh Hidup [ImageSource]
“Aku ingin segera pergi ke bandara dan mendapatkan tiket untuk penerbangan mana saja yang tersedia dan pergi ke sana,” tambah Ian.  Akhirnya seseorang dari Perth bersedia membeli semuanya dengan tawaran tertinggi. Akhirnya seluruh harta benda Ian terjual seharga $384.000 atau sekitar lima milyar rupiah.

Berbelanja online memang memberi sensasi yang jauh berbeda dengan berbelanja di dunia nyata. Anda bisa membeli berbagai macam barang, dengan berbagai tawaran harga dari seluruh dunia. Transaksi bisa beres dalam beberapa klik dan Anda hanya perlu duduk manis menunggu kiriman tiba.

Tapi di sisi lain, banyak penipuan dan orang iseng yang turut serta dalam transaksi jual-beli di dunia maya. Oleh sebab itu kita harus hati-hati dan selektif sebelum membeli. Dan kalau bisa, jangan ikut-ikutan menjual benda aneh seperti orang di atas ya. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA