7 Patung Terkenal di Dunia yang Terinspirasi dari Tokoh Negeri Dongeng

oleh Alfry
13:14 PM on Mar 16, 2015

Dongeng telah digunakan orang tua untuk mengantarkan waktu tidur anak-anak mereka sejak zaman dahulu. Kegiatan ini terus dilakukan dari generasi ke generasi dengan cerita sama yang turun-temurun. Tokoh-tokoh dalam negeri dongeng telah menghibur banyak anak-anak di dunia dan menjadi inspirasi para penulis.

Banyak karakter dalam dongeng yang diabadikan dalam bentuk patung yang dibangun di tengah kota, taman maupun pinggir sungai. Berikut ini patung-patung terkenal dari seluruh penjuru dunia yang pambangunannya terinspirasi dari karakter di negeri dongeng.

Baca Juga
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan
Ditilang karena Melanggar, Pejabat Ini Berdalih Seribu Alasan Serta Bawa Nama Kekuasaan

1. Little Mermaid – Kopenhagen

Little Mermaid merupakan karakter dongeng yang diciptakan oleh Hans Christian Andersen tahun 1837 menginspirasi pembuatan patung yang ada di Denmark. Tepatnya berada di kawasan pejalan kaki Langlinie, sekitar 10 menit berjalan kaki dari dermaga kapal pesiar di Kopenhagen sebuah patung Little Mermaid dibangun.

Ini merupakan sebuah patung yang berukuran sama seperti manusia pada umumnya dan diletakkan di atas sebuah batu di pinggir sungai. Patung perunggu Little Mermaid ini sudah menjadi ikon kota Kopenhagen sejak 1913. Selama lebih dari 100 tahun berdiri, patung ini telah mengalami vandalisme berulang kali.

Little Mermaid via
Little Mermaid via Flickr

Patung yang dilihat sekarang itu telah berkali-kali di cat ulang, tangan kanannya juga pernah di rusak orang yang tidak bertanggung jawab sebanyak tiga kali bahkan patung ini pernah digeser dari posisinya si atas batu pada tahun 2003. Pemerintah Kopenhagen di tahun 2006 pernah mengumumkan akan memindah patung tersebut ke pelabuhan untuk mengindari aksi vandalisme lebih lanjut namun hingga kini rencana itu belum terealisasi.

2. Fremont Troll – Seattle

Fremont Troll merupakan sebuah patung beton yang berada di bawah jembatan George Washington Memorial atau dikenal pula dengan Jembatan Aurora. Pembuatan patung ini didasarkan pada sebuah karakter dalam cerita dongeng masyarakat Skandinavia berjudul Three Billy Goats Gruff.

Fremont Troll via
Fremont Troll via Flickr

Patung yang berada di bawah jembatan di Seattle ini dibangun oleh empat seniman setempat pada tahun 1990 yang diperuntukkan bagi Dewan Kesenian Fremont untuk merehabilitasi lingkungan di sana yang kotor dan tidak sedap dipandang mata. Di area patung ini ada berbagai posisi yang bisa digunakan untuk pose foto bersama Troll.

3. Peter Pan – Kensington Gardens, London

Masih ingat dengan film berjudul Peter Pan yang rilis tahun 2003? Nah tokoh utama dalam film tersebut diabadikan dalam sebuah patung yang berada di Kensington Gardens tepatnya di samping Hyde Park, London. Lokasi ini dipilih langsung oleh sang pencipta tokoh Peter Pan, JM. Barrie yang kebetulan juga tinggal di dekat taman tersebut.

Peter Pan via
Peter Pan via Flickr

Barrie mengaku jika inspirasi munculnya tokoh Peter Pan tersebut ia dapatkan saat sedang berada Kensington Gardens. Hingga akhirnya cerita pertama Peter Pan terbit tahun 1902. Bahkan Barrie telah merencanakan pembuatan patung tersebut sejak peluncuran buku pertamanya yang akhirnya rencana tersebut baru terwujud 6 tahun kemudian. Dengan bantuan seniman bernama Sir George Frampton patung Peter Pan pun akhirnya dapat dibuat.

4. Alice in Wonderland – Central Park, New York

Patung yang dibangun di Central Park, New York ini merupakan sebuah tokoh fantasi yang banyak dikenal masyarakat dunia. Tokoh ini muncul di film Alice in Wonderland tahun 2010 yang tidak lain adalah tokoh utama dalam film tersebut. Bukan hanya figur Alice saja yang dibuat patung, dalam taman ini ada sekelompok karakter lain yang juga terlibat dalam cerita fiksi karya Lewis Carroll tahun 1865.

Alice in Wonderland via
Alice in Wonderland via Flickr

Jelas terlihat bahwa patung ini terinspirasi dari sebuah karakter dalam novel Carrol yang berjudul Alice’s Adventure in Wonderland. Patung ini bermotif asli dari ilustrasi John Tenniel yang digunakan dalam edisi pertama buku cerita tersebut. Patung Alice yang terbuat dari perunggu digambarkan sedang duduk di jamur raksasa yang dikelilingi oleh White Rabbit, Cheshire Cat dan para tikus. Patung ini dibuat setinggi 6 meter sehingga anak-anak yang mengunjunginya harus memanjatnya terlebih dahulu agar dapat berfoto bersama Alice.

5. Make Way for Ducklings – Boston

Make Way for Ducklings merupakan sebuah buku cerita bergambar untuk anak-anak yang ditulis dan di ilustrasikan oleh Robert McCloskey. Buku ini sangat populer di kalangan anak-anak pada tahun 1940-an. Dalam buku tersebut diceritakan sebuah keluarga bebek bernama Mallards sedang mengumpulkan kedelapan anaknya di sebuah laguna di Boston.

Make Way for Ducklings via
Make Way for Ducklings via Flickr

Tokoh kartun ini tak hanya ada di dalam buku cerita saja, patungnya dibangun sungguhan di Taman Umum Boston. Patung-patung ini menujukkan seekor induk bebek bernama Mallard diikuti 8 anak bebek sedang menuju laguna yang ada di tengah taman. Patung keluarga bebek Mallard ini menjadi ikon yang terkenal di taman itu.

6. Town Musicians of Bremen – Bremen, Jerman

Patung Town Musicians of Bremen ini merupakan empat karakter dalam yang ada di dalam cerita rakyat kota Bremen yang direkam oleh Brothers Grimm tahun 1857. Patung yang terbuat dari perunggu dan terdiri dari karakter keledai, anjing, kucing dan ayam ini dibangun tahun 1951.

Town Musicians of Bremen via
Town Musicians of Bremen via Flickr

Patung Town Musicians of Bremen ini merupakan simbol kebebasan. Dalam sebuah kisah binatang tersebut meninggalkan majikan mereka dan mencari kehidupan baru yang bebas tanpa pemilik. Mereka memilih Bremen sebagai tujuan mereka. Di kota ini para binatang tersebut akhirnya menjadi grup musisi.

7. The Pied Piper of Hameln – Hameln, Jerman

Hemeln merupakan sebuah kota di Jerman yang terletak di bantaran sungai Weser di Lower Saxony. Kota ini sangat terkenal dengan cerita rakyat yang berasal dari abad ketiga belas. Diceritakan pada tahun 1284 kota Hemeln sedang mengalami tragedi yaitu diserang oleh hama tikus. Kemudian datang seorang pria yang mau untuk menyingkirkan tikus tersebut dengan syarat imbalan uang.

The Pied Piper of Hameln via
The Pied Piper of Hameln via Flickr

Pria tersebut memainkan pipa musik yang memikat tikus-tikus untuk masuk ke sungai Weser. Meski berhasil walikota tidak membayar sesuai janji kemudian pria tersebut pergi dengan marah dan berjanji akan kembali membalas dendam. Pada perayaan hari Saint John and Paul, orang-orang di Hameln sedang berada di gereja, pria tersebut kembali memainkan pipa musiknya kali ini anak-anak Hameln yang jadi targetnya.

Sebanyak 130 anak laki-laki dan perempuan mengikutinya keluar kota dan tidak pernah kembali lagi. Kini patung Pied Piper of Hameln yang ada di kota Hemeln itu menggambarkan jelas setiap detil cerila yang melegenda di sana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA