Patung Religius Paling Terkenal di Dunia

oleh Alfry
14:00 PM on Feb 23, 2015

Di berbagai negara di dunia, terdapat patung-patung yang memiliki nilai religius bagi masyarakat sekitar. Selain itu, patung–patung tersebut sering kali menjadi objek wisata. Ada tujuh patung terkenal akan ukurannya yang sangat besar dengan lokasi yang unik.

 

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Pengorbanan Hebat Para Paskibraka Demi Mengibarkan Merah Putih
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri

Patung-patung tersebut beraneka ragam, mulai dari figur gagah Patung Christo Redentor di Rio de Janeiro, Brasil, hingga Patung Buddha Leshan yang berada di sisi bukit. Berikut adalah 7 Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia yang kami kutip dari CNN.

 

1. Cristo Redentor (Brasil)

Patung Yesus atau Christo Redentor yang sedang merentangkan tangan di atas bukit, menjadi kebanggaan kota Rio de Janeiro dan negara Brasil. Patung ini memiliki ketinggian 30 meter, dengan berat 635 ton. Pembangunannya juga dilakukan sejak tahun 1922 sampai 1931.

cristo redentor
Christo Redentor

 

Dana pembangunannya didapat melalui donasi, dan didesain oleh arsitek lokal bernama heitor da Silva Costa. Karena patung ini tergolong bangunan tinggi, dipasang penangkal petir tepat di lengan, tangan, dan kepalanya. Patung ini tersambar petir setidaknya 12 kali setiap musim panas.

 

2. Christ of The Abyss (AS)

Apabila dibandingkan dengan Patung Christo Redentor di Rio de Janeiro, patung yang terbuat dari perunggu ini memang kalah secara ketinggian karena hanya berketinggian 2,6 meter saja. Akan tetapi, letak patung ini terdapat di bawah permukaan laut di perairan Key Largo, Florida.

christ of the abyss
Christ Of The Abyss

 

Patung yang memiliki berat 260 kg ini adalah karya seniman asal Italia, Guido Galleti. Nampaknya patung ini memang sengaja di dirikan di dasar laut pada tahun 1965 sebagai karya seni bawah laut. Patung ini bisa kita lihat dari permukaan air, maupun dengan menyelam langsung ka dalam laut.

 

3. Buddha Dordenma (Bhutan)

Patung Buddha Dordenma yang terbuat dari emas dan perunggu ini masih dalam proses pembuatan. Setelah selesai dibuat nanti, patung tersebut akan menjadi satu dari sekian patung Buddha tertinggi di dunia. Patung ini memiliki ketinggian sekitar 51 meter.

dordenma
Buddha Dordenma

Sekitar USD 47 juta (Rp. 579 miliar) dihabiskan untuk membangun patung ini. Patung tersebut akan dilengkapi dengan ruang meditasi bersama 125 ribu patung Buddha yang berukuran kecil. Jika tidak ada halangan, Patung Buddha ini diperkirakan akan selesai pada tahun ini.

4. Cristo De La Concordia (Bolivia)

Patung Cristo de la Concordia menjadi patung Yesus terbesar kedua di dunia. Selain itu, patung ini menjadi terbesar ketiga di belahan bumi bagian selatan. Patung tersebut berketinggian 33 meter, tidak terlalu jauh dibandingkan dengan ketinggian yang dimiliki Cristo Redentor di Brasil.

cristo de la
Cristo de la Concordia

Pada hari Minggu, tempat ini ramai pengunjung khususnya para pemanjat tebing untuk memanjat patung ini hingga ke ruang observasi di puncaknya. Kita akan terkagum–kagum dengan pemandangan Kota Cochabamba yang bisa kita lihat dari puncak patung ini.

5. Laykyun Setkyar, Myanmar

Apabila suatu saat nanti kita mengunjungi Monywa di Myanmar, jangan lupa untuk berkunjung ke situs Patung Laykyun Setkyar ini. Terdapat dua patung Buddha dengan pose yang berbeda, satu dalam posisi tiduran dan yang lainnya posisi berdiri. Patung ini juga menjadi salah satu yang terbesar di dunia, berketinggian 116 meter.

laykyun setkyar
Laykyun Setkyar

Pembangunan patung figur Buddha Gautama ini dilakukan sejak tahun 1996 dan baru selesai tahun 2008. Terdapat 32 cerita di dalam Patung Buddha ini dimana 12 diantaranya menceritakan tentang neraka.

6. Leshan Giant Buddha, Tiongkok

Patung yang selanjutnya bernama Patung Buddha Leshan yang ada di Sichuan, Tiongkok. Patung ini memiliki ketinggian 71 meter dan dipahat dari batu asli di pinggir bukit tersebut. Patung Buddha Leshan menjadi peninggalan masa Dinasti Tang, dan menjadi salah satu situs UNESCO.

leshan
Leshan Giant Buddha

Dahulu, ada seorang biksu bernama Haitong yang percaya dengan adanya keberadaan patung Buddha, maka sungai menjadi tenang. Namun ketika dana pembangunan habis, Haitong putus asa dan bunuh diri. Untungnya, pembangunan patung tersebut dilanjutkan oleh pemerintah setempat hingga selesai.

7. Tian Tan Buddha, Hong Kong

Patung Buddha yang dibangun dikitari oleh pepohonan ini dipahat dengan perunggu dan membutuhkan waktu sekitar 12 tahun. Letak patung ini juga berdekatan dengan Biara Po Lin di Hong Kong yang dikenal sebagai pusat agama Buddha.

tian tan buddha
Tian Tan Buddha

Patung Buddha Tian Tan ini berketinggian sekitar 34 meter dan memiliki berat hingga 25 ton. Karena tingginya, patung Buddha tersebut bisa dilihat dari Macau. Di dalam Patung Buddha Tian Tan ini tersimpan abu Shakyamuni, seorang guru yang menemukan agama Buddha.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA