4 Orang Berdarah Indonesia Asli yang Dibuatkan Patung Lilin di Museum Madame Tussauds

Apa yang akan terlintas dalam benak Anda jika mendengar atau melihat kata atau tulisan patung lilin? Tentunya selain secara fisik akan menggambarkan replika seseorang terkenal dalam bentuk lilin, 2 kata itu juga akan membawa pikiran Anda ke koleksi di museum Madame Tussauds.

Di museum yang juga memiliki cabang di beberapa negara tersebut menampilkan banyak tokoh terkenal dunia dari yang berkiprah dalam dunia politik, olahragawan, pemimpin negara sampai dengan peraih noble.

Ternyata di antara banyaknya patung lilin yang tersimpan, sampai sekarang ada 4 tokoh yang lahir di Indonesia dan dibuatkan patung lilin kemudian disimpan dan dipajang di Madame Tussauds tersebut. Siapa sajakah mereka, berikut daftarnya.

1. Presiden Soekarno

Presiden Soekarno adalah orang Indonesia asli pertama yang dibuatkan patung lilinya di Madame Tussauds. Alasan dibuatnya patung lilin Presiden Soekarno karena selain menjadi presiden pertama di Indonesia, Bung Karno juga menjadi salah satu penggerak banyak hal untuk dunia, salah satunya Gerakan Non-Blok.

Patung lilin Presiden Soekarno [Image Source]
Patung lilin Presiden Soekarno [Image Source]
Dalam pembuatan patung lilinnya, sang penciptanya sempat kesulitan karena beberapa bagian, seperti tongkat komando dan peci yang dikenakan Bapak Proklamator tersebut susah dibuat. Namun dengan bantuan, HM Prananda Prabowo, Puti Guntur Soekarno dan Samuel Wattimena, patung lilin Presiden Soekarno berhasil dibuat dan dipamerkan di museum Madame Tussauds di Singapura, Bangkok dan Hongkong.

2. Rudy Hartono

Rudy Hartono adalah salah satu legenda bulutangkis di Tanah Air. Dia menyumbangkan banyak gelar dan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Bahkan prestasinya juga tercatat di Guiness Book of World Record di tahun 1986.

Patung lilin Rudy Hartono [Image Source]
Patung lilin Rudy Hartono [Image Source]
Dikarenakan hal itulah, sang peraih juara All England delapan kali itu dibuatkan patung lilinnya dengan kondisi saat Rudy Hartono masih muda. Patung lilin Rudy Hartono dapat dilihat di museum Madame Tussauds di Singapura.

3. Anggun Cipta Sasmi

Mungkin akan banyak pro dan kontra mengenai kewarganegaraan penyanyi bernama Anggun Cipta Sasmi ini. Dia adalah penyanyi kelahiran Indonesia yang kini telah mengubah kewarganegaraannya menjadi warga negara Prancis. Walaupun begitu, tetap saja di dalam darahnya masih ada ‘aroma’ Indonesia.

Patung lilin Anggun Cipta Sasmi [Image Source]
Patung lilin Anggun Cipta Sasmi [Image Source]
Dikarenakan prestasinya di kancah internasional dan sejumlah penghargaan tingkat dunia, Noppadon Prapimpunt selaku Head of Bangkok Cluster for Merlin Entertainments (Thailand) mendapatkan kehormatan untuk dibuatkan patung lilin yang dapat dilihat di museum Madame Tussauds di Hong Kong.

4. Presiden Joko Widodo

Setelah Presiden Soekarno, tidak ada satu pun presiden di Indonesia yang dibuatkan patung lilin di museum Madame Tussauds. Akan tetapi, di tahun 2016 ini, pihak museum Madame Tussauds ternyata sudah mengonfirmasikan bahwa akan dibuatkan patung lilin Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kabarnya akan dipajang di Hong Kong dan Inggris pada tahun 2017 mendatang.

Presiden Jokowi [Image Source]
Presiden Jokowi [Image Source]
Dalam pembuatannya, General Manager Museum Madame Tussauds Jenny You mengatakan bahwa dana yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp 3 miliar dengan proses pembuatan selama 6 bulan lamanya. Wah jadi nggak sabar nih, mumpung Jokowi masih menjabat.

Jika Anda berkunjung ke negara-negara yang ada cabang museum Madame Tussauds tersebut di atas, maka wajib hukumnya untuk melakukan selfie bersanding dengan patung lilin para tokoh ini. Mengingat tidak semua tokoh masih hidup dan kalau mau ketemu langsung pun tidak bisa sembarangan. Ya kan?

Mau tulisanmu tayang di boombastis.com? Kirim artikel keren mu ke noormannidya@gmail.com