5 Patung Buddha Paling Terkenal Sedunia

oleh Alfry
12:18 PM on Nov 10, 2014

Patung Buddha merupakan sebuah patung yang ikonik bagi pemeluk agama Buddha. Biasanya patung ini paling sering ditemukan disetiap bangunan candi Buddha. Di Indonesia sendiri, patung Buddha dapat ditemukan di Candi Borobudur yang merupakan salah satu bangunan yang masuk dalam keajaiban dunia. Harusnya masyarakat Indonesia bangga akan warisan dunia yang dimilikinya tersebut.

Baca Juga :5 Masjid Paling Megah di Seluruh Dunia

Baca Juga
Mengintip Keindahan Pantai ‘Perawan’ Sidoasri, Lokasi Alami yang Jarang Terjamah
Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

Penelitian tentang perkembangan ajaran Buddha pada zaman dahulu telah banyak menginspirasi dunia dalam hal kesenian tertama seni rupa. Bagaimana tidak, hadirnya ikon patung Buddha di setiap tempat peribadatan umat Buddha memberikan nilai artistik tersendiri di dunia modern ini. Bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Buddha yang kini masih kokoh berdiri juga menjadi bukti kejayaan masyarakat pada zaman itu. Berikut deretan patung Buddha yang paling terkenal di dunia.

1. Patung Buddha Candi Borobudur – Patung Budda Dibalut Kemegahan Candi Buddha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi Buddha terbesar di Dunia. Dalam bangunan ini setidaknya terdapat 2.672 panel relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Buddha pada zaman dahulu dan 504 buah arca Buddha. Namun pasca pemugaran, kini yang tersisa tidak ada separuhnya. Menurut catatan 300 patung Buddha dinyatakan rusak dan 43 sisanya hilang. Hal ini dikarenakan banyaknya kolektor gelap yang menjarah kepala patung Buddha saat candi ini ditemukan.

 Patung Buddha Candi Borobudur (c) d2mrzqil17fu7y.cloudfront.net
Patung Buddha Candi Borobudur (c) d2mrzqil17fu7y.cloudfront.net

Semua patung Buddha yang berada di kawasan candi Borobudur berada dalam posisi duduk namun dengan sikap tangan yang berfariasi. Setiap posisi tangan yang ditunjukkan oleh arca Buddha ini memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan keyakinan pemeluk agama ini. Di duga pada zaman dahulu candi ini dimanfaatkan sebagai tempat beribadah dan berziarah bagi umat Buddha.

Selanjutnya : 2. Patung Buddha di Hussain Sagar – Patung di Tengah Danau

Next

BERITA TERKAIT
BACA JUGA