in

Inilah Alasan Kenapa Pasukan Kuning Adalah Pekerjaan Impian

Menjadi bagian dari pasukan kuning bukanlah impian semua orang. Bayangkan, pagi-pagi buta sudah harus bekerja, nggak ada libur lebaran, kesehatan terancam oleh kuman dan debu, keselamatan pun jadi taruhan kalau lagi tugas di jalan-jalan.

Tapi, siapa sangka pekerjaan ini ternyata bisa menjamin kesejahteraan. Ada banyak sekali keuntungan yang diterima oleh pasukan kuning sebagai petugas kebersihan. Ternyata pemerintah mengapresiasi kerja keras para pasukan kuning dengan fasilitas yang didambakan banyak orang.

Pekerjaan Relatif Mudah dengan Gaji UMR

Menjadi petugas kebersihan lebih banyak mengandalkan tenaga dibandingkan otak. Bagi mereka yang dianugerahi badan sehat dan kuat, ini adalah pekerjaan yang mudah sekali. Tidak perlu stress memikirkan deadline, ditagih laporan panjang lebar, atau sakit punggung karena kebanyakan duduk.

Pasukan kuning [image source]
Pasukan kuning juga merupakan bagian dari pemerintah, otomatis bayaran mereka sesuai dengan upah minimum yang berlaku. Ini menjadikan gaji pasukan kuning bisa lebih tinggi dari beberapa orang yang kurang beruntung karena bekerja di perusahaan yang punya kebijakan membayar gaji karyawannya di bawah UMR.

Bisa Bekerja Dua Shift

Pasukan kuning bisa bekerja dua shift [image source]
Pasukan kuning bekerja 8 jam sehari sesuai dengan shift mereka masing-masing. Ada shift siang dan shift malam. Di Kota Surabaya, satu orang pekerja boleh mengambil dua shift dalam sehari sehingga gaji yang ia dapatkan pun dua kali lipat dari biasanya! Gaji UMR di Surabaya saat ini adalah 3 juta. Itu berarti satu orang pekerja kebersihan bisa mendapatkan 6 juta rupiah setiap bulannya! Wah-wah, udah nyaingin yang sekelas manager aja nih.

Fasilitas BPJS

Pasukan kuning terjamin BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan [image source]
Meski tidak semua kota memberlakukan ini, di Jakarta, petugas kebersihan mendapatkan fasilitas BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan lho! Mereka tidak perlu pusing memikirkan biaya rumah sakit jika seandainya terjadi musibah. Selain itu, bagi petugas yang memiliki anak, pemerintah memberikan Kartu Jakarta Pintar. Fasilitas lain yang diperoleh petugas kebersihan Jakarta adalah mendapat prioritas untuk menetap di rusun dan tiket TransJakarta gratis!

Pesta Khusus dan Dapat Parcell!

Nggak cuma bos-bos saja yang boleh bikin pesta. Petugas kebersihan juga bisa punya pesta yang khusus diselenggarakan untuk mereka. Pesta Cak Koen adalah pesta tahunan yang diselenggarakan pemerintah kota Surabaya khusus untuk pekerja lapangan seperti pasukan kuning, penjaga makam, pemadam kebakaran, dan lain-lain. Pesta ini adalah bentuk apresiasi pemerintah pada pekerja lapangan yang selalu bekerja keras.

Pasukan Kuning dapat parcell [image source]
Selain itu, meskipun mereka tidak mendapat fasilitas THR, tapi bukan berarti mereka tidak mendapatkan apa-apa menjelang lebaran. Satu paket parcell berisi sembako, terkadang berisi baju dan sedikit uang selalu mereka terima sebagai pengganti tunjangan. Lumayaaan…

Memang pekerjaan pasukan kuning terlihat sepele, tapi jasa mereka bagi kota sangatlah besar. Bayangkan jika sebuah kota tidak memiliki petugas kebersihan. Sampah akan berserakan dimana-mana, selokan mampet, bau busuk merajalela. Maka pantaslah mereka mendapatkan berbagai fasilitas dari pemerintah. Kita sebagai masyarakat awam juga perlu mengapresiasi mereka dengan ikut menjaga kebersihan.

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Metro-2, Jalur Rahasia Milik Rusia yang Bikin Amerika Penasaran

Awas! 8 Ladyboy Thailand Paling Cantik Ini Bakal Membuatmu Khilaf