in

Mengenal Designated Marksman, Pasukan Bayangan Dengan Spesialisasi Setara Sniper Elit

Dalam sebuah misi penyerbuan, biasanya sebuah grup tentara itu dibagi menjadi dua. Ada yang bertugas untuk raid atau serbu, ada juga yang membantu dari jauh. Nah, untuk yang kedua, kebanyakan orang salah mengerti dengan menyebutnya sebagai sniper, padahal sebenarnya bukan. Merekalah yang disebut pasukan bayangan atau bahasa kerennya Designated Marksman (DM).

Secara kasat mata peran seorang DM tidak begitu terlihat. Padahal sukses dan tidaknya sebuah misi tergantung pula pada para pasukan bayangan ini. Mereka mungkin membantu dari belakang dan sangat jauh, tapi berkat kemampuan menembaknya yang lebih sangar, DM mampu memberikan kontribusi luar biasa.

Tak banyak orang yang tahu tentang tipe pasukan ini, dan berikut adalah fakta-fakta sangar pasukan Designated Marksman yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Perbedaan Designated Marksman dan Sniper

Ya, ada perbedaan yang sangat mencolok antara sniper dan designated marksman. Dari istilah, keduanya sudah sangat berbeda. Sniper sering disebut juga dengan penembak runduk, DM disebut dengan penembak jitu. Tak hanya sebutan, ada juga beberapa perbedaan lainnya.

Perbedaan designated marksman dan sniper [Image Source]
Perbedaan designated marksman dan sniper [Image Source]
Sniper selalu bertugas sendiri meskipun kadang ia bersama tim. Bersama tim status sniper bukanlah anggota, tapi merupakan skuad berbeda yang saling bekerja sama. DM tidak demikian, ia pure merupakan bagian dari tim. Hanya saja para penembak jitu punya tugas dan juga kemampuan yang berbeda.

2. Berbeda Dengan Sniper, Tapi Designated Marksman Punya Kemampuan Setara

Seorang DM dilatih bersama timnya, tapi ia punya menu khusus layaknya seorang sniper. Ya, DM dituntut untuk bisa menembak dengan sangat presisi, seperti sniper. Tapi, tak hanya itu, mereka juga dilatih agar bisa melakukannya dengan sangat cepat. Kualifikasi dasar seorang DM memang seperti itu, bisa menembak sangat akurat dan cepat.

Latihan seorang designated marksman [Image Source]
Latihan seorang designated marksman [Image Source]
Masih belum cukup dengan tuntutan skill yang sangat susah itu, DM juga harus bisa mengambil keputusan dengan tepat pula. Tak hanya soal pergerakan, tapi kapan waktu untuk menembak dengan memperhitungkan banyak hal. Intinya, skill seorang DM itu sama seperti sniper, hanya saja ada beberapa kelebihan yang mereka miliki.

3. Bekerja Bersama Tim Tapi Tak Pernah Terlihat

Seperti yang sudah disinggung di atas, seorang designated marksman bekerja bersama tim. Meskipun demikian, seorang DM kadang tidak bergerombol bersama pasukan. Mereka biasanya berposisi sedikit lebih jauh. Makanya, mereka disebut bayangan.

Designated marksman dan timnya [Image Source]
Designated marksman dan timnya [Image Source]
Meskipun jauh, DM bisa berkontribusi maksimal. Mereka mengandalkan kemampuan bidik supernya untuk membantu rekan-rekannya. Tak hanya membantu membersihkan jalan, seorang DM juga menjaga tim dari serangan-serangan jarak jauh.

4. DM Punya Senjata yang Berbeda

Karena berposisi cukup jauh dari gerombolan, maka DM mutlak butuh persenjataan yang berbeda. Sebenarnya tak benar-benar beda. Secara umum senapan yang dipakai sama, hanya saja dimodifikasi di beberapa bagian untuk memudahkan tugas.

Senjata seorang designated marksman [Image Source]
Senjata seorang designated marksman [Image Source]
Secara umum senjata seorang DM pasti dilengkapi dengan teropong yang lebih besar dari anggota lain. Tak hanya itu, laras senapan si penembak jitu juga lebih panjang untuk  membidik target-target yang jauh. Jika demikian, kenapa tidak pakai senapan sniper saja? Pertanyaan ini sangat masuk, tapi ingat kalau seorang DM harus bisa menembak dengan cepat dan akurat. Senapan sniper umumnya punya delay sehingga tak cocok untuk DM. Senapan sniper juga berat dan menganggu pergerakan para penembak jitu.

5. Designated Marksman Diadaptasi Negara-Negara Militer Terkuat

Meskipun keberadaan seorang designated marksman dalam tim sangat penting, nyatanya tak semua negara memakai sistem grup seperti ini. Tapi, yang seperti ini justru dipakai oleh negara-negara dengan militer kuat. Mulai dari AS, Inggris, Israel, sampai Soviet.

Designated marksman Navy SEAL [Image Source]
Designated marksman Navy SEAL [Image Source]
Israel sudah mengadopsi sistem tim dengan DM sejak tahun 90an. Pun begitu dengan Inggris yang juga cukup lama punya pasukan dengan seorang designated marksman di dalamnya. Bahkan diketahui pula kalau Navy SEAL juga memberlakukan sistem yang sama.

Inilah seorang designated marksman, mereka punya kemampuan paling mematikan dalam tim namun tak pernah terlihat. Seperti malaikat maut, mereka membunuhi musuh-musuh tanpa pernah terlihat. Meskipun demikian, seorang DM pun tak bisa melakukan hal-hal menakjubkan tanpa bantuan dari anggota tim yang lain.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pasukan Khusus Buatan Penjajah Ini Dimanfaatkan untuk Melawan Pasukan Indonesia

Inilah 5 Cara Kreatif yang Bisa Kamu Lakukan Agar Libur Kuliah Berbulan-bulan Ada Manfaatnya