Nekat Bunuh Diri, Wanita Pasien RSJ Ini Tinggalkan Pesan yang Membuat Semua Orang Menangis

Tak kunjung sembuh, wanita ini pun nekat mengakhiri hidupnya

oleh Aini Boom
16:00 PM on May 27, 2017

Perjalanan hidup setiap orang memang berbeda, namun hal yang pasti dialami adalah manisnya kebahagiaan dan pahitnya penderitaan. Dari dua hal tersebut, penderitaan kerap menawarkan jalan instan untuk mengakhirinya. Dan hal itulah yang dialami oleh Ani Wahyuningsih, perempuan 40 tahun yang nekat melakukan aksi bunuh diri.

Penyebab tindakan bunuh diri yang dilakukan Ani adalah depresi lantaran penyakitnya tak kunjung sembuh. Sempat gagal melakukan dua kali percobaan bunuh diri, pada kesempatan ketiga Ani akhirnya tak bisa dicegah, perempuan ini ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di dalam sebuah sumur. Yang membuat terenyuh, ia meninggalkan pesan ketidakberdayaannya menanggung cobaan dalam hidup.

Baca Juga
Mulai dari Tsunami Hingga Kiamat, Inilah 4 Prediksi Mengerikan Tahun 2018 yang Sempat Bikin Heboh
Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Merupakan Pasien Rawat Jalan RSJ Magelang

RSJ Magelang [image: source]
Kematian Ani Wahyuningsih meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Perempuan yang merupakan warga Desa Danareja, Kecamatan Purwanegara, Jawa Tengah itu diketahui sebagai pasien rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Magelang. Perempuan 40 tahun itu telah lama menjalani perawatan untuk mengembalikan kesehatan mentalnya.

Telah Dua Kali Gagal Bunuh Diri

Ilustrasi percobaan bunuh diri [image: source]
Keseharian Ani adalah mengurung diri sendirian di kamar. Sebelumnya, perempuan yang merupakan anak dari Budiarti ini telah mencoba bunuh diri sebanyak dua kali. Beruntung tindakan tersebut berhasil digagalkan. Percobaan bunuh diri dilakukan Ani karena penyakitnya tak kunjung membaik meski telah mendapat banyak upaya penyembuhan.

Ani Sempat Menghilang Rumahnya

Ilustrasi depresi [image: source]
Awalnya, Ani ditemukan tak berada di kamarnya sekitar pukul 03.00 pada hari Kamis 25 Mei 2017 lalu. Padahal menurut pengakuan sang ibu, sekitar pukul 01.00 putrinya masih ada di tempat itu. Mengetahui anaknya menghilang, Budiarti lantas memberitahukan hal ini pada keluarga. Seketika itu orang-orang pun mencarinya di sekitar kediaman Ani.

Ditemukan di Dalam Sumur dalam Keadaan Tak Bernyawa

Foto sumur [image: source]
Pencarian keluarga akhirnya sampai pada sumur milik tetangga Ani yang bernama Suratman. Setelah mengecek sumur, jasad Ani ditemukan sudah dalam keadaan mengambang di dasar sumur yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Keluarga pun langsung menghubungi Polsek setempat untuk melaporkan kejadian ini. Tak berapa lama, petugas Polsek datang dan melakukan evakuasi korban. Dari penyelidikan yang dilakukan, sama sekali tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Diduga kuat, korban melakukan hal ini lantaran depresi menghadapi kenyataan penyakit gangguan jiwa yang dialaminya tak kunjung membaik.

Isi Surat Wasiat yang Ditinggalkan Ani

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menemukan surat wasiat yang ditulis korban. Kemungkinan besar, surat tersebut ditulis sesaat sebelum melakukan bunuh diri. Berikut ini isi surat wasiatnya, “Maafin atas segala salah-salahku kepada semua… Makasih atas kebaikan semua… Maaf aku udah ga kuat lagi… Segala doa, usaha, obati diri sendiri, tenangin diri sendiri udah aku lakukan… Tapi tetep ga sembuh-sembuh/ ga bisa tidur-tidur… Maaf kalau udah ga ada pilihan lain… Maaf kan aku…”

Surat sebelum bunuh diri [image: source]
Bunuh diri bisa terjadi sebab seseorang mengalami depresi dan merasa tak ada orang yang akan membantu. Padahal, permasalahan bisa dicari jalan keluarnya asalkan tidak menyerah dan putus asa. Salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan layanan konseling.

Kasus yang dialami Ani berawal dari keputusasaan karena penyakit yang dideritanya. Tapi jika dipikirkan lagi, seberat apapun beban hidup, akan lebih mudah jika kita mau berbagi dengan orang lain. Sebab dengan begitu, akan selalu ada pilihan-pilihan lain yang membuat kita tidak menyerah pada hidup ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA